uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Link Pendaftaran Undian Berhadiah Bank Bengkulu - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim link pendaftaran undian berhadiah Bank Bengkulu, informasi tersebut diunggah akun Facebook, pada 2 Desember 2023.

Klaim link pendaftaran undian berhadiah Bank Bengkulu berupa tulisan berupa tulisan sebagai berikut.

"Khusus Nasabah Bank Bengkulu Yang Sudah Menggunakan #Bengkulu Mobile Bangking #UNDIAN TABUNGAN BANK BENGKULU { Tabot, Simpeda, Tapeda } Berhadiah dari Bank Bengkulu#Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti :

- Grand Prize Mobil

-1 unit Mobil Alphard

-1 unit Mobil CR-V Turbo

-1 unit Mobil HR-V CVT

-1 unit Mobil Ferrari

-1 unit Mobil Fortuner

-1 unit Mobil BR-V

-1 unit Mobil Lamborghini

-1 unit Mobil BMW.

- 10 unit Motor Scopy

- 8 unit Motor NMAX

- 10 Unit TV Led 50 in.

- 20 unit Iphone 14 promax

- 100emas batangan & Logam mulia.

- 10 Paket Wisata singgapore

- 10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya...

Info lebih lanjut tentang pendaftaran ( UNDIAN TABUNGAN BANK BENGKULU ) silakan klik menu (Daftar) Yang kami telah sediahkan.."

Tulisan tersebut disertai dengan tautan " https://akunresmi-bpdbengkulu.online/?fbclid=IwAR2OPw766M2sXt8cG5h78qgCOw7E8uGp8qPIdYwht2s5i_RCQcb-JBqVVxI" jika diklik mengarah pada halaman situs yang menampilkan logo Bank Bengkulu, disertai dengan promo Gebyar Hadiah Bank Bengkulu, menampilkan foto kendaraan mobil dan monil, serta bangunan pada destinasi di luar negeri.

Dalam halaman situs tersebut pun terdapat menu "DAFTAR UNDIAN" dan pada sisi paling bawah terdapat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Benarkah klaim link pendaftaran undian berhadiah Bank Bengkulu? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta  menelusuri klaim link pendaftaran undian berhadiah Bank Bengkulu, akun Instagram resmi Bank Bengkulu @bankbengkuluofficial menyebutkan,salah satu ciri modus penipuan mengatasnamakan Bank Bengkulu adalah menyarankan nasabah untuk mengakses link situs Bank Bengkulu palsu, sedangkan link situs Bank Bengkulu resmi adalah bankbengkulu.co.id.

Penelusuran juga mengarah pada akun Instagram resmi Direktorat Reserse Krimina Khusus Polda Bengkulu @cccicbengkulu, akun tersebut  mengunggah tampilan situs yang identik dengan link pendaftaran undian hadiah Bank Bengkulu.

Dalam unggahan tersebut terdapat tulisan "WASPADA PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BANK BENGKULU"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hi sobat siber.

WASPADA

Penipuan undian berhadiah mengatasnamakan Bank Bengkulu melalui media sosial Facebook harap berhati-hati dan mengingatkan sanak keluarga kita semua url facebook penipuan mengatasnamakan Bank Bengkulu."

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Bank Bengkulu Tegaskan Tidak Ada Program Undian Berhadiah, Jangan Tertipu Akun Medsos Palsu!" yang dimuat situs radarlebong.disway.id.

Dalam Situs radarlebong.disway Bank Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan undian berhadiah yang mengatasnamakan bank tersebut.

Imbauan ini disampaikan menyusul maraknya penyebaran brosur atau pengumuman di media sosial yang menawarkan hadiah-hadiah menarik, seperti mobil, sepeda motor, dan lainnya.

Penyebar penipuan digital ini menggunakan berbagai platform, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Bahkan, beberapa akun media sosial dimanipulasi sehingga terlihat seperti akun resmi dari Bank Bengkulu.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, terutama nasabah Bank Bengkulu, agar selalu waspada dan tidak terjebak oleh tawaran-tawaran yang diterima melalui media sosial," kata Adhar Arfansyah, Wakil Pimpinan Cabang Bank Bengkulu Muara Aman.

Adhar menegaskan bahwa saat ini Bank Bengkulu tidak mengadakan program undian berhadiah dalam bentuk apapun.

Jika ada program undian berhadiah dari Bank Bengkulu, pastinya akan dilaksanakan secara resmi.

Sumber: 

https://www.instagram.com/p/C0VdLOMhmWC/?hl=en&img_index=1

https://www.instagram.com/p/Cz0aViTtCsk/?ref=wp&hl=ja&g=5&img_index=1

https://radarlebong.disway.id/read/658754/bank-bengkulu-tegaskan-tidak-ada-program-undian-berhadiah-jangan-tertipu-akun-medsos-palsu 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim link pendaftaran undian berhadiah Bank Bengkulu tidak benar.

Bank Bengkulu tidak mengadakan program undian berhadiah dalam bentuk apapun, Direktorat Reserse Krimina Khusus Polda Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan undian berhadiah mengatasnamakan Bank Bengkulu melalui media sosial Facebook.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat