uefau17.com

Terlalu Banyak Minum Susu Kedelai, Perempuan Muda Didiagnosis Tumor Payudara - Citizen6

, Jakarta- Baru-baru ini, sebuah video di TikTok memperlihatkan seseorang didiagnosis dengan fibroadenosis of breast atau tumor jinak pada payudara.

Masih dari video berdurasi 15 detik itu, tampak ada sebuah gambar salah satu jenama susu kedelai yang disebut oleh si pemilik akun menjadi penyebab utama diagnosisnya. 

Padahal, kita tahu bahwa kedelai dan susu kedelai sangat baik untuk tubuh. Lalu, mengapa kedelai menjadi sangat kontroversial baru-baru ini?

Pada 1990-an, ketika kedelai mulai banyak diminati, banyak ahli percaya bahwa kedelai dapat melawan masalah obesitas, jantung, bahkan kanker. Bagaimana pun orang Asia dapat mengonsumsi banyak kedelai.

Penelitian juga menunjukkan bahwa populasi orang Asia memiliki tingkat obesitas, penyakit jantung, dan kanker payudara yang lebih rendah dibandingkan dengan orang AS. 

Saat para peneliti melihat lebih dekat untuk mencari tahu apa sebenarnya yang membuat kedelai begitu sehat, mereka menemukan senyawa mirip estrogen yang disebut isoflavon dalam kedelai.

Temuan lain juga menunjukkan bahwa senyawa ini dapat meningkatkan pertumbuhan beberapa sel kanker, menganggu kesuburan wanita, dan mengacaukan fungsi tiroid. 

Beberapa ahli kesehatan juga membicarakan kedelai karena potensinya menyebabkan gangguan endokrin --- yang berarti dapat meniru estrogen dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kelebihan hormon.

Pada saat yang sama, mengutip Good Housekeeping, penelitian lain masih menunjukkan bahwa konsumsi kedelai dapat menyembuhkan kolesterol tinggi dan membantu wanita mengatasi gejala menopause. 

Dawn Jackson Blatner, RDN, ahli diet yang berbasis di Chicago, mengatakan bahwa meskipun kedelai utuh memang mengandung estrogen tumbuhan alami, mereka jauh lebih lemah daripada hormon manusia yang sebenarnya, dan seharusnya tidak membuat Anda khawatir. 

Penelitian beberapa tahun terakhir menunjukkan konsumsi kedelai yang telah terproses tidak hanya buruk, tetapi masih memiliki manfaat. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat kedelai

Stephanie Clarke, RDN, seorang ahli diet yang berbasis di Washington, D.C., mengatakan Isolat protein kedelai mengandung lebih banyak isoflavon yang dapat dianggap sebagai pengganggu endokrin dalam jumlah tinggi.

Peningkatan kadar kedelai jenis ini dapat menyebabkan kadar hormon yang tidak seimbang, yang dapat memicu risiko kanker.

Namun, sebagian besar penelitian terbaru menemukan bahwa kedelai yang tidak diproses tidak meningkatkan risiko kanker payudara, dan konsumsi yang sangat tinggi bahkan dapat memberikan perlindungan.

Faktanya, menurut analisis lebih dari 30 penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai mengurangi risiko kanker payudara untuk wanita pra dan pascamenopause di negara-negara Asia, di mana orang cenderung mulai makan kedelai sejak usia sangat muda.

Kedelai juga ternyata bermanfaat untuk kesuburan, selama Anda tidak makan terlalu banyak. Jika berlebihan mengonsumsi lebih dari 100mg isoflavon kedelai (setara dengan 6 ons tempe mentah atau 16 cangkir susu kedelai), disinyalir fungsi ovarium akan menurun. Hal tersebut diungkapkan oleh Journal of Nutrition.

Tetapi konsumsi kedelai dalam jumlah sedang tidak menimbulkan masalah.

Penelitian awal menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tetapi temuan yang lebih baru menunjukkan sebaliknya.

American Heart Association, pada 2008 mengatakan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa kedelai dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Namun, beberapa penelitian baru menyarankan produk kedelai yang difermentasi seperti natto dapat melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan kanker. 

Salah satu aspek paling sehat dari makan kedelai datang dari apa yang digantikannya di piring Anda: Menukar makanan hewani dengan makanan nabati seperti kedelai menurunkan asupan lemak jenuh dan meningkatkan asupan serat, yang keduanya membantu jantung Anda.

Dengan kata lain, melewatkan steak dan memasak tahu atau tempe sebagai gantinya adalah langkah yang cerdas bagi jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buruk Kedelai

Seolah-olah lektin dan fitat tidak cukup, kedelai juga memiliki protease inhibitor, yang juga disebut inhibitor tripsin. Racun ini menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab mencerna protein tertentu, tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah masalah lain.

Kedelai juga mengandung estrogen tanaman dalam bentuk isoflavon yang secara efektif meningkatkan kadar estrogen Anda dan karenanya menurunkan kadar testosteron Anda.

Kedelai mengandung goitrogen tingkat tinggi. Goitrogen adalah senyawa yang menghambat kemampuan tiroid untuk memanfaatkan yodium dengan benar yang dapat menyebabkan masalah hipotiroid.

Masalah tiroid begitu lazim saat ini, terutama bagi wanita, sehingga sekarang seolah-olah normal untuk memiliki masalah tiroid.

Memiliki kadar estrogen yang tinggi secara abnormal tidak berarti Anda akan menjadi lebih dari seorang wanita. Hal ini dapat mengganggu menstruasi, kesuburan dan menempatkan Anda pada risiko kanker payudara.

Apa yang terjadi pada seorang wanita yang memposting pengalamannya di TikTok dan menjadi viral mungkin karena ia mengonsumsi kedelai dengan jumlah yang berlebihan. Kita bisa belajar, bahwa yang berlebihan memang tidak baik. 

4 dari 4 halaman

Mendapatkan Manfaat Maksimal Dari Kedelai

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal kedelai, maka Anda harus memilih kedelai dengan proses yang minimal seperti tempe, tahu, miso, serta edamame. 

Makanan-makanan tersebut menyediakan seluruh paket nutrisi kedelai tanpa tambahan gula, lemak tidak sehat, natrium, hingga pengawet yang biasanya anda temukan dalam makanan olahan. 

Makanan olahan kedelai seperti analog daging, batangan kedelai, yogurt kedelai, atau bubuk protein biasanya hanya mengandung isolat protein kedelai, bukan nutrisi dari kedelai utuh.  

"Sama seperti makanan olahan lainnya yang lebih rendah kepadatan nutrisinya, menghilangkan protein dari enzim dan bakteri lain yang dibutuhkan untuk pencernaan mempengaruhi kualitas nutrisi," kata Taz Bhatia, MD, pakar kesehatan integratif dan penulis What Doctors Eat.

Lalu, seberapa sering kita harus makan kedelai?

Seperti halnya semua makanan, secukupnya adalah cara yang harus dilakukan. Umumnya, tiga hingga lima porsi makanan kedelai yang diproses secara minimal per minggu maka Anda akan baik-baik saja, kata Bhatia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat