uefau17.com

Kemenhub Nonaktifkan Muhammad Rizky Alamsyah Usai Viral Istri Pamer Hidup Mewah - Bisnis

, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk memberhentikan sementara Muhammad Rizky Alamsyah. Beliau merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub yang kedapatan viral sering pamer gaya hidup mewah dari unggahan sang istri.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihak instansi pada Minggu (26/3/2023) malam telah meminta keterangan awal terhadap Muhammad Rizky Alamsyah dan istrinya, terkait unggahan gaya hidup mewah oleh istri yang bersangkutan.

"Saudara Muhammad Rizky Alamsyah saat ini telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya, untuk memudahkan dilakukan pemeriksaan lanjutan," ujar Adita dalam pesan tertulis kepada , Senin (27/3/2023).

Selanjutnya, juga akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim internal yang terdiri dari unsur atasan, unsur pengawasan dan unsur kepegawaian terhadap Rizky.

Prosedur tersebut mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Jika memang terbukti adanya pelanggaran disiplin tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Adita.

Lebih lanjut, Adita menyampaikan, Kemenhub memohon maaf atas kekisruhan yang terjadi akibat ulah pejabat internalnya. Pihak instansi pun berkomitmen mengedepankan pola hidup yang sesuai etika kepada para pegawainya.

"Kementerian Perhubungan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat permasalahan ini. Kami terus berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana," pungkas Adita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenhub Panggil Pejabat Ditjen Perhubungan Laut dan Istri yang Viral Pamer Hidup Mewah di Medsos

Sebelumnya, jagad media sosial kembali dihebohkan oleh pejabat pemerintahan yang doyan pamer harta. Kali ini, viral seorang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Muhammad Rizky Alamsyah dan sang istri yang dinilai netizen suka memamerkan kemewahan.

Rizky, khususnya sang istri kerap mengunggah foto travelling keliling dunia, juga pamer barang dari brand-brand mewah seperti Christian Dior hingga BMW. Padahal, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atas nama sang suami tergolong kecil, yakni Rp 1,4 miliar saja.

Temuan itu dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati. Ia pun membenarkan unggahan viral yang beredar dilakukan oleh sang istri.

"Terkait dengan unggahan gaya hidup mewah yang disinyalir dilakukan oleh istri pegawai Kemenhub, kami konfirmasi bahwa yang bersangkutan memang istri pegawai Kemenhub. Pegawai tersebut bernama Muhammad Rizky Alamsyah," ujar Adita kepada , Minggu (26/3/2023).

Lebih lanjut, Adita mengabarkan, Kemenhub juga akan memanggil langsung Rizky dan sang istri atas tindak viralnya.

"Saat ini kami tengah memanggil pegawai yang bersangkutan bersama istri untuk dimintai keterangan terkait dengan unggahan tersebut," imbuh dia.

Di sisi lain, Adita mengatakan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah berkali-kali menekankan kepada seluruh pegawainya untuk selalu menjaga integritas, berperilaku hidup sederhana, dan tidak memamerkan gaya hidup mewah dalam bentuk apapun, termasuk di media sosial.

"Jika ada pegawai yang terbukti tidak mematuhi hal tersebut tentu akan diambil tindakan sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Adita.

3 dari 3 halaman

Istri Pejabat Setneg Hobi Pamer Kekayaan, Suami Dinonaktifkan

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menonaktifkan sementara Esha Rahmansah Abrar sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Kendaraan Biro Umum. Hal ini akibat sang istri pamer kekayaan di media sosial.

"Sebagai tindak lanjutnya, saudara Esha telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya, untuk memudahkan melakukan verifikasi terkait kebenaran informasi yang berkembang," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/3/2023).

Foto-foto istri Esha Rahmansah Abrar pamer kekayaan viral di media sosial. Beberapa foto diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed. Terbaru, pemilik akun mengunggah sebuah nota pembelian pemesanan mobil dengan harga Rp407.900.000. Tertulis pada nota, pembeli atas nama Olivia.

Ada pula foto yang menampilkan diduga istri Esha Rahmansah Abrar sedang berpose di sebuah mobil BMW berkelir pink.

Terkait hal ini, Eddy Cahyono juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

"Kemensetneg memohon maaf kepada masyarakat atas kegaduhan yang telah menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat," ujar Eddy.

Pihaknya akan menerjunkan tim internal untuk mengecek kebenaran informasi yang telah viral di media sosial tesebut.

"Kami telah bentuk tim verifikasi internal untuk menyelidiki harta kekayaan saudara Esha Rahmansah Abrar dan aparatur sipil negara di lingkungan Sekretariat Negara," kata Eddy.

Eddy menerangkan, pihaknya akan berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta lembaga lain guna mendapatkan fakta dan data yang komprehensif sebagai dasar menindakanjuti ketidakwajaran perolehan harta pejabat yang bersangkutan.

"Hasilnya akan kami umumkan kepada publik sebagai komitmen Kemensetneg untuk mendukung pemberantasan KKN dan praktik-praktik yang bertentangan dengan hukum," ujar Eddy. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat