uefau17.com

PSSI Izinkan Suporter Kibarkan Bendera Palestina - Bola

, Jakarta- Ketua Umum PSSI Erick Thohir baru saja memastikan pengibaran bendera Palestina oleh penonton di pertandingan sepak bola resmi di Indonesia diizinkan asal dilakukan di tribun saja. Termasuk juga saat Piala Dunia U-17 2023.

Erick Thohir mengumumkan ini setelah melakukan lobi dengan FIFA. Menurut Erick, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina sebagai bentuk dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM. Hanya saja tak boleh penonton menerobos masuk ke lapangan sembari membawa bendera Palestina.

BACA JUGA: VIDEO: Ada Jepang dan Australia, Timnas Indonesia Hadapi Lawan Berat di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
BACA JUGA: VIDEO: Erick Thohir Jelaskan Alasan STY Belum Tandatangani Kontrak Baru di Timnas Indonesia

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan," kata Erick Thohir.

Erick sekaligus menegaskan sanksi denda yang diterima klub dari komisi disiplin bukan karena pengibaran bendera Palestina di tribun, melainkan aksi penonton yang masuk ke dalam lapangan.

Langkah PSSI ini mendapat pujian dari tokoh komunikasi politik Indonesia dan pemerhati sepak bola Effendy Gazali. Menurutnya, kita memang perlu mengingatkan manakala Komisi Disiplin PSSI terlalu bertindak berhati-hati.

"Terima kasih karena Jajaran PSSI berhasil menyampaikan keinginan bangsa Indonesia pada FIFA. Dan sekarang giliran bangsa Indonesia menunjukkan pada dunia bahwa kita sama hebatnya dengan Qatar dan bangsa-bangsa penyelenggara momen sepakbola besar dunia," tutur Effendi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kibarkan Bendera Palestina di Piala Dunia U-17 2023

Effendi memang aktif mengajak masyarakat sepakbola Indonesia mengibarkan bendera Palestina di semua pertandingan liga dan Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia mulai 10 November mendatang.

"Kita akan mengibarkan bendera Palestina dan memakai atribut Palestina tanpa menyebut kutukan kepada negara manapun!," tegas Effendi.

"Sepak bola adalah satu satu platform tertinggi dalam olah budaya bersama olahraga dan seni lainnya. Jadi kita cukup menyatakan dengan senyum dan tegas. 'Indonesia selalu bersama Palestina! Indonesia selalu melihat apa yang terjadi di Gaza! Palestina, Anda tidak pernah sendirian!"

3 dari 3 halaman

Dukungan untuk Timnas U-17

Selain berterima kasih pada Ketum PSSI, Effendi Gazali ikut mendukung agar Timnas Indonesia asuhan Coach Bima Sakti bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di Piala Dunia U-17 2023

"Solidaritas Palestina. Semangat pantang menyerah Garuda Muda!" ujarnya menutup pernyataan untuk seluruh pencinta bola Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat