uefau17.com

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions: Puncak Masih Dipegang Cristiano Ronaldo - Bola

, Jakarta - Liga Champions 2022/2023 sebentar lagi menghadirkan putaran baru lewat duel Real Madrid dengan Manchester City, Rabu (10/5/2023) dini hari WIB.

Sepanjang berjalannya ajang paling bergengsi di Eropa itu musim ini, City telah menghasilkan26 gol, terbanyak bersama dengan Benfica dan Napoli. Sementara Real Madrid berada di urutan dua dengan 25 gol.

Ketajaman kolektif The Citizens tidak lepas dari ketajaman Erling Haaland yang menyumbang 12 gol, unggul empat angka atas pesaing terdekat Mohamed Salah.

Namun, jika berbicara top skor sepanjang masa Liga Champions, nama Cristiano Ronaldo pasti akan langsung terlintas di pikiran. Salah satu pesepak bola terbaik di dunia itu telah menorehkan 140 gol di ajang tersebut.

Ronaldo juga memegang rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions dengan 17 gol untuk membantu Real Madrid juara pada musim 2013/2014.

Pemain jebolan akademi Sporting CP tersebut juga telah menjadi top skor Liga Champions dalam tujuh musim berbeda.

Kini, legenda Portugal tersebut bermain di klub Arab Saudi Al Nassr. Kecil kemungkinan dia akan kembali ke pentas tertinggi Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lionel Messi

Setelah Ronaldo, ada saingan beratnya dalam perebutan gelar pesepak bola terbaik sepanjang masa yaitu Lionel Messi. Legenda asal Argentina itu berada di urutan kedua dengan 129 golnya. Meski begitu, Messi memegang rekor pencetak gol paling banyak di ajang Liga Champions untuk satu klub, dengan 120 dari 129 golnya tersebut dicetak untuk Barcelona.

Messi menambah sembilan gol lagi sejak pindah ke raksasa Perancis Paris Saint-Germain pada musim panas 2021. Secara keseluruhan, pemenang Piala Dunia 2022 itu telah mencetak gol dalam 18 musim Liga Champions yang berbeda, di mana ia selalu mencetak gol di setiap musim sejak 2005/2006.

Meski ia harus berbagi rekor hattrick terbanyak dalam sejarah Liga Champions dengan Ronaldo (8), tetapi Messi pernah melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan mantan punggawa Manchester United itu, yakni mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

3 dari 5 halaman

Robert Lewandowski

Berikutnya ada bomber Barcelona Robert Lewandowski yang sukses kantongi 91 gol sepanjang karirnya mengikuti ajang Liga Champions. Pemain asal Polandia tersebut mungkin hanya berjarak dari menggenapkan rekornya menjadi 100. Namun, dengan usianya yang sudah menginjak 34 tahun, nampaknya ia mulai kehabisan waktu.

Musim ini ia telah memberikan yang terbaik dengan lima gol dalam lima penampilan untuk Blaugrana. Namun sayang, raksasa Spanyol tersebut harus tersingkir di fase grup yang akhirnya membuat mereka berlabuh ke Liga Europa. Dengan begitu, Lewandowski harus menunggu hingga musim depan untuk mencoba lagi.

4 dari 5 halaman

Karim Benzema

Ujung tombak Real Madrid yang satu ini adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih dapat menambah golnya dengan klubnya masih berada dalam kompetisi ini. Beda tipis dengan Lewandowski, Karim Benzema duduk di posisi keempat dengan koleksi 90 golnya.

Dan sama dengan Messi, Benzema selalu mencetak gol dalam setiap 18 musim Liga Champions yang diikutinya sejak musim 2005/2006 kala ia masih berseragam Lyon.

Striker asal Perancis itu memenangkan penghargaan top skor Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2021/2022 dengan 15 golnya yang juga membantu Real Madrid meraih gelar ke-14. Kendati begitu, ia gagal mencetak gol dalam partai final kontra Liverpool.

5 dari 5 halaman

Raul

Mantan striker Real Madrid dan Spanyol ini merupakan top skor sepanjang masa Liga Champions hingga November 2014 ketika ia akhirnya disalip oleh Messi dan Ronaldo. Sepanjang karirnya, Raul total menorehkan 71 gol di ajang paling prestisius di Eropa tersebut. Ia juga menjadi pemain Madrid pertama yang mencapai 50 gol di Eropa setelah Alfredo Di Stefano sebelumnya mencetak 49 gol untuk raksasa Spanyol tersebut.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat