uefau17.com

Syarat Ketat Peserta Shell Eco-Marathon 2023, Keselamatan Jadi Pertimbangan Utama - Bola

, Jakarta - Tidak mudah untuk mengikuti Shell Eco-marathon 2023. Kendaraan partisipan harus lolos inspeksi ketat sebelum berkompetisi.

Shell Eco-Marathon 2023 Technical Director Paul Johnson menjelaskan, karya peserta harus lolos 12-13 tahap pemeriksaan jika mau menjajal Sirkuit Mandalika, lokasi event ini digelar.

"Di setiap tahap itu juga ada beberapa check point. Semua itu untuk memastikan agar kendaraan benar-benar aman," ungkap Johnson.

Jika ada yang tidak sesuai standar, tim pemeriksa kemudian memberi saran tentang bagaimana cara mengatasinya. Namun, mereka membebaskan kontestan mencari solusi sendiri.

"Peserta bebas datang kapan saja dan berkali-kali jika merasa sudah siap. Tapi kami memberi batas hingga Jumat (7/7/2023) siang untuk menentukan apakah mereka bisa ikut lomba atau tidak," katanya.

Ada lebih dari 70 tim yang berpartisipasi dari 13 negara yang mengikuti Shell Eco-marathon. Hingga berita ini naik, sudah lebih dari jumlah total lolos seleksi teknis sehingga bisa berkompetisi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Bertahan asal Indonesia Sudah Lolos Inspeksi Teknis Shell Eco-marathon 2023

Beberapa tim yang sudah lolos inspeksi teknis Shell Eco-marathon 2023 adalah juara bertahan NAKOELA (Universitas Indonesia) dan Semar Proto (Universitas Gadjah Mada).

NAKOELA (kategori prototype nomor Internal Combustion Engine) dan Semar Proto (kategori prototype nomor baterai) sama-sama menyelesaikan inspeksi teknis dalam dua percobaan.

"Kesalahan konyol sebenarnya, windshield mobil tertendang oleh pengemudi. Tapi kami langsung mengatasinya," kata Team Manager Semar Proto UGM Adzim Mardiansjah. 

NAKOELA merebut gelar tahun lalu dengan catatan 905 km/l. Kali ini mereka berharap bisa mencapat 1.200 km/l. Sedangkan Semar Proto menjadi juara dengan catatan 587 km/kWh.

“Melalui program Shell Eco-marathon, kami mengajak generasi muda untuk berkreasi, berinovasi dan bersama-sama mencari solusi untuk menjawab tantangan energi di masa depan," kata Vice President Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea.

"Di tahun ini, kami bangga melihat antusiasme dan partisipasi tim Indonesia yang terus meningkat dengan inovasi yang senantiasa berkembang. Melalui Shell Eco-marathon, kami berharap dapat terus mendorong tim mahasiswa untuk menciptakan terobosan dan berkontribusi terhadap agenda transisi energi di Indonesia."

3 dari 3 halaman

Sirkuit Mandalika Gelar Shell Eco-marathon 2023 Edisi Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah

Shell Eco-marathon 2023 berlangsung di tiga kawasan regional. Setelah seri Amerika dan Eropa bergulir, Sirkuit Mandalika mendapat kehormatan menggelar kompetisi Asia Pasifik dan Timur Tengah pada 4-9 Juli. Ajang kali ini diikuti 70 tim lebih dari 13 negara.

Tim-tim terbaik dari tiap kawasan kemudian berkompetisi pada Kejuaraan Dunia di Bangalore, India, Oktober mendatang. "Saya sangat menantikan hasil final Shell Eco-marathon pada Minggu untuk mengetahui pencapaian teknologi terbaru tim-tim Indonesia," kata Global General Manager Shell Eco-marathon Norman Koch.

Pada Shell Eco-marathon 2023, para pelajar akan berkompetisi dengan kendaraan ultra-efisien yang mereka rancang dan bangun sendiri dalam dua kategori: prototype dan urban concept, untuk menempuh jarak terjauh dengan penggunaan bahan bakar yang paling efisien.

Kategori prototype ditujukan untuk kendaraan ultra-efisien, ringan, yang umumnya memiliki tiga roda dan dirancang untuk mengurangi resistensi dan memaksimalkan efisiensi. Sedangkan kategori urban concept difokuskan pada efisiensi energi dalam desain kendaraan roda empat layaknya mobil penumpang konvensional yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya.

Peserta kemudian harus memilih salah satu dari tiga jenis bahan bakar, yakni baterai listrik, bahan bakar sel hidrogen, dan mesin pembakaran internal/internal combustion engine (bensin, etanol, atau diesel).

Pada perlombaan, setiap peserta harus melahap tiga putaran dalam waktu 30 menit. Mereka mendapat empat percobaan untuk mencatat hasil terbaik.

Selain lomba inovasi, Shell Eco-marathon 2023 juga menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya termasuk Shell LiveWIRE dan Shell NXplorers.

Shell LiveWIRE adalah program pengembangan perusahaan yang mempromosikan kewirausahaan, sedangkan Shell NXplorers adalah program edukasi inovatif yang memperkenalkan generasi muda pada kemampuan berpikir yang kompleks dan kreatif untuk mempersiapkan mereka menjadi agen perubahan yang positif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat