uefau17.com

Pastikan Keamanan Penonton, Surabaya Bakal Dijaga Ketat Sepanjang Piala Dunia U-17 2023 - Bola

, Jakarta Ajang Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung dalam hitungan hari. Kompetisi sepak bola muda bergengsi yang digelar di Tanah Air mulai 10 November 2023 itu akan secara resmi dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, jelang kick-off laga Timnas Indonesia U-17 melawan Ekuador pada pukul 19.00 WIB.

Guna mempersiapkan rangkaian acara tersebut, pelaksana daerah Surabaya melakukan sejumlah persiapan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penonton selama menyaksikan jalannya opening ceremony serta pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Kota Pahlawan.

Salah satu caranya ialah dengan menerjunkan total 3.393 personel gabungan TNI dan Polri yang dilibatkan dalam upaya pengamanan Piala Dunia U-17 2023 dengan menjaga sejumlah lokasi penting selama turnamen akbar berlangsung.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Puji Santosa, mengatakan para personel pengamanan Piala Dunia U-17 di Surabaya tergabung dalam PAM Operasi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023. Mereka pun kabarnya telah mulai menjalankan tugasnya sejak Rabu (1/11/2023) lalu.

“Tim-tim kontestan mulai berdatangan. Kami mulai fokus bekerja untuk mengamankan mereka, juga bersiap untuk acara pembukaan nanti," kata Puji Santosa di Surabaya, pada Jumat (3/11/2023), sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima .

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Personel Pengamanan Dibagi ke Beberapa Titik

Secara spesifik, Puji menjelaskan tugas personel gabungan nantinya akan dibagi ke beberapa titik sepanjang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Terdapat PAM yang bertugas menjaga titik bandara, diikuti PAM rute, hingga PAM akomodasi di hotel.

"Untuk pola pengamanan, karena akan dihadiri oleh Presiden, nanti koordinasi dengan TNI dengan pola zona ring satu, dua dan tiga," papar Puji Santoso.

"Kemudian juga PAM di lokasi latihan di Lapangan Thor, Lapangan Tambaksari (Gelora 10 November), dab lapangan ABC GBT. Kami juga fokus di lokasi yang rawan terjadi gangguan, seperti di tempat warga berkumpul," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Pembukaan Piala Dunia U-17 Dihadiri Tokoh Penting

Tak heran jika pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya bakal dikawal dengan pengamanan ekstra ketat. Maklum, agenda tersebut bakal dihadiri sejumlah tokoh penting, mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Presiden FIF Gianni Infantino, serta didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Belum lagi, Kota Pahlawan secara spesifik memang mengundang euforia tinggi lantaran Timnas Indonesia U-17 kebagian berkandang di lokasi tersebut. Anak-anak asuh Bima Sakti nantinya akan bersaing dengan tiga negara penghuni grup A lainnya, yakni Ekuador, Panama, dan Maroko, demi memperebutkan tiket ke fase 16 besar.

Guna mengantisipasi lonjakan penonton sekaligus memudahkan mobilisasi masyarakat yang hendak menyaksikan penampilan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Dinas Perhubungan Kota Surabaya turun tangan menyiapkan 110 armada shuttle bus gratis menuju venue. Terdapat pula kebijakan pembatasan kendaraan pribadi menuju Gelora Bung Tomo yang diberlakukan selama turnamen berlangsung.

Kepala Dishub Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, menyebutkan shuttle bus yang disiapkan akan disebar di enam titik pemberhentian. Adapun, keenam titik yang dimaksud meliputi Balai Kota, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, tempat pengujian kendaraan bermotor Tandes, dan Ciputra World.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 2023

Jumat, 10 November 2023

16.00 WIB: Panama vs Maroko (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Senin, 13 November 2023

16.00 WIB: Maroko vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Panama (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Ekuador vs Panama (Stadion Manahan)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat