uefau17.com

4 Tips Aman Transaksi Online Agar Terhindar dari Kejahatan Siber - Bisnis

, Jakarta Di era keuangan serba digital seperti saat ini, kemudahan semakin dirasakan oleh masyarakat. Namun, di dunia serba digital, akan memunculkan tantangan baru yang harus dihadapi dengan cermat. Salah satunya adalah kejahatan siber di dunia keuangan digital.

Ada begitu banyak jenis-jenis dari kejahatan siber di dunia keuangan digital. Mulai dari card skimming, social engineering, pharming, phishing, carding, hingga SIM swap. Berbagai kejahatan siber di dunia keuangan digital tersebut tak jarang hadir ketika Anda sedang melakukan sebuah transaksi secara online.

Nah untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa upaya preventif agar terhindar dari kerugian. Apa saja? Simak 4 tipsnya berikut ini!

1. Tidak Sembarang Bagikan Data Pribadi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidak menyebarkan data pribadi ke sembarang orang. Data pribadi merupakan jalan pembuka dari kejahatan siber yang bisa menimpa Anda. Di era yang serba digital, data pribadi merupakan nyawa dari seseorang. Untuk itu, Anda perlu merahasiakannya dengan baik dan benar.

2. Tidak Asal Klik Tautan Asing

Kedua, Anda tidak boleh asal meng-klik tautan asing yang diterima, entah dari teman atau keluarga Anda. kejahatan siber, utamanya phishing bermula dari tautan asing yang dibagikan ke nomor Anda. Untuk itu, selektiflah dalam meng-klik sebuah tautan.

3. Terapkan Autentikasi Dua Langkah

Langkah ketiga ini merupakan salah satu langkah yang paling jitu untuk menghindarkan Anda dari kejahatan siber yang merajalela. Autentikasi dua langkah adalah metode untuk mengamankan akun yang tidak hanya mengharuskan Anda untuk mengetahui sesuatu (kata sandi) untuk login tetapi juga memiliki sesuatu (perangkat seluler atau kunci fisik). 

Manfaat dari pendekatan keamanan tersebut adalah meskipun seseorang memecahkan kata sandi Anda, mereka memerlukan barang yang Anda miliki untuk login ke akun Anda.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Salah satu metode pembayaran yang bisa Anda pilih saat bertransaksi online adalah DANA. Pasalnya, DANA memiliki sistem keamanan yang berlapis dan dinamis bernama DANA Protection yang bisa membuat Anda Bebas Cemas saat melakukan transaksi online.

Seperti contohnya, di setiap transaksi Anda akan diminta untuk memasukkan PIN DANA, Kode OTP, atau pun DANA Viz (Verifikasi Wajah di DANA). Dengan begini, pastinya DANA bisa menjaga transaksi Anda dengan aman.

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan pun, DANA selalu siap membantu kapan pun dibutuhkan lewat DANA Customer Care ataupun DIANA, digital asistent Anda di DANA yang bisa dihubungi lewat fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA.

Yang lebih bikin tenang lagi, DANA juga memberikan Garansi 100 persen Uang Kembali sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di DANA.

So, tunggu apa lagi? Saatnya unduh dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga, ya!

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat