uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Rumah Ketua KPU Ambruk - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Maret 2024.

Klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk menampilkan sebuah bangunan yang terlihat miring dan di depannya terdapat mobil berwana hitam.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Rumah ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!"

"Memikul dosa yg amat besar"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rumah' Hasyim Asy'ari KPU tenggelam Ambruk Adzab Allah' Satu persatu besok rumah Jokowi Luhut Sembilan naga Ali baba Yg terlibat Curang semua Nya Tenggelam Aamiin 🤲🤲"

Benarkah klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk, dengan menjadikan foto tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asyari ambruk</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel media online, salah satunya berjudul "Warga Cianjur Masih Trauma, Panik Diguncang Gempa 3,3 Magnitudo" yang dimuat situs kumparan.com, pada 11 Juni 2023.

 

<p>Cek Fakta  menelusuri klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asyari ambruk</p>

 

Situs kumparan.com memuat foto yang komposisinya identik dengan klaim, yaitu rumah yang miring dan mobil hitam.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Warga menyelamatkan barang-barang dari rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Foto: Aditya Aji/AFP".

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Langkah Menghadapi Gempa Kala Di Dalam Mobil" yang dimuat situs medcom.id, pada 19 Desember 2022.

Artikel medcom.id memuat foto yang identik dengan klaim.

 

 

 

<p>Penelusuran klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asyari ambruk</p>

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Gempa dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang, terjadi di barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, telah menyebabkan kerusakan rumah dan bangunan di wilayah Cianjur. AFP PHOTO/Adek Berry/Aditya Aji".

 

Sumber:

 

https://kumparan.com/kumparannews/warga-cianjur-masih-trauma-panik-diguncang-gempa-3-3-magnitudo-20ZzsyzkTyF

 https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/Rb1pA4dN-langkah-menghadapi-gempa-kala-di-dalam-mobil

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk tidak benar.

Fakta sebenaranya dalam foto tersebut adalah rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat,  dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat