uefau17.com

Jalankan Perintah Erick Thohir, Kawasan Industri Krakatau Operasikan Kendaraan Listrik - Bisnis

 

, Jakarta PT Krakatau Sarana Properti (KSP) melakukan transformasi Eco Industrial Park (EIP), sebagai upaya peningkatan kinerja lingkungan, ekonomi dan sosial melalui kolaborasi mengelola isu lingkungan serta sumber daya alam.

Bukti nyata dalam mengimplementasikan hal tersebut khususnya di Kawasan Industri Krakatau, PT.KSP baru saja bekerjasama dengan PT Krakatau Jasa Industri untuk pemakaian mobil operasional mobil listrik atau Electrical Vehicle (EV).

"Kita berharap Kawasan Industri Krakatau Cilegon bisa menjadi salah satu Kawasan Industri percontohan di Tanah Air yang sangat ramah lingkungan.Dengan hadirnya mobil listrik yang akan digunakan untuk kendaraan operasional PT KSP, tentunya akan berdampak baik untuk lingkungan, seperti membuat suhu lingkungan lebih hijau dan mengurangi emisi karbon," kata Direktur Utama PT KSP Iip Arief Budiman dalam keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

"Sekaligus pengoperasian mobil listrik ini juga sebagai komitmen dan tanggung jawab dari setiap lini usaha yang berada dibawah naungan Krakatau Steel Group, umumnya untuk terus menjaga kelestarian Kawasan Industri yang ramah lingkungan atau Green Industrial Estate," lanjut dia.

Sebagai penunjang aktifitas kendaraan operasional di PT.KSP ada 4 unit kendaraan mobil listrik DFSK asal pabrikan otomotif Negeri China dengan 2 tipe yakni Gelora dan Seres.

Hadirnya mobil listrik ini juga disambut secara antusias oleh Direktur Operasi PT. Krakatau Sarana Properti, Gersang Tarigan. Katanya, PT.KSP juga menyiapkan fasilitas penunjangnya dan menurut Gersang Tarigan, mobil listrik ini juga sangat cocok dengan medan yang ada di Kawasan Industri Krakatau.

"Kami sudah menyiapkan SPKL (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik) yang lokasinya dekat Kawasan Industri Krakatau. Hadirnya mobil listrik selain irit dan ramah lingkungan juga cocok untuk mobilitas di Kawasan Industri Krakatau. Era transformasi memang terus berkembang kedepan sesuai dengan perkembangan jaman. Namun kami tentunya tetap akan mengevaluasi dalam 3 bulan kedepan, khususnya terhadap optimalisasi pemakaian mobil listrik ini di lingkup PT KSP," ucap Gersang Tarigan.

Penggunaan mobil listrik di Indonesia juga mendapat dukungan dari pemerintah. Belum lama ini, Menteri BUMN Erick Thohir juga telah menginstruksikan para pejabat dilingkungan BUMN untuk wajib menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan mereka. Selain tentunya ramah lingkungan, penggunaan mobil listrik memberikan penghematan yang signifikan jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Krakatau Steel Group Punya Jurus Jitu Kembangkan Bisnis di Tengah Kondisi Global Tak Menentu

Kondisi global yang tak menentu membuat pelaku industri harus memutar otak untuk bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini juga dilakukan oleh PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan bagian dari PT Krakatau Steel Group.

"Seperti yang kita ketahui bersama efek secara global dunia saat ini sedikit akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis kedepan, tapi saya yakin dengan semangat persaudaraan kita bisa melewati bersama," ujar Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (KSP) Iip Arief Budiman dalam acara Halal bihalal bertema Raih kebersamaan untuk mencapai kesuksesan di hari penuh kemenangan dikutip Minggu (21/4/2024).

Iip Arief Budiman menyampaikan pesan betapa pentingnya memupuk semangat Ukhuwah Islamiyah dan saling bekerjasama diantara keluarga besar lingkungan kerja PT KSP bersama Subholding PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

"Puji syukur Alhamdulillah dalam kesempatan yang baik ini kita bisa berkumpul bersama lagi setelah merasakan nikmatnya 1 bulan penuh merasakan bulan puasa kemarin. Untuk itu saya mengingatkan kepada keluarga besar KSP dan KSI untuk memupuk semangat Ukhuwah dan kita harus bisa mengimplementasikan dalam lingkungan kerja dalam semangat kebersamaan untuk tujuan bersama. Mudah-mudahan dengan semangat Ukhuwah ini semangat kerja dan produktivitas dilingkungan kita semakin meningkat dan lebih baik lagi," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Kembangkan Potensi Bisnis

Sementara itu Direktur Utama PT KSI Alugoro Mulyowahyudi turut menambahkan, agar setiap karyawan dilingkungan PT KSP dan PT KSI yang dulu merupakan bagian dari Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) harus memiliki jiwa kreativitas dalam mengembangkan potensi bisnisnya masing-masing di Kawasan Industri Krakatau dan terus menjaga semangat kekeluargaan walau KSP dan KSI kini mempunyai porsi bisnis yang berbeda.

"Pertama-tama kami manajemen KSI dan KSP mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada seluruh karyawan. Sebulan lamanya kita sudah melewati bulan puasa semoga tahun depan kita InsyaAllah bisa dipertemukan lagi di acara halal bihalal seperti ini. Saya percaya bekerja itu adalah bagian dari ibadah. Jadi mari kita terus semangat bekerja dengan sebaik-baiknya  dengan kejujuran dan ketulusan," ungkap Direktur PT Krakatau Sarana Infrastruktur Alugoro Mulyowahyudi.

"Yang terpenting juga kita harus memiliki kreatifitas yang tidak boleh terbatas. Walau kondisi bisnis saat ini memang agak berat, namun saya percaya dengan dukungan dari berbagai group di Krakatau Steel, kita akan bisa survive menghadapi segala tantangan ini. Bisnis pergudangan di Kawasan Krakatau dan juga penyewaan lahan, hotel, restoran, lapangan golf dan sport center saat ini semakin berkembang dan bagus. Namun sekali lagi kita perlu untuk terus berkreativitas mengembangkan potensi bisnis yang ada lingkup di PT.KSP dan PT KSI," beber dia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat