uefau17.com

Mendag: Negara Maju Keberatan Freeport Bangun Smelter di Gresik - Bisnis

, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, negara maju menentang langkah Indonesia untuk meminta Freeport membangun smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur. Negara maju tak mau langkah hilirisasi yang dijalankan pemerintah saat ini akan membuat ekonomi Indonesia menjadi kuat. 

“Oleh karena itu, luar negeri, negara maju keberatan. Wong kita mau maju kok mereka yang keberatan. Bayangkan seperti Freeport itu sudah berapa tahun sejak Indonesia merdeka, begitu-begitu saja,” kata Zulkifli Hasan Saat Membuka Kegiatan Festival Kemerdekaan 2023 di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023).

 Zulkifli Hasan melanjutkan, tentangan negara maju tersebut tak digubris oleh pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap meminta dan mengambil langkah tegas meminta Freeport membangun smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur.

“Pak Jokowi jadi paksa sekarang bikin pabrik, harus hilirisasi di sini. Itu kan memberi nilai tambah yang luar biasa,” sebutnya.

Pemerintah ingin hasil dari sumber daya alam Indonesia harus bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan tidak dibawa ke luar negeri. “Kita mengalami begitu lama, mengeksploitasi alam tapi tidak memberi manfaat yang besar kepada rakyat,” jelas dia.

Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengungkapkan, di bawah kepemimpinan Jokowi, hilirisasi nikel atau bauksit kini ribuan kali lebih bermanfaat jika dibandingkan saat dulu Indonesia mengekspor bahan mentah.

 

“Kalau dulu USD 1 dapatnya, sekarang USD 1.000. Bayangin,” tandas dia.

Secara khusus, Presiden Jokowi mengatakan proyek pembangunan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur sudah mencapai 72 persen hingga Juni 2023.

Sementara itu, Jokowi menargetkan proyek yang akan memproduksi konsentrat hingga 1,7 juta ton per tahun itu paling lambat selesai pada Mei 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi: Smelter Tembaga Freeport Pijakan Indonesia Jadi Negara Maju

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Gresik turut meninjau perkembangan pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI). Itu direncanakan menjadi smelter tembaga desain single line terbesar di dunia.

Jokowi menyampaikan apresiasinya atas realisasi kemajuan pembangunan smelter yang akan mencapai 72 persen, dan ditargetkan dapat selesai sebelum Mei 2024.

Menurut Jokowi, hasil produksi dari smelter tersebut harus diintegrasikan dengan hasil komoditas tambang lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kemudian diolah menjadi produk akhir bernilai tambah seperti kendaraan listrik dan baterainya.

"Jadi, ke depan kita memiliki daya saing di situ. Competitiveness kita ada di situ. Smelter ini pijakan fondasi untuk kita menjadi negara maju karena dari yang bertumpu kepada konsumsi, bertumpu sekarang kepada produksi," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (21/6/2023).

 

3 dari 4 halaman

Jadi Negara Maju

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menambahkan, hilirisasi merupakan kunci agar Indonesia dapat berubah dari negara berkembang menjadi negara maju. Salah satunya melalui hilirisasi sumber daya mineral, yaitu tembaga yang diolah di smelter PT Freeport Indonesia.

Lebih lanjut, nilai investasi PTFI untuk proyek ini telah menyentuh USD 2,2 miliar atau setara Rp 33 triliun per Mei 2023. Dari total investasi USD 3 miliar atau sekitar Rp 45 triliun, dan telah menyerap 15.000 tenaga kerja Indonesia.

"Melalui proyek smelter ini, kita lakukan hilirisasi untuk penciptaan nilai tambah. Kita ingin Indonesia yang tidak hanya dikenal karena sumber daya alamnya saja, tapi karena produknya," kata Bahlil.

"Sudah terbukti, hilirisasi sumber daya mampu meningkatkan pendapatan negara. Nikel contohnya, naik dari USD 3,3 miliar menjadi USD 30 miliar setelah kita stop ekspor nikel dan lakukan hilirisasi," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Hilirisasi Pertambangan

Sementara Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengungkapkan, proyek smelter ini merupakan kontribusi PTFI dalam hilirisasi pertambangan. Sesuai dengan fokus pemerintah Indonesia yang mendorong transformasi ekonomi melalui hilirisasi.

Apalagi, Tony menyampaikan, Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah untuk menyuplai konsentrat ke Gresik untuk dimurnikan menjadi katoda tembaga, emas batangan dan perak batangan. Setelah beroperasi nanti, smelter ini akan mampu menghasilkan 600.000 ton tembaga, 50 ton emas, dan 210 ton perak per tahun.

"Tembaga ini digunakan untuk banyak sekali keperluan tapi paling utama untuk penghantar listrik, termasuk untuk kendaraan listrik. Tembaga ke depannya sangat menjanjikan, beruntung sekali Indonesia menjadi salah satu pemain utama tembaga," ungkap Tony.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat