uefau17.com

Profil Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong - Bola

, Jakarta- Timnas Indonesia sukses melaju ke final Piala AFF 2020. Ini menjadi final pertama Indoensia sejak 2016. Keberhasilan ini tak lepas dari tangan dingin pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Indonesia melaju ke final dan akan melawan Thailand setelah mendepak tuan rumah Singapura di babak semifinal. Indonesia juga menjadi juara Grup B usai mengungguli juara bertahan Vietnam.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-16 Dilumat Australia, Prancis dan Portugal Tembus Perempat Final Euro 2024

Performa timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2020 menuai pujian. Skuat Garuda belum pernah menelan kekalahan. Indonesia hanya dua kali imbang 0-0 dengan Vietnam dan 1-1 saat melawan Singapura di leg pertama semifinal.

Kesuksesan Indonesia ke final pun mengejutkan pecinta sepak bola di Asia Tenggara. Pasalnya Indonesia datang ke Piala AFF 2020 dengan bermaterikan pemain muda. 80 persen diantaranya bahkan belum pernah merasakan main di Piala AFF.

Tangan dingin Shin Tae-yong mengubah segalanya. STY sukses menyulap timnas Indonesia menjadi tim yang tangguh dan atraktif. Indonesia siap jika harus main bertahan total atau ketika harus menyerang mati-matian.

Perjudian Shin Tae-yong dengan membawa banyak pemain muda juga terbukti efektif. Para pemain muda inilah yang jadi motor utama timnas Indonesia. Sebut saja nama-nama seperti Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ramai Rumakiek hingga Rizky Ridho.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejak 2019

Shin Tae-yong mulai menangani timnas Indonesia pada akhir 2019. Dia menggantikan posisi Simon McMenemy yang dipecat oleh PSSI akibat hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

PSSI menaruh harapan besar pada Shin Tae-yong untuk membangkitkan prestasi timnas Indonesia. Shin Tae-Yong dipilih usai mengalahkan Luis Milla.

Melatih timnas Indonesia menjadi tantangan terbesar dalam karier kepelatihan STY. Sebelumnya dia pernah sukses besar di Seongnam.

Pada musim pertama sebagai pelatih kepada, Shin Tae-Yong mampu membawa Seongnam menjadi juara Liga Champions Asia. Di final Liga Champions Asia, Seongnam berhasil menang 3-1 atas Zob Ahan.

3 dari 3 halaman

Timnas Korsel

Setahun kemudian, Shin Tae-Yong membawa Seongnam menjuarai Piala FA Korea. Sukses di Seongnam, Shin Tae-Yong ditarik Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sebagai pelatih caretaker pada tahun 2014. Shin Tae-Yong kemudian sempat membesut timnas Korea U-23 dan U-20.

Korsel kemudian mempercayakan Shin Tae-Yong memimpin tim yang berlaga di putaran final Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Ketika itu Korsel gagal lolos dari fase grup. Namun Son Heung-min dan kawan-kawan mencatatkan pencapaian membanggakan. Korsel mampu mengalahkan juara bertahan Jerman 2-0.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat