uefau17.com

12 Pengprov Sepakat Pilih Keponakan Prabowo Subianto Jadi Ketua Umum PP Pordasi 2024-2028 - Bola

, Jakarta- Sebanyak 12 Pengprov Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi) menggelas Musyawarah Nasional (Munas) di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat 31 Mei 2024. Pada Munas tersebut ke-12 Pengprov secara aklamasi sepakat memilih Keponakan Prabowo Subianto, Aryo Djojohadikusumo sebagai ketua umum yang baru.

Munas XIV PP Pordasi mengusung tema 'Menjaga Kedaulatan Pordasi Dengan Kemandirian'. Melalui Munas ke XIV ini seluruh anggota Pordasi bersepakat untuk mengembalikan kedaulatan dan kemandirian organisasi sebagaimana Piagam Olimpiade. Munas digelar oleh 12 Pengprov karena mereka menganggap kepengurusan periode sebelumnya sudah berakhir pada Januari 2024.

"Kami mayoritas pemprov-pengprov berinisitif dan sepakat melaksanakan Munas agar kepengurusan dan kegiatan-kegiatan Pordasi, apalagi menghadapi PON, tidak terhambat. Kepengurusan lama sudah lama berakhir pada 31 Januari 2024. Seharusnya kepengurusan lama membuat Munas. Sampai waktu yang ditentukan tidak dilakukan Munas sehingga kami sepakat melaksanakan Munas," ujar ketua panitia pelaksana Munas XIV, Sherpa Manembu.

"Pada Munas ini tidak ada unsur paksaan dan tidak ada yang mau menampakkan diri. Pemprov yang ikut munas ini ada 12 dari 25 yang ada dalam daftar. Tapi ada 5 yang terdaftar tapi tidak ada aktivitas atau tidak pernah mengikuti kegiatan."

Kehadiran 12 pengprov pada Munas ini dinilai sudah mencukupi untuk memilih ketua umum. Apalagi lima Pengprov pendiri PP Pordasi hadir di Munas kali ini yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara dan Jawa Timur. Pasalnya setiap pengprov memiliki bobot yang berbeda tergantung keaktifan mereka selama ini.

"Bobot suara pengprov berbeda-beda. Lima pendiri bobotnya tiga. Kemudian juga ada dihitung dari keikutsertaan di PON, kejurnas dan tuan rumah kejurnas. Peserta Munas ini memiliki bobot 26 dari 39. Itu sudah lebih dari 50+1 persen sehingga bisa menggelar Munas," ucap Sekum Pordasi NTB, Malik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aryo Dipilih Jadi Ketum Baru Pordasi

12 Pengprov yang hadir pada Munas PP Pordasi 2024 ini semuanya memberikan mandat kepada satu calon saja yakni Aryo Djojohadikusumo yang sebelumnya merupakan ketua Pordasi DKI Jakarta.

"Karena semua sepakat memberikan mandat untuk Aryo Djojohadikusumo maka secara aklamasi memutuskan ketum PP Pordasi 2024-2028 adalah Aryo Djojohadikusumo," imbuh.

3 dari 3 halaman

Langkah Pordasi Selanjutnya

Ketum PP Pordasi periode 2020-2024 Triwatty Marciano sendiri tidak hadir dalam Munas diadakan 12 Pengprov ini. "Ketum periode 2020-2024 tidak hadir dan tidak menyampaikan pertanggungjawabannya. Jadi pertanggungjawabannya ditolak," tutur Sherpa.

Selanjutnya hasil Munas XIV PP Pordasi ini akan segera dilaporkan kepada KONI Pusat, NOC Indonesia hingga Pormi. Para peserta Munas yakin KONI Pusat akan menyetujui hasil Munas XIV ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat