uefau17.com

Agar Tidak Terbangun di Malam Hari, Hentikan Kebiasaan Minum Air Sebelum Tidur - Citizen6

, Jakarta Bagi beberapa orang, minum air putih sebelum tidur amat membantu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam. Namun bagi yang lainnya, kebiasaan itu ternyata dapat menyebabkan masalah pada siklus tidur mereka. 

Terbangun di malam hari menjadi hal mengganggu tidur Anda, tentu ini akan menyulitkan untuk tertidur kembali. 

Pada akhirnya, Anda terpaksa melakukan aktivitas lain di sela-sela waktu tidur Anda. Ini menjadi alasan mengapa minum air putih sebelum tidur sebenarnya adalah kebiasaan buruk.

Penasaran? Simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum dari Sleep Foundation.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nokturia jadi alasannya

Pada akhirnya, kebiasaan minum air putih menjelang tidur menjadi hal menyebalkan. Karena mengharuskan Anda memenuhi panggilan untuk buang air kecil atas asupan cairan yang berlebih sebelum tidur.

Pada tahap ini tubuh Anda akan mengalami nokturia, di mana kebutuhan buang air kecil di malam hari meningkat, bahkan bisa lebih dari satu kali.

Saat kerja ginjal diperlambat selama tidur, kondisi ini tubuh Anda tengah memproduksi lebih banyak hormon. Sayangnya, cairan yang berlebih memaksa ginjal kita bekerja lantaran produksi urin yang di ambang batas. 

Alhasil, produksi hormon menjadi terganggu. 

 

3 dari 5 halaman

Jadi tantangan bagi orang yang kesulitan tidur

Orang yang kesulitan tidur memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dan mudah untuk terbangun. Minimnya waktu yang dimiliki rupanya memicu masalah lain yakni Anda riskan mengalami dehidrasi yang mengharuskan minum untuk mengatasinya. Hubungan ini menjadi sulit dari yang dibayangkan.

Selain itu orang yang menderita penyakit ginjal, diabetes, dan orang yang mengonsumsi obat diuretik, nokturia sudah menjadi kebiasaan meskipun hal ini mengganggu tidurnya. 

 

4 dari 5 halaman

Lalu, bagaimana cara atasi nokturia?

Untuk terhindar dari nokturia, Anda bisa mengurangi cairan di malam hari dan menghindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan gula. 

Alternatif lain, Anda bisa mencatat rangkaian cairan yang telah dikonsumsi sepanjang hari untuk menghindari kelebihan cairan di malam hari.

Membiasakan diri minum usai melakukan aktivitas tertentu seperti berolahraga, makan, dan ketika Anda merasa lapar. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi menjelang malam hari.  

5 dari 5 halaman

Lalu, kapan waktu yang tepat minum air putih?

Kalaupun mengharuskan Anda tetap minum di malam hari, pastikan Anda meminumnya dua jam sebelum waktu tidur tiba. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat