uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Aplikasi Subsidi Listrik Gratis 2023 - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim aplikasi subsidi listrik gratis 2023. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 April 2023.

Unggahan tersebut berupa halam situs bertuliskan "Aplikasi Subsidi Listri Gratis 2023" yang terdapat meteran listrik dan logo PT PLN (Persero).

Unggahan tersebut pun terdapat keterangan sebagai berikut.

"Jangan sampai gak kebagian yaa.".

Benarkah klaim aplikasi subsidi listrik gratis 2023? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim aplikasi subsidi listrik gratis 2023, dengan mengunjungi halaman situs yang dicantumkan dalam klaim, dalam halaman situs tersebut terdapat tulisan tentang Aplikasi New PLN Mobile yang diluncurkan PLN.

Dalam keterangan tertulis dimuat dalam situs resmi PLN berjudul "Lebih Dekat Dengan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile". Dalam keterangan tertulis Darmawan Prasodjo yang saat ini menjabat sebagai  Direktur Utama PLN.

PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token.

PLN Mobile juga hadir dalam kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech. 

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengajukan layanan pengubahan daya, swadaya catat angka meter ( Swacam ) , serta layanan pengaduan pelanggan. 

Situs resmi PLN pln.co.id menyebutkan 4 menu yang ada dalam PLN Mobile.

1. Kelistrikan

Melalui menu Kelistrikan dapat melakukan Pasang Baru dan pilih variasi daya hingga pilihan prabayar atau pascabayar, juga bisa coba fitur Ubah Daya, selain itu juga bisa mengajukan Penyambungan Sementara lewat PLN Mobile.

2. Internet

Melalui menu internet, PLN memberikan layanan internet ICON+.

3. Perbaikan

Menu Perbaikan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan instalasi listrik di rumah, kantor, atau gedung ketika mengalami gangguan. Setelah mengadukan gangguan akan mendapatkan notifikasi work order dan dapat melakukan Tracking status order.

Petugas PLN akan datang sesuai jadwal, melakukan pengecekan dan setelah selesai, Anda dapat melakukan approval pekerjaan dan lakukan pembayaran.

4. SPKLU

Menu SPKLU memudahkan untuk mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) melalui cek fitur Charge.In di PLN Mobile.

Dalam artikel berjudul "Waspda Penipuan Mengatasnamakan PLN, Kenali Beragam Modusnya" yang dimuat situs , 

Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengata kan, belakangan ini marak terjadi penipuan mengatasnamakan PLN dengan berbagai modus.

"Mulai dari ajakan mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah, pembelian box kWh Meter, rekrutmen pegawai hingga permintaan foto diri pelanggan," jelas Gregorius, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (28/4/2023).

 

Sumber

https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2020/12/lebih-dekat-dengan-pelanggan-pln-luncurkan-aplikasi-new-pln-mobilehttps://layanan.pln.co.id/pln-mobile

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta klaim aplikasi subsidi listrik gratis 2023 tidak benar. 

Aplikasi yang diklaim tersebut tidak memberikan subsidi listrik gratis 2023.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat