uefau17.com

Masjid Al Aqsa Diserang Hoaks, Simak Sejumlah Faktanya - Cek Fakta

, Jakarta- Masjid Al Aqsa menjadi salah satu lokasi bersejarah bagi umat Islam kerap menjadi sasaran hoaks, hal ini tentu dapat menimbulkan keresahan.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar masjid Al Aqsa, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks yang menyerang Masjid Al Aqsa.

Video Menara Masjid Al Aqsa Ditembaki Tentara Israel

Cek Fakta mendapati klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel menampilkan sebuah bangunan tinggi berbentuk silinder mengeluarkan asap putih, dalam video tersebut terdengar suara ledakan dan terlihat asap putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"MENARA MASJIDIL AQSHA DI TEMBAKI ISRAEL"

ALLAHU AKBAR MENARA MASJID ALAQSOH PALESTINA DI TEMBAKI PARA TENTARA ISRAEL NAMUN MENARA TERSEBUT TETAP BERDIRI KOKOH"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kuasa ilahi menara mesjidil Aqsa di tembaki Israel namun menara itu Mash tetap berdiri kokoh walaupun Israel menggunakan rudal"

Benarkah klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Masjid Al Aqsa Dibakar

Video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Eska Grabag pada 12 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, tampak kobaran api terlihat atas sebuah bangunan tembok berwarna putih.

Selain itu, ratusan orang penduduk Israel tampak berkumpul dan menari sambil menyaksikan kebakaran tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan dibakarnya Masjid Al Aqsa.

"Masjid Al aqsa diserang dan dibakar .Dengan bangga & bahagianya zionis israel merayakan kemenangan.

Bagaimana kita sebagai umat muslim.," tulis akun Facebook Eska Grabag.

Konten yang disebarkan akun Facebook Eska Grabag telah 5 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Masjid Al Aqsa dibakar? Simak hasil penelusurannya di sini.....

3 dari 4 halaman

Video Israel Serang Palestina Saat Salat Iduladha 2020 di Masjid Al Aqsa

Sebuah video yang diklaim sebagai aksi penyerangan Israel terhadap warga Palestina yang tengah menjalankan salat Iduladha pada 31 Juli 2020 beredar di media sosial. Video ini disebarkan salah satu akun.

Dalam video berdurasi 7 menit 44 detik itu, tampak ratusan orang tengah menjalankan salat Ied di halaman Masjid Al Aqsa, Palestina. Pada adegan lain, tampak sejumlah warga bentrok dengan aparat setempat. Beberapa aparat juga terlihat mengamankan warga.

Akun Facebook Bebaskan palestina mengaitkan video tersebut Israel yang menyerang warga Palestina usai salat Iduladha di Masjid Al Aqsa pada 31 Juli 2020.

"VIRAL NEW PAGI...!!

DETIK DETIK ISRAEL SERANG PALESTINA LAGI SHOLAT IDUL ADHA DI MESJID Al,AQSa😭

Viralkan kalau kalian ISLAM 🙏," tulis akun Facebook Bebaskan palestina.

Benarkah aksi penyerangan Israel terhadap warga Palestina yang tengah menjalankan salat Iduladha pada 31 Juli 2020? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat