uefau17.com

Sejarah Baru Tercipta Timnas Basket Indonesia Juara ASG 2024 Usai Hajar Filipina - Bola

, Jakarta Timnas basket putra Indonesia mengukir sejarah baru di ASEAN School Games (ASG) 2024. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia bisa merebut medali emas setelah menang 56-54 atas Filipina pada Jumat (7/6/2024) siang WIB.

Pada keikutsertaan sebelumnya di ASG, capaian tertinggi dari cabang olahraga bola basket adalah medali perak pada pelaksanaan ASG 2019 Semarang. Ketika itu Tim Basket Putra mendapatkan medali perak pada ASG 2019, Tim Basket Putri mengamankan medali perunggu.

Sementara pada pelaksanaan ASG sebelumnya, cabang olahraga bola basket belum bisa menyumbangkan medali.

“Puji Tuhan medali emas di ASG 2024 dari Tim Basket Putra ini sejarah baru lagi bagi Bolabasket Indonesia. Kami bangga dengan medali emas yang diraih untuk kali pertama di ASG ini,” ungkap Ketum PP PERBASI Danny Kosasih.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim pelatih dan para pemain, kepada semua pihak, terutama kepada Pak Menpora. Juga terima kasih kepada semua Pengprov seluruh Indonesia yang telah bekerja membina pemain dan menghasilkan pemain-pemain yang kita kumpulkan menjadi kekuatan tim pelajar Indonesia,” lanjut Danny.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan Indonesia Kalahkan Filipina di Final ASG 2024

Dalam perjuangan Tim Basket Putra di final ASG 2024, para pemain memulai pertandingan dengan defisit tiga poin di awal game. Namun situasi ini kemudian langsung direspons oleh para pemain.

Sehingga kuarter pertama Indonesia pangkas jarak keunggulan Filipina dengan kedudukan 18-17. Memasuki kuarter kedua, pemain Indonesia terus menekan.

Perlawanan sengit ditunjukkan Tim Basket Putra di kuarter kedua. Sehingga di kuarter ini Indonesia sukses memimpin dengan skor 28-27.

Di kuarter ketiga, pertandingan masih berlangsung ketat. Keduanya saling menambah angka hingga Filipina kembali unggul 38-37 di kuarter ketiga.

Di kuarter akhir, Indonesia bermain dengan penuh konsentrasi. Sehingga Tim Basket Putra mampu mengakhiri pertandingan ini denhan kemenangan 56-54.

“Alhamdulillah, puji Tuhan kita juara, bisa meraih medali emas. Dalam pertandingan ini game plan yang disiapkan berjalan dengan baik terutama saat defense. Anak-anak bermain tentang dan sabar meski ada kesalahan dan itu masih wajar,” terang Rifki.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Indonesia di Basket ASG 2024

Kata Rifki, kunci kemenangan di pertandingan melawan Filipina adalah kesuksesan para pemain menerapkan strategi. Defense yang luar biasa disiplin dan bermain sabar.

“Itu kunci kemenangan di pertandingan ini selain kita sukses menutup shooter-shooter mereka. Meski ada bocor-bocor sedikit itu biasa namun secara keseluruhan para pemain sukses menahan mereka,” ucap Rifki.

Perjalanan Tim Basket Putra di ASG 2024 dimulai dari babak penyisihan Grup A dengan mengalahkan Laos 128-45. Kemudian Indonesia kalah dari Filipina dengan skor 57-65.

Jalur ke semifinal terjaga usai di laga pamungkas Grup A Indonesia kalahkan Thailand dengan skor 83-66. Hasil ini antarkan Tim Basket Putra ke semi final dan sebagai runner Up grup A.

Di semi final, Tim Basket Putra menundukkan Singapura dengan skor 64-55. Kemenangan ini antarkan Tim Basket Putra ke final menantang Filipina.

Di final, Tim Basket Putra sukses revans di kekalahan sebelumnya. Baik itu saat final di ASG 2019 dan pertemuan di fase grup A.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat