uefau17.com

Gegara Peretas, Hasil Lelang NFT Senilai Rp 2,7 Miliar Punya Aktor Bill Murray Lenyap - Bisnis

, Jakarta Seorang aktor berkebangsaan Amerika Serikat Bill Murray menjadi selebritas terbaru yang menjadi sasaran pencuri kripto. Seorang peretas telah mencuri hasil lelang amal NFT senilai 119,2 (sekitar USD 185.000) atau setara dengan Rp 2,7 miliar.

Dilansir dari CNBC, Senin (12/9/2022), hasil tersebut telah dikumpulkannya selama lelang amal NFT. Namun sayangnya, peretas yang tidak dikenal berusaha mencuri token yang tidak dapat dipertukarkan dari koleksi pribadi Murray. Itu mencakup dua NFT CryptoPunk, menurut Coindesk.

Sekadar informasi, CryptoPunks adalah salah satu NFT yang paling dicari dan harganya berkisar dari USD 77.600 hingga USD 1,2 juta dalam ether, menurut GoBankingRates.

Tim keamanan dompet virtual bintang “Groundhog Day”, perusahaan konsultan NFT Project Venkman, mampu melindungi NFT-nya. Namun, mereka tidak dapat melindungi dana yang dikumpulkan untuk amal. Mungkin sulit untuk mengambilnya karena transaksi cryptocurrency biasanya tidak dapat diubah.

Kemudian tim Murray mengatakan mereka telah mengajukan laporan polisi dan bekerja sama dengan perusahaan analitik kripto Chainalysis untuk mengidentifikasi pencuri tersebut.

Meskipun dana amal Murray hilang, pengguna Coinbase lain telah menyumbangkan eter senilai sekitar USD 187.500 ke Chive Charities, organisasi nirlaba Murray mengumpulkan dana, untuk menggantikan uang yang dicuri.

Scammers Cari Target Biar Dapat Uang

Murray jauh dari satu-satunya selebritas yang menjadi sasaran koleksi digital yang mahal. Pada bulan Mei, misalnya, aktor dan produser Seth Green pun telah kehilangan empat NFT Bored Ape karena penipuan phishing, yaitu ketika pencuri dunia maya mencuri informasi pribadi pengguna dengan menipu mereka dengan tautan palsu.

Seperti CryptoPunks, Bored Ape NFT adalah salah satu token non-fungible yang paling terkenal dan target pencurian yang populer.

Sejak koleksi Bored Ape Yacht Club diluncurkan pada Juni 2021, total 143 NFT Bored Ape senilai hampir USD 13,6 juta telah dilaporkan dicuri pada Agustus 2022, menurut Immunefi, sebuah perusahaan keamanan Web3.

Green membayar hampir USD 300.000 untuk memulihkan salah satu NFT curiannya, Bored Ape #8398, yang ia rencanakan untuk digunakan dalam serial animasi yang ia kembangkan, menurut Buzzfeed News.

Meskipun penipuan crypto yang melibatkan selebriti cenderung menjadi yang paling terkenal, mereka tentu saja bukan yang paling umum, kata Chief Operating Officer Solidus Labs Chen Arad melalui sebuah perusahaan yang menyediakan layanan seperti pengawasan perdagangan, pemantauan transaksi, dan intelijen ancaman kepada beberapa orang. dari bursa terbesar.

“Penipu tidak mendiskriminasi dan menargetkan siapa pun yang mereka pikir bisa mendapatkan uang, dari selebriti hingga bangsawan hingga orang biasa,” katanya.

Namun, penjahat dunia maya cenderung mengejar selebriti karena “itu menambah buzz” dan menarik lebih banyak perhatian, ungkap Arad.

“Selebriti juga dianggap kaya dan seringkali, menjadikan mereka target yang bagus,” katanya. “Selebriti berurusan dengan volume penawaran/saran yang tinggi yang bisa berarti lebih sedikit waktu untuk meninjau dan menilai legitimasi mereka dengan benar.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Melindungi NFT, Kripto, dan Investasi Digital Lain

Meskipun pencurian dan penipuan tidak hanya terjadi di pasar kripto, ada tingkat aktivitas terlarang yang tinggi di ruang kripto. Hal ini karena “teknologi baru masih dalam pengujian pertempuran dan perlu waktu untuk menemukan dan mengatasi celah keamanan” kata Arad.

Akan tetapi, jika Anda tertarik untuk membeli NFT, ada beberapa cara untuk melindungi investasi Anda.

OpenSea, pasar NFT paling populer dan terbesar, menyarankan penerapan berbagai langkah keamanan termasuk menggunakan otentikasi dua faktor dan dompet perangkat keras fisik, selain dompet digital Anda.

Selain itu, berhati-hatilah dalam memberikan informasi pribadi dan keuangan kepada orang yang belum pernah Anda temui. Sebuah teks yang tampaknya acak dari nomor yang tidak dikenal bisa menjadi upaya untuk memikat Anda ke dalam penipuan “pemotongan babi” , skema terbaru yang merugikan jutaan investor kripto.

Penting untuk dicatat bahwa NFT, seperti cryptocurrency, tunduk pada fluktuasi nilai yang tidak dapat diprediksi. Tidak ada jaminan bahwa Anda akan dapat memperoleh keuntungan dari investasi Anda, itulah sebabnya para ahli menyarankan untuk tidak membelanjakan lebih banyak untuk crypto, NFT, atau investasi spekulatif lainnya daripada yang dapat Anda tanggung.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat