uefau17.com

Susunan Pemain Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022: Rizky Ridho Gantikan Jordi Amat - Bola

, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) pukul 19.30 WIB. Jelang pertandingan dimulai, kedua tim merilis daftar susunan pemain.

Skuad Garuda dipastikan tidak diperkuat bek naturalisasi Jordi Amat yang terkena sanksi disiplin. Sebagai gantinya, pelatih Shin Tae-yong menurunkan Rizky Ridho sebagai pendamping Fachruddin Aryanto.

Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan masih dipercaya sebagai bek sayap. Sedangkan Marc Klok, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya mengisi lini tengah. 

Untuk menjebol pertahanan Filipina, Shin Tae-yong menurunkan trio Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, dan Witan Sulaeman 

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Filipina: Anthony Pinthus; Simen Lyngbo, Jefferson Tabinas, Amani Aguinaldo, Christian Rontini, Audie Menzi; Oliver Bias, Stephan Schrock, Hikaru Minegishi; Kenshiro Daniels, Mark Hartmann

Indonesia: Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Witan Sulaeman

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minimal Imbang

Hingga tiga pertandingan berlangsung, Indonesia harus puas berada di posisi kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong mengoleksi tujuh poin. Namun kalah selisih gol dari Thailand yang berhak berada di puncak klasemen.

Situasi ini membuat Indonesia perlu imbang atau menang atas Filipina. Karena jika sampai kalah, masih ada kemungkinan tak lolos ke semifinal. Takutnya Kamboja bisa membuat kejutan di laga lainnya dengan mengalahkan tuan rumah Thailand.

Ketimbang menggantungkan nasib kepada pertandingan lain, timnas Indonesia membidik tiga poin di markas Filipina. Kemenangan besar di kandang Filipina juga bisa membuat Indonesia menjadi juara Grup A. Saat ini Indonesia terpaut selisih satu gol saja dengan Thailand.

Indonesia meladeni Filipina yang tidak punya kepentingan karena sudah tersisih. Dalam situas ini, Tim Merah Putih bertemu lawan yang tidak bisa ditebak. Apakah Filipina bakal tampil lepas dan berusaha meraih kemenangan di depan publik sendiri, atau justru tidak bersemangat lagi. 

Terlepas itu, Indonesia boleh percaya diri karena punya rekor bagus melawan Filipina. Situs 11v11 mencatat Indonesia meraih 19 kemenangan dalam 24 pertemuan. 

Sebanyak delapan duel terjadi di Piala AFF, dengan Indonesia lima kali berjaya. Namun, ada catatan mengkhawatirkan di balik statistik tersebut. Indonesia gagal menaklukkan Filipina pada tiga pertandingan terakhir. 

3 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan di Piala AFF

27/08/1998: Indonesia 3-0 Filipina

06/11/2000: Indonesia 3-0 Filipina

23/12/2002: Indonesia 13-1 Filipina

16/12/2010: Filipina 0-1 Indonesia

19/12/2010: Indonesia 1-0 Filipina

25/11/2014: Filipina 4-0 Indonesia

22/11/2016: Indonesia 2-2 Filipina

25/11/2018: Indonesia 0-0 Filipina

4 dari 4 halaman

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan Filipina melawan Indonesia di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 yang disiarkan langsung di RCTI Plus, silakan klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat