uefau17.com

Top Skor BRI Liga 1 Direkrut Klub China, Bakal Main Bareng Eks Manchester United - Bola

, Jakarta Kejutan besar terjadi pada Rabu 19 Juli 2023. Penyerang Borneo FC Matheus Pato direkrut klub China Shandong Taishan. Top skor BRI Liga 1 musim 2022/2023 itu bakal main bareng bersama mantan pemain Manchester United Marouane Fellaini.

"Atas permintaan Matheus Pato, Borneo FC Samarinda dan Shandong Taishan Football Club (China) telah bersepakat untuk melakukan transfer," demikian pernyataan resmi Borneo FC di Instagram.

Sayangnya Borneo FC tak menyebutkan berapa uang yang mereka terima atas kompensasi kepindahan pemain asal Brasil tersebut ke Shandong Taishan. Pato masih terikat kontrak dengan Borneo, Shandong otomatis harus memberikan mahar transfer.

"Sangat berat melepas seorang pemain yang sudah menciptakan hal hebat bersama-sama selama berbaju Pesut Etam, namun demi hal baik yang siap diukir Matheus Pato ke depannya di sana. Kami ucapkan good luck!" tulis Borneo FC.

Pato menarik perhatian Shandong Taishan setelah tampil cemerlang musim lalu di BRI Liga 1. Pada musim perdananya di Indonesia, Pato sukses merebut sepatu emas setelah mencetak 25 gol dari 32 laga bersama Borneo FC.

Di BRI Liga 1 2023/2024, Pato sudah sempat dimainkan oleh Borneo FC. Pemain berusia 28 tahun tersebut mampu mencetak dua gol di awal musim yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pato Dilirik Klub China

Kepergian Pato jelas akan memusingkan Borneo FC. Pasalnya bursa transfer BRI Liga 1 akan ditutup besok (20/7/2023). Borneo FC harus berkejaran dengan waktu untuk mendapatkan sosok yang tepat menggantikan Pato.

Shandong Taishan bisa menemukan sosok Pato berkat asisten pelatih Fabio Lefundes. Pria Brasil itu mengenal Liga Indonesia karena pernah bekerja sebagai asisten pelatih di Madura United dari 2021 sampai 2023. Lefundes sudah dua periode bekerja di Shandong Taishan.

3 dari 4 halaman

Rekam Jejak Shandong Taishan

Shandong Taishan bukan klub sembarangan di China. Mereka merupakan pemegang empat gelar juara Liga Super China. Terakhir Shandong Taishan juara pada tahun 2021.

Dalam sejarahnya, Shandong Taishan juga pernah memakai pelatih top seperti Radomir Antic, Felix Magath, Mano Menezes hingga Henk ten Cate. Saat ini kursi kepelatihan dipegang oleh Choi Kang-hee dari Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat