uefau17.com

Jangan Pakai Obat Kumur Segera Setelah Berolahraga, Ini Sebabnya - Citizen6

, Jakarta Menyikat gigi dan flossing adalah dua praktik menjaga kebersihan mulut harian yang penting. Anda mungkin bahkan menambahkan obat kumur antibakteri untuk menambah kebersihan mulut.

Meski demikian, pernahkah Anda mempertimbangkan bagiamana bahan kimia yang Anda gunakan untuk membersihkan mulut dapat memengaruhi mikroorganisme lain yang ada di tubuh Anda? Berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari Times of India.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengganggu fungsi tubuh

Sesuai penelitian, obat kumur antibakteri tak hanya terbatas pada mulut Anda. Akan tetapi ini juga dapat mengganggu fungsi lain dari tubuh Anda.

Percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Inggris dan Spanyol mengungkapkan bahwa menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga dapat menghambat proses menurunkan tekanan darah. Padahal ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari berolahraga secara teratur.

 

3 dari 6 halaman

Bagaimana kaitan keduanya?

Saat berolahraga, tubuh kita memproduksi nitric oxide yang mengarah pada pembukaan pembuluh darah dan peningkatan diameternya. Ini membantu meningkatkan aliran darah di berbagai bagian tubuh, termasuk otot-otot yang diaktifkan selama sesi latihan Anda.

Telah ditemukan bahwa sirkulasi darah tetap tinggi (berarti tekanan darah tetap rendah) untuk beberapa saat bahkan setelah berolahraga. Ini terjadi karena bakteri berinteraksi dengan senyawa yang disebut nitrat.

 

4 dari 6 halaman

Memusnahkan bakteri baik

Beberapa bakteri yang ada di mulut menggunakan nitrat dan mengubahnya menjadi nitrit, yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Ketika oksida nitrat ini ditelan dengan air liur, ia diserap oleh pembuluh darah dan dikembalikan ke oksida nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, ketika Anda menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga, semua bakteri baik musnah dari mulut. Anda pun tak dapat lagi menuai manfaat dari berolahraga secara teratur.

 

5 dari 6 halaman

Penelitiannya

Percobaan dilakukan pada 23 orang dewasa yang sehat yang dibuat untuk menjajal treadmill selama 30 menit. Setelah latihan, para peserta diminta untuk membilas mulut mereka dengan obat kumur antibakteri atau plasebo rasa mint.

Selain itu, para peneliti juga mencatat tekanan darah para peserta selama percobaan, setelah latihan, dan selama masa istirahat mereka.

 

6 dari 6 halaman

Hasil akhir

Pada akhir penelitian ditemukan bahwa tekanan darah orang dalam kelompok plasebo adalah -5,2 mmHg, sedangkan tekanan darah kelompok yang menggunakan obat kumur adalah -2,0 mmHg.

Ini membuktikan hipotesa tersebut. Jadi, lain kali jangan menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga ya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat