uefau17.com

Lewat F1 Powerboat Danau Toba, Kopi Sidikalang Mendunia - Bisnis

, Jakarta - Ajang olah raga tingkat internasional F1 Powerboat Danau Toba 2023 menjadi katalis yang mendorong perekonomian. Sektor pariwisata Danau Toba dan Sumatra Utara akan terdongkrak berkat gelaran yang sudah dipersiapkan sejak tahun lalu ini.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong menjelaskan, dengan adanya gelaran F1 Powerboat, ada sekitar 1,3 juta perjalanan menuju Danau Toba dengan prediksi perputaran uang sebesar Rp 300 miliar sepanjang 2023.

“Ini yang secara langsung berputar. Belum yang tidak langsung. Ini efeknya akan bertahan hingga setahun ke depan. Karena itu kita juga libatkan pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah -red) di sekitar Kota Balige. Event ini akan disiarkan ke berbagai penjuru dunia, tentu akan mengangkat Toba dan Indonesia,” ujar Usman dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (25/2/2023).

Pada kesempatan tersebut, Usman juga turut memperkenalkan potensi lain yang dimiliki Sumatra Utara, yang bisa dikerek naik lebih mendunia, yaitu Kopi Sidikalang.

Buruan Penikmat Kopi

Daerah Sidikalang, Sumatra Utara adalah penghasil biji kopi robusta yang dianggap terbaik. Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur, menjadikan kopi daerah tersebut sebagai salah satu kopi terbaik di tanah air.

“Kopi Sidikalang ini sering saya nikmati. Kopi ini bisa menjadi andalan untuk dipasarkan, tidak hanya di daerah Sumatra Utara tapi bisa keluar bahkan menjadi komoditas ekspor andalan. Di festival-festival kopi nusantara, Kopi Sidikalang jadi salah satu buruan penikmat kopi,” kata Usman.

Untuk itu, Usman berharap pemerintah daerah setempat bisa mengembangkan dan membudidayakan lebih baik lagi.

"Imbasnya bukan hanya akan mengangkat kopi ini menjadi komoditas level dunia, namun yang lebih penting lagi bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan

Bagian dari promosi, lanjut Usman, bisa memanfaatkan ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023. Beberapa pembalap diungkapkannya telah merasakan nikmatnya Kopi Sidikalang.

“Upaya ini tidak berhenti saat event saja, tapi bagaimana pemerintah daerah akan memanfaatkan event-event lain bertaraf internasional untuk memperkenalkan potensi daerah,” ujar Usman

“Promosi itu tidak boleh berhenti. Meskipun penjualan atau apapun sudah bagus, tetap harus berjalan. Dan ini jadi tanggung jawab pemerintah daerah masing-masing,” lanjutnya.

Upaya ini semakin baik karena sejumlah pembangunan di daerah Toba telah diselesaikan, seperti penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, dan pembangunan toilet KSPN Danau Toba.

 

3 dari 3 halaman

Meningkatkan Citra

Sebagai tuan rumah ajang balap F1 Powerboat, kata Usman, akan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Sumatra Utara meningkatkan citra dan daya tarik pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas di dunia internasional.

"Semoga event internasional seperti F1 Powerboat, menjadi momen kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata di daerah sekitar Danau Toba,” ujar Usman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat