uefau17.com

Kisah Duo Pendiri Start Up Fantacy Sport India, dari Rugi Hingga Kini Bernilai Miliaran Dolar - Bisnis

, Jakarta Kehilangan jutaan dolar saat mulai berbisnis berusia 24 tahun menjadi momen yang begitu menyedihkan bagi pendiri start up olahraga asal India Harsh Jain dan Bhavit Sheth. Namun, berkat kerja keras dan tidak pernah putus asa, keduanya kini mampu mengumpulkan pendapatan hingga miliaran dolar.

Rasanya sangat mengerikan, kata Jain. “Tidak ada cara lain untuk menjelaskannya,” cerita dia seperti melanir CNBC, Jumat (23/12/2022).

“Setiap pendiri, ketika Anda memulai sesuatu, Anda benar-benar percaya bahwa ini akan meledak, Anda akan mengubah dunia dan dunia kami hancur dan terbakar,” tambahnya.

Namun, duo asal India ini juga tahu segalanya tentang bangkit kembali dari kegagalan.

Lebih dari satu dekade setelah diluncurkan, perusahaan mereka Dream Sports mengungkapkan bahwa sekarang sudah bernilai USD 8 miliar dolar atau sekitar Rp 124,8 triliun dengan 160 juta pengguna untuk boot.

Dream Sports adalah perusahaan teknologi olahraga dari India yang memiliki Dream11, platform game fantasi terbesar di negara tersebut.

Olahraga fantasi adalah game online yang pesertanya dapat membuat tim proxy virtual yang melacak pemain olahraga sungguhan. Peserta permainan kemudian mendapatkan poin dan memenangkan hadiah uang tunai berdasarkan penampilan dunia nyata dari para pemain ini.

“Setiap orang yang menggemari olahraga memiliki pendapat tentang bagaimana olahraga harus dimainkan, atau pemain apa yang harus dipilih, apakah strategi permainan itu benar atau salah,” kata Sheth.

“Apa yang coba dilakukan oleh olahraga fantasi adalah memasukkan pendapat itu ke dalam format yang lebih terstruktur.”

Jain menambahkan, “Saya terus membandingkan olahraga fantasi dengan popcorn untuk film Anda. Anda memiliki popcorn karena itu membuat film Anda lebih baik. Olahraga fantasi melakukan itu untuk olahraga. Ini memperdalam keterlibatan Anda dan menjadikan acara olahraga itu 100 kali lebih menarik.”

Dari pengalaman itulah, kedua pria yang kini berusia 36 tahun ini akhirnya membeberkan rahasia bisnis yang awalnya sempat merugi hingga akhirnya bernilai miliaran dolar. Kisah ini tentunya akan menjadi pelajaran khususnya bagi para pebisnis muda yang ingin memulai usaha atau saat ini sudah mulai berjalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mulai Usaha

Jain pertama kali mengenal olahraga fantasi saat dia belajar di Inggris pada tahun 2001, khususnya Liga Utama Fantasi.

“Saya mengetahui tentang hal yang disebut sepak bola fantasi ini … dan membuat semua teman saya di rumah juga menyukainya. Bhavit adalah salah satunya,” katanya.

Ketika Jain kembali ke rumah pada tahun 2007, dia mulai mencari platform kriket fantasi - mengingat popularitas kriket di India - tetapi pencarian itu tidak membuahkan hasil. Dia memutuskan untuk mengambil masalah ke tangannya sendiri.

Dia mengatakan, “Saya memberi tahu teman-teman saya bahwa kita harus menyelesaikan masalah ini… ada satu miliar penggemar kriket India, dan mereka tidak memiliki kriket fantasi.”

Kemudian Jain bermitra dengan teman masa kecilnya Sheth untuk meluncurkan Dream11 pada tahun 2008. Saat ini bisnisnya menyediakan kriket fantasi yang dimainkan secara gratis, dengan mengandalkan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, juga memungkinkan pemain untuk membuat satu tim fantasi untuk seluruh musim.

Mereka menerima “beberapa juta dolar” dari keluarga dan teman sebagai modal awal, tetapi setelah dua tahun, mereka mendapati diri mereka kekurangan uang.

Akan tetapi, kata Sheth, “Pendapatan iklan tidak masuk karena ... produk [s] di India tidak memahami olahraga fantasi. Mereka perlu dididik.”

“Pada saat itu, kami bertanya-tanya, apa yang harus kami lakukan sekarang? Kami tahu bahwa olahraga fantasi sebagai model harus berhasil… harus ada beberapa format yang harus berhasil di India, kami hanya tidak tahu apa itu,” sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Dari Iklan Hingga ‘Freemium’

Jain dan Sheth memutuskan untuk memulai agensi digital bernama Red Digital, di mana mereka dapat “menghasilkan uang”.

“Itu adalah periode yang menantang, untuk mendapatkan sesuatu untuk membantu kami bertahan dari krisis di mana kami tidak memiliki dana,” kata Sheth.

Menurutnya, Red Digital akhirnya menjadi salah satu agensi digital terbesar di India — yang pada akhirnya membantu mendorong pertumbuhan Dream11.

Dalam prosesnya, para pendiri memutuskan untuk memutar platform game fantasi dari bergantung pada iklan menjadi apa yang disebut model “freemium”.

“Di sisi monetisasi, yang kami lakukan adalah kontes bawaan di mana Anda harus membayar untuk masuk dan kami membuat kumpulan hadiah,” jelas Sheth.

“Jika Anda menang, Anda memenangkan hadiah uang. Pada dasarnya, setiap kali seseorang bergabung dalam kontes, kami menyimpan persentase tertentu dari jumlah entri yang dibayar pengguna.”

Dream Sports mengatakan harga tiket rata-rata adalah 40 rupee atau setengah dolar, dan pemain papan atas dapat memenangkan hingga hampir USD 250.000.

Mereka juga mengubah Dream11 dari format per musim menjadi per pertandingan, yang membantu menurunkan tingkat komitmen pengguna dari beberapa bulan menjadi satu hari, kata Sheth.

Jain menambahkan, “Begitulah cara kami menskalakan sejauh ini, kami tidak memiliki iklan apa pun di Dream11, kami belum memilikinya ... sejak kami beralih ke model ini.”

 

4 dari 5 halaman

Strategi yang Membuahkan Hasil

Pada tahun 2013, ketika Dream11 mulai mendapatkan retensi yang kuat, Jain dan Sheth memutuskan untuk menjual agensi digital mereka, Red Digital, sehingga mereka dapat fokus membangun Dream11.

“Jika kita harus menggandakan satu bisnis, mana yang kita pilih? Kami berdua menikmati membuat produk - kami adalah orang-orang produk dan kami tidak terlalu suka melakukan bisnis servis,” kata Sheth.

“Itu lebih karena kebutuhan.”

Agensi digital dijual seharga USD 800.000, yang dipompa kembali oleh pasangan itu ke platform olahraga fantasi mereka.

Selama tujuh tahun berikutnya, Jain dan Sheth mulai melihat hasil kerja mereka.

Pada 2019, startup yang berbasis di Mumbai ini akhirnya bergabung dengan jajaran klub unicorn India — perusahaan teknologi olahraga pertama yang melakukannya.

Menurut situs pelacakan berita Entrackr, Dream Sports sekarang menjadi salah satu unicorn langka di India yang menghasilkan keuntungan. Nyatanya, Jain dan Sheth mengatakan perusahaan mereka telah menghijau sejak 2020.

“Kebanyakan pengusaha lupa bahwa pendanaan tidak bisa diterima begitu saja. Setiap putaran pendanaan yang pernah kami miliki, selalu membuat kami memproyeksikan landasan pacu 12 hingga 18 bulan, dan kemudian beralih ke titik impas dan profitabilitas,” kata Jain.

“Jika ekonomi unit Anda tidak mengarah ke sana, maka penilaian Anda salah, atau jumlah uang yang Anda hasilkan salah, fundamental bisnis Anda salah,” tambah dia.

Itu adalah sesuatu yang mereka pelajari dari kehilangan sejumlah besar uang di masa-masa awal perusahaan mereka, tambah Jain.

Dia berkata, “Sayangnya, itu adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari, yang perlu dipelajari oleh banyak pendiri — uang itu tidak gratis.”

Penglihatan yang sangat tajam ini telah mendorong pertumbuhan Dream Sports. Investor Dream Sports termasuk raksasa teknologi China Tencent , serta hedge fund Amerika Tiger Global dan D1 Capital.

Pada tahun 2021, Dream Sports mengatakan telah mengumpulkan USD 840 juta, menilai perusahaan tersebut sebesar USD 8 miliar. Pada tahun yang sama, perusahaan mengatakan memperoleh pendapatan USD 332 juta dan laba bersih lebih dari USD 40 juta.

 

 

5 dari 5 halaman

Ekspansi Ke Luar Negeri

Jain dan Sheth telah menempuh perjalanan jauh.

Menengok ke belakang, mereka mengatakan bahwa “kegigihan belaka” yang membawa mereka melalui liku-liku.

“Itu melihat masalah … Dan menjadi sangat bersemangat tentang hal itu sendiri. Saya rasa hanya itu yang dibutuhkan sebagian besar pendiri,” kata Jain.

Sheth menambahkan, “Mungkin sisanya, Anda belajar sepanjang jalan.”

Itu juga menghitung lebih dari 10 juta pengguna aktif bulanan dan pada 2019, dilaporkan memegang “pangsa pasar hampir 90 persen” di industri olahraga fantasi India.

Sementara masa depan Dream Sports tampaknya positif untuk saat ini, Jain dan Sheth belum melihat ekspansi internasional.

“Kami masih ingin fokus di India, kami memiliki 150 juta pengguna di Dream11 In India, [tetapi] ada 800 juta penggemar olahraga online di India,” tambah Jain.

“Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, saat kami mulai mencapai 300 juta pengguna di India, itu adalah hari dimana kami mungkin melihat pertumbuhan secara internasional.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat