uefau17.com

Waskita Beton Precast Dukung Pembangunan Infrastruktur KEK Tanjung Lesung - Bisnis

, Jakarta Tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur jalan tol, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) turut mendukung pemulihan ekonomi nasional pada sektor pariwisata, salah satunya pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

KEK Tanjung Lesung sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang mampu menarik investasi tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga Kawasan ini perlu dilengkapi dengan fasilitas khusus dan tentunya sarana yang dapat menarik pengunjung untuk datang.

Sugiharto, Director of Operations PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menyatakan WSBP memiliki track record yang baik dalam menyuplai produk precast dengan kualitas terbaik ke berbagai proyek infrastruktur di Indonesia hingga beberapa proyek yang telah disuplai di luar negeri.

“Tentunya dengan adanya pengalaman ini, WSBP juga siap untuk membangun infrastruktur di kawasan wisata,” tambah Sugiharto, Jumat (23/12/2022).

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, WSBP tengah menyuplai produk tetrapod (spesifikasi K350; dimensi 1,2 m) yang berfungsi sebagai pengaman pantai di KEK Tanjung Lesung.

Tetrapod berfungsi sebagai pengaman pantai untuk melindungi pantai bagian darat langsung di belakang konstruksi terhadap erosi akibat gelombang dan arus dan sebagai penahan tanah di belakang konstruksi.

“Kami mulai produksi dan suplai produk beton precast tetrapod untuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Paket 1 ini sejak awal Desember 2022 sebanyak 2.051 tetrapod yang diproduksi dan disuplai langsung oleh Plant Bojonegara,” ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah 78 Persen

Hingga saat ini progress suplai telah mencapai 78 persen. Adapun pengiriman dilakukan sejak Desember 2022 dengan menggunakan truk tronton via jalur darat.

“Pengiriman produk ke lokasi proyek menghabiskan waktu sekitar 20 hari sehingga sampai di proyek Tanjung Lesung pada akhir Desember 2022,” ujarnya.

Dalam setiap proses produksi produk precast, WSBP selalu mengedepankan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta proses quality control yang baik, sehingga perusahaan memastikan bahwa produk yang disuplai ke proyek no defect.

Harapannya dengan adanya pengaman pantai ini, dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung wisata di KEK Tanjung Lesung sehingga tingkat kunjungan meningkat hingga akhirnya berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan.

3 dari 3 halaman

Wapres Ingin KEK Tanjung Lesung Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mendukung Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Tanjung Lesung Banten menjadi wisata internasional.

Untuk mewujudkan hal itu, Ma'ruf Amin akan melakukan inisiasi pembicaraan kepada Gubernur Banten dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT Pelabuhan Indonesia menghadirkan infrastruktur marina.

Sebab, menurut Ma'ruf Amin, agar KEK Tanjung Lesung bisa menjadi destinasi wisata skala internasional, perlu diiringi hadirnya infrastruktur memadai, termasuk salah satunya marina. 

“Marina itu harus menjadi satu kesatuan perencanaan di dalam rangka percepatan pembangunan Banten,” ungkapnya, di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta Pusat, dikutip Senin (19/12/2022).

Menanggapi hal itu, Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama Tanjung Lesung, mengatakan, "Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas dukungan dan rencananya agar KEK Tanjung Lesung bisa menjadi destinasi wisata internasional."

Poernomo berharap upaya yang akan dilakukan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bisa berjalan lancar. Karena begitu marina bisa terwujud, hal itu akan menjadi daya tarik besar yang membuat wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan.

Di mana KEK Tanjung Lesung jadi bisa diakses oleh kapal-kapal wisata sebagai moda transportasi alternatif bagi wisatawan mancanegara. Dampaknya, akan meningkatkan pariwisata dan pendapatan pemerintah daerah serta perekonomian masyarakat sekitar kawasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat