uefau17.com

Firman Utina Kirim Pesan ke PSSI Jelang SEA Games 2023 Kamboja - Bola

, Jakarta Mantan pemain Timnas Indonesia Firman Utina mengirim pesan khusus kepada PSSI jelang perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Ia meminta federasi sepak bola Indonesia untuk tak melulu berfokus pada kekuatan tim sendiri, tetapi juga memperhatikan perkembangan kesebelasan dari negara-negara peserta lainnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 memang bakal turut berpartisipasi dalam kompetisi olahraga multievent se-Asia Tenggara itu.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri ditunjuk menukangi Garuda Nusantara sepanjang pelaksanaan SEA Games 2023 di negeri Angkor Wat.

Rangkaian persiapan, mulai dari pemusatan latihan (TC) hingga berbagai laga uji coba, pun telah digencarkan demi mewujudkan ambisi meraih medali emas cabor sepak bola.

Namun, Firman Utina menilai pemantapan tersebut tidaklah cukup. PSSI juga diharapkan dapat menaruh perhatian kekuatan tim-tim lawan yang berpotensi mempersulit Indonesia dalam proses mewujudkan prestasi di kompetisi tersebut

“Di SEA Games ini saya rasa semua tim sangat siap. Kamboja juga lagi bagus-bagusnya. Dulu (mereka) bisa kita kalahkan 6-0 sampai 8-0, tapi sekarang agak sulit. Ini yang harus jadi perhatian PSSI,” tuturnya dalam acara diskusi refleksi jelang HUT ke-93 PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta pada Senin (17/4/2023) sore WIB.

“Tim di PSSI jangan fokus ke tim sendiri, tetapi juga ke tim lawan. Saya rasa kita masih bisa berbicara di SEA Games,” sambung mantan pesepak bola berusia 41 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Grup SEA Games 2023

Sebagai informasi, SEA Games 2023 Kamboja dijadwalkan berlangsung mulai 5-17 Mei 2023. Cabang olahraga sepak bola akan lebih dulu mengawali persaingannya pada 29 April 2023.

Pihak penyelenggara sebelumnya telah melakukan drawing untuk menentukan pembagian grup SEA Games 2023. Hasilnya, Timnas Indonesia U-22 terhindar dari kelompok neraka.

Pasukan Indra Sjafri menjadi bagian dari Grup A bersama empat negara lainnya, yakni tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, serta Timor Leste.

Sementara itu Vietnam dan Thailand, yang notabene merupakan pesaing berat Garuda Nusantara di kancah sepak bola Asia Tenggara, kompak tergabung dalam Grup B bersama Malaysia, Singapura, juga Laos.

3 dari 3 halaman

Tak Mudik Lebaran

Demi mematangkan persiapan menuju SEA Games 2023 di Kamboja, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri meminta anak-anak asuhnya tak mudik saat hari raya Idul Fitri.

Hal ini disampaikan pasca laga uji coba Garuda Nusantara melawan Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (16/4/2023) lalu.

“Jadi selesai match (melawan Lebanon) ini, saya akan bicara dengan pemain, minta pengertian mereka bahwa untuk Lebaran ini tidak libur. Karena memang risikonya tidak semua pemain itu kota asalnya dekat dengan bandara. Ada yang dari bandara jauh, sekitar dua jam ke daerahnya, lalu (ada pula yang) tiga jam,” tutur Indra.

“Arahan dari Ketum, kita mendatangkan keluarga mereka saat Lebaran hari kedua dan ketiga sampai melepas mereka untuk berangkat ke SEA Games. Jadi Lebaran pertama dan kedua, keluarganya akan silaturahmi bersama keluarga di kampung. Setelah itu, mereka akan kami datangkan ke Sultan sampai tim berangkat ke SEA Games,” sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat