uefau17.com

Perawatan yang Bisa Dilakukan di Rumah Jika Terinfeksi Cacar Monyet - Citizen6

, Jakarta - Monkeypox atau cacar monyet kini menjadi hal yang patut diwaspadai. Terlebih lagi diketahui semenjak Jumat (19/8/2022), kasus pertama monkeypox di Indonesia terdeteksi pada pria 27 tahun asal DKI Jakarta.

Tentu banyak yang lantas bertanya-tanya tentang penyakit cacar monyet ini sendiri. Orang dengan cacar monyet akan mengalami ruam yang mungkin terletak di atau dekat alat kelamin (penis, testis, labia, dan vagina) atau anus (lubang pantat) dan bisa di area lain seperti tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut.

Tidak ada pengobatan khusus untuk cacar monyet. Karena virus yang menyebabkan cacar monyet dan cacar sangat erat hubungannya, obat-obatan dan vaksin yang dikembangkan untuk mengobati dan melindungi cacar mungkin efektif untuk cacar monyet.

Namun, jenis perawatan untuk seseorang yang terinfeksi cacar monyet akan tergantung pada seberapa sakit seseorang atau apakah mereka cenderung sakit parah. Kebanyakan orang dengan cacar monyet pulih sepenuhnya dalam 2 hingga 4 minggu tanpa memerlukan perawatan medis.

Lantas apa yang harus dilakukan jika Anda terinfeksi cacar monyet? Dilansir dari laman resmi CDC, Selasa (23/8/2022), berikut ini deretan hal yang bisa pasien cacar monyet lakukan di rumah:

Merawat Diri Sendiri

Gunakan kain kasa atau perban untuk menutupi ruam untuk membatasi penyebaran ke orang lain dan lingkungan. Jangan menusuk atau menggaruk lesi dari ruam. Ini tidak mempercepat pemulihan dan dapat menyebarkan virus ke bagian lain dari tubuh, meningkatkan kemungkinan penyebaran virus ke orang lain, dan mungkin menyebabkan luka terbuka terinfeksi oleh bakteri.

Selanjutnya, jangan mencukur area yang terkena ruam sampai koreng telah terlepas dan lapisan kulit baru telah terbentuk. Mencukur dapat menyebarkan virus dan menyebabkan lebih banyak luka.

Jaga agar lesi/ruam kulit tetap bersih dan kering saat tidak mandi atau mandi. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol, terutama setelah kontak langsung dengan ruam.

Jika Anda mengalami ruam di tangan, berhati-hatilah saat mencuci atau menggunakan sanitizer agar tidak mengiritasi ruam. Jika Anda mengalami ruam di tangan, kenakan sarung tangan yang tidak menyebabkan iritasi saat memegang benda umum atau menyentuh permukaan di ruang bersama. 

Jika memungkinkan, gunakan sarung tangan sekali pakai yang dapat dibuang setelah digunakan (misalnya sarung tangan lateks, poliuretan, atau nitril).

Sarung tangan yang dapat digunakan kembali harus dicuci dengan sabun dan air di antara penggunaan. Kenakan masker yang pas di sekitar orang lain sampai ruam dan semua gejala lainnya hilang. Selanjutnya jangan lupa untuk makan sehat dan banyak istirahat untuk memungkinkan tubuh Anda sembuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta  0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengelola Gejala Anda

Obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen dapat membantu Anda merasa lebih baik. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin juga meresepkan penghilang rasa sakit yang lebih kuat.

Untuk ruam di mulut, bilas dengan air garam setidaknya empat kali sehari. Obat kumur resep, kadang-kadang disebut obat kumur ajaib atau ajaib, atau anestesi lokal seperti lidokain kental dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit.

Antiseptik oral seperti obat kumur klorheksidin dapat digunakan untuk membantu menjaga kebersihan mulut. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika rasa sakit menjadi parah dan tidak terkendali di rumah.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Menghilangkan Ruam

Yang paling penting adalah mencoba untuk tidak menyentuh atau menggaruk ruam. Hal ini dapat menyebarkan ruam ke bagian lain dari tubuh, meningkatkan kemungkinan penyebaran virus ke orang lain, dan mungkin menyebabkan lesi terbuka terinfeksi oleh bakteri. Jika Anda tidak sengaja menyentuh ruam, cuci tangan dengan sabun dan air dan hindari menyentuh area sensitif seperti mata, hidung, mulut, alat kelamin, dan rektum.

Gel benzokain/lidokain topikal dapat digunakan untuk meredakan sementara. Antihistamin oral seperti Benadryl dan krim topikal seperti lotion kalamin atau petroleum jelly dapat membantu mengatasi rasa gatal.

Berendam dalam air hangat (menggunakan oatmeal atau produk mandi yang dijual bebas lainnya untuk kulit gatal) dapat meredakan sensasi kering dan gatal yang menyertai ruam.

Orang yang memiliki ruam di dalam atau di sekitar anus atau alat kelamin atau perineum juga dapat mengambil manfaat dari mandi sitz. Mandi sitz adalah baskom bundar dan dangkal yang dapat dibeli secara online atau di apotek. 

Paling pas di tepi toilet tetapi juga bisa ditempatkan di bak mandi. Ada juga pilihan untuk duduk di bak mandi dengan air dangkal. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan obat seperti povidone-iodine atau produk lain untuk ditambahkan ke air dalam bak mandi sitz. Menambahkan garam Epsom, cuka, atau soda kue ke dalam air bisa menenangkan.

Jika Anda mengalami cacar monyet, Anda disarankan untuk tinggal di rumah (isolasi) jika Anda memiliki gejala cacar monyet, termasuk sampai ruam cacar monyet Anda sembuh dan lapisan kulit baru terbentuk. 

Menjauh dari orang lain dan tidak berbagi hal-hal yang telah Anda sentuh dengan orang lain akan membantu mencegah penyebaran cacar monyet. Cacar monyet juga dapat menyebar ke hewan, jadi menjauhi hewan peliharaan, ternak, dan hewan lainnya adalah penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat