uefau17.com

Ekspor Minyak Rusia Kembali ke Level Sebelum Perang - Bisnis

, Jakarta Ekspor minyak Rusia telah bangkit kembali ke tingkat yang terakhir terlihat sebelum perang di Ukraina, meskipun dihantui serangkaian sanksi dari Barat.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Energi Internasional (IEA) dalam laporan minyak bulanan terbarunya.

Melansir CNN Business, Selasa (18/4/2023) IEA mengungkapkan dalam laporannya bahwa, ekspor minyak mentah dan produk minyak Rusia naik pada bulan Maret ke level tertinggi sejak April 2020, melonjak 600.000 barel per hari.

Kenaikan tersebut mengangkat perkiraan pendapatan Rusia dari ekspor minyak menjadi USD 12,7 miliar bulan lalu.

Namun, pendapatan Rusia dari minyak masih turun 43 persen dari tahun lalu, karena terpaksa menjual barelnya ke pembeli yang lebih terbatas yang dapat menegosiasikan diskon lebih besar.

Seperti diketahui, negara-negara Barat telah memberlakukan serangkaian sanksi terhadap sektor energi Rusia sejak perang di Ukraina pecah pada Februari 2022 lalu.

Salah satu sanksi yang berdampak paling signifikan adalah larangan impor minyak mentah lintas laut Rusia ke Uni Eropa dan larangan produk minyak sulingan seperti solar ke dalam blok tersebut.

Tetapi Rusia, pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia, telah menemukan pembeli dari China dan India untuk menggantikan pelanggan Eropa.

Namun pekan lalu, pemerintah mengatakan penurunan pendapatan energi telah menyebabkan defisit anggaran sebesar 2,4 triliun rubel (USD 29 miliar) dalam tiga bulan pertama tahun ini. Pendapatan keseluruhannya turun hampir 21 persen persen ibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

IEA mencatat, Rusia bergantung pada sektor minyak dan gas (migas) untuk membiayai sekitar 45 persen dari anggarannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

OPEC Pangkas Produksi Lagi, Permintaan Minyak Dunia Dikhawatirkan Lampaui Ketersediaan

IEA juga mengatakan pemotongan produksi minyak mentah OPEC+, berisiko "memperparah" kekurangan minyak yang diperkirakan akan terjadi pada paruh kedua tahun 2023.

IEA mengatakan pemangkasan minyak dari negara anggota OPEC+ kemungkinan akan mengurangi pasokan minyak global sebesar 400.000 barel per hari dari bulan Maret hingga Desember tahun ini, karena produsen lain sebagian mengkompensasi tindakan kelompok tersebut.

Secara keseluruhan, permintaan minyak dunia tahun ini diperkirakan akan meningkat sebesar 2 juta barel per hari hingga mencapai rekor hampir 102 juta barel per hari sementara pasokan hanya akan meningkat sebesar 1,2 juta.

Seperti diketahui, OPEC+ secara tak terduga mengumumkan pada 2 April bahwa mereka akan memangkas produksi minyak mentah sebesar 1,66 juta barel per hari.

Pemangkasan tersebut akan dimulai pada Mei dan berlangsung hingga akhir tahun, menurut seorang pejabat di kementerian energi Arab Saudi.

Ini menandai tambahan dari pengurangan 2 juta barel per hari yang diumumkan OPEC pada Oktober 2022.

"Pemotongan berisiko eningkatkan harga minyak pada saat ketidakpastian ekonomi meningkat, meskipun aktivitas industri melambat di ekonomi terbesar dunia dan meningkatkan produksi minyak di negara-negara di luar OPEC+", kata IEA.

Minyak mentah Brent, yang merupakan patokan global, terakhir diperdagangkan pada USD 87 per barel, naik hampir 8,6 persen sejak OPEC+ mengumumkan pengurangan produksi.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Berada di Jalur Kenaikan 4 Minggu Beruntun

Harga minyak naik pada hari Jumat dan mengamankan kenaikan keempat minggu berturut-turut. Naikknya harga minyak dunia ini setelah pengawas energi Barat mengatakan permintaan global akan mencapai rekor tertinggi tahun ini di belakang pemulihan konsumsi China.

Badan Energi Internasional (IEA) juga memperingatkan bahwa pengurangan produksi yang diumumkan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain yang dipimpin oleh Rusia - sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ - dapat memperburuk defisit pasokan minyak dan merugikan konsumen.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (15/4/2023), harga minyak mentah Brent berjangka menetap di USD 86,31 per barel, naik 22 sen, atau 0,3 persen. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) menetap di USD 82,52 per barel, naik 36 sen, atau 0,4 persen.

Kedua kontrak membukukan kenaikan empat minggu berturut-turut di tengah meredanya kekhawatiran atas krisis perbankan yang melanda bulan lalu dan keputusan mengejutkan minggu lalu oleh OPEC + untuk memangkas produksi lebih lanjut.

Brent diatur untuk membukukan kenaikan mingguan 1,5 persen, sementara WTI naik 2,4 persen pada minggu ini. Kenaikan empat minggu akan menjadi rekor terpanjang sejak Juni 2022.

Dalam laporan bulanannya pada hari Jumat, IEA mengatakan permintaan minyak dunia akan tumbuh sebesar 2 juta barel per hari (bpd) pada tahun 2023 ke rekor 101,9 juta bpd, sebagian besar didorong oleh konsumsi yang lebih kuat di China setelah pencabutan pembatasan COVID di sana.

Permintaan bahan bakar jet menyumbang 57 persen dari kenaikan 2023, katanya.

4 dari 4 halaman

Dolar AS

Indeks dolar AS diperdagangkan pada level terendah satu tahun, setelah rilis data harga konsumen dan produsen AS meningkatkan ekspektasi bahwa Fed mendekati akhir siklus kenaikan suku bunga.

Namun, greenback naik tipis pada hari Jumat, membuat minyak berdenominasi dolar lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain dan membatasi pertumbuhan harga minyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat