uefau17.com

Promotor Pimpin Langsung Pengerjaan Sirkuit Samota untuk MXGP Sumbawa - Bola

, Jakarta Pengerjaan sirkuit Samota di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk kejuaraan dunia motocross MXGP Sumbawa dimulai hari ini, Senin 11/4/2022. Diperkirakan sirkuit ini akan terselesaikan dua Minggu sebelum balapan.

Pantauan langsung dari Samota, puluhan alat berat eskavator dikerahkan sejak Senin pagi pukul 8.00 Wita untuk merapikan area sirkuit dari pohon jagung seluas 20 hektar tersebut.

Alat berat tersebut beroperasi dari lokasi utama yang rencananya akan digunakan sebagai tempat penonton dan Paddock (garasi) para pembalap. Selanjutnya, alat berat akan membersihkan lahan yang akan digunakan sebagai track atau jalur Sirkuit.

Tak hanya itu, alat berat juga dikerahkan untuk pembuatan lokasi khusus untuk landasan Helikopter dan medical center.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan proses pemberesan lahan ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan diperkirakan semuanya akan berlangsung selama kurang lebih Dua Minggu.

"Paling ini (perapian lahan) akan selesai cepat, kurang lebih dua minggu. Tidak terlalu sulit karena ini cuma merapikan lahan aja," kata Bang Zul, sapaan akrab Gubernur, Senin (11/4/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipimpin Promotor

Sementara itu, CEO Sport Talenta Indonesia (STI) Happy Harinto memastikan seluruh proses pengerjaan sirkuit mulai dari Paddock, track, tribun, medical center dan helipad itu tergantung dari pihak Infront selaku promotor MXGP.

"Semuanya nanti tergantung dari Infront, mereka datang kesini untuk melihat proses ini. Setelah perapian kan akan kelihatan tuh bentuk lahan ini. Nah nanti mereka yang akan atur sesuai desain," kata Happy.

Proses pengerjaan ini disaksikan dan dipantau langsung langsung oleh Gubernur NTB, Wakil Bupati Sumbawa dan pihak pihak dari Sumbawa Enduro Gemilang (SEG) dan dua orang perwakilan INFRONT MOTO RACING yaitu Mr. Nikos Gounaries dan Mr. Grage selaku promotor MXGP.

 

 

3 dari 4 halaman

Takjub

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah mengatakan, kepastian penyelenggaran event tersebut ditetapkan setelah tim Infront selaku promotor MXGP berkunjung dan memantau untuk melakukan pengecekan secara langsung lokasi serta kontur tanah.

"Mereka sudah mengecek dan mereka memastikan bahwa pada 24-26 Juni 2022 mendatang Sirkuit Samota sangat layak untuk dijadikan sebagai sirkuit motor cross," ujar Zulkieflimansyah, Minggu (10/4/22).

Bahkan, kata Bang Zul, pihak Infront mengaku takjub dengan keunikan bukit- bukit dan keindahan sirkuit ini. Sirkuiit Samota berada di ketinggian dengan view (pemandangan) pantai seperti halnya sirkuit Mandalika.

Selain itu, banyaknya gundukan tanah atau bukit kecil dinilai cukup memacu adrenalin para riders dunia. Sehingga, kata bang Zul,sirkuit Samota merupakan sirkuit motor cross terindah.

 

4 dari 4 halaman

Keindahan Alam

"Bayangkan saja, para Riders nantinya akan balap dan lompat lompat, saat lompat para riders akan menikmati keindahan alam laut Badas," kata dia.

Untuk itu, tim Infront akan memulai pengerjaan sirkuit lebih awal. Pengerjaan mulai dilakukan 11 April 2022. Lokasi diperkirakan bisa rampung dalam waktu dua pekan.

"Perampungan tempatnya kemungkinan akan selesai dalam dua minggu. Setelah itu baru akan dibangun paddock para riders dan area penonton," kata Zulkieflimansyah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat