uefau17.com

Apple Sebar Undangan WWDC 2024, Tunggu Kejutan iOS 18 yang Diklaim Makin Pintar - Tekno

, Jakarta - Apple telah mengirimkan undangan untuk acara tahunan mereka yakni WWDC 2024 (Worldwide Developers Conference). Berdasarkan informasi dari undangan itu, konferensi ini akan digelar pada 10 Juni 2024 pukul 10.00 pagi Waktu setempat (11 Juni 2024 pukul 00.00 WIB).

Mengutip informasi dari CNET, Kamis (30/5/2024), WWDC 2024 akan menjadi ajang debut sejumlah produk terbaru Apple. Meski Apple masih merahasikan detail acara tersebut, sejumlah bocoran mengenai produk yang akan diperkenalkan di acara tersebut sudah bermunculan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah iOS 18. Sistem operasi baru ini banyak diperbincangkan karena disebut akan menyertakan berbagai fitur AI yang canggih.

Bahkan, laporan terbaru menyebut Apple akan mengintegrasikan kemampuan AI ke sejumlah fungsi di iOS 18, seperti pengeditan foto, pengiriman pesan, emoji, hingga Siri yang lebih komunikatif.

Sebagai informasi, sejak beberapa waktu lalu, rumor seputar kemampuan iOS 18 memang telah banyak beredar di internet. Bahkan, untuk meningkatkan kemampuannya, perusahaan dilaporkan bersiap menjalin kerja sama dengan OpenAI. 

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple dan OpenAI saat ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa ChatGPT ke produk buatan mereka.

Selain iOS, WWDC 2024 juga diperkirakan akan menjadi ajang perkenalkan update untuk sistem operasi Apple lainnya, termasuk MacOS, iPadOS, serta VisionOS.

Tidak hanya software, dalam event ini, Apple kemungkinan besar juga akan memamerkan chipset besutan mereka sendiri, termasuk kemampuan AI yang dimilikinya. Terlebih, beberapa waktu lalu, Apple telah memperkenalkan iPad generasi terbaru dengan chip M4.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajib Tahu! Fitur Baru iOS 18 Bikin iPhone Kian Identik dengan Pengguna

Untuk diketahui, WWDC 2024 dijadwalkan digelar pada 10 Juni, dengan Apple menjanjikan akan mengungkap informasi terkait dengan pengembangan AI di perusahaan.

Terkini, Mark Gurman, dari Bloomberg mengungkap sejumlah detail informasi tentang apa saja yang akan Apple umumkan di WWDC 2024.

Mengutip laporan Gurman di Bloomberg via Phone Arena, Selasa (28/5/2024), Apple menyebut strategi AI barunya, yakni Project Greymatter.

Dia menjelaskan, Project Greymatter ini mencakup tool AI yang akan ditambahkan ke aplikasi bawaan, seperti Notes, Photos, Safari, hingga peningkatan di notifikasi.

Salah satu peningkatan dan perubahan paling digadang-gadang adalah di iOS 18, di mana pengguna dapat mengubah warna ikon aplikasi--untuk pertama kalinya.

Selain itu, fitur baru iOS 18 juga mengizinkan pengguna iPhone untuk meletakkan atau mengubah posisi aplikasi di mana pun mereka inginkan di layar.

Dengan cara ini, perusahaan berharap pengguna iPhone dapat dengan cepat menemukan semua aplikasi favorit sesuai dengan warna masing-masing.

Fitur AI keren lainnya yang juga sudah dinanti-nanti adalah kemampuan untuk meringkas notifikasi, pesan, situs web, hingga artikel berita.

 

3 dari 4 halaman

CEO Apple Tim Cook Berbagi Pengalaman Vision Pro

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook belum lama ini berbagi pengalamannya saat menggunakan Vision Pro. 

Dalam sebuah cuitan di jejaring sosial X, bos Apple yang belum lama ini berkunjung ke Indonesia menyatakan kegembiraannya atas pencapaian tim RnD Apple dalam memenangkan penghargaan Black Pencil yang bergengsi.

Penghargaan tersebut diberikan untuk sistem operasi inovatif VisionOS milik Vision Pro. 

"Apple Vision Pro menjadi sesuatu yang mungkin ada, melalui inovasi bertahun-tahun dari tim desain dan engineer kami. Hasilnya memperlihatkan orang-orang kerap merasa emosional saat pertama mencobanya. Saya melihat sendiri secara langsung," kata Tim Cook, dalam sebuah cuitan. 

"Selamat untuk Tim Desain Apple karena telah memenangkan penghargaan yang bergengsi ini," kata Tim Cook.

4 dari 4 halaman

Dampak yang Dalam Buat Pengguna

Tim Cook menekankan, dampak Vision Pro begitu mendalam, sehingga orang kerap merasa tersentuh secara emosional ketika mereka menjajal Vision Pro untuk pertama kalinya. 

Hal ini tidak terlepas dari tampilan micro OLED Vision Pro dan pelacakan tangan dan mata yang canggih, yang menjadi standar baru di industri XR. 

Lewat Apple Vision Pro, pengguna bisa berinteraksi dengan headset ini hanya dengan melihat apa yang ingin mereka buka serta melakukan gerakan seperti mencubit. Hal tersebut diklaim menjadikan navigasi VisionOS jadi pengalaman yang mudah. 

Seperti dikicaukan oleh Tim Cook, sistem operasi VisionOS Vision Pro mendapatkan penghargaan Black Pencil yang bergengsi dari Design & Art Direction Awards (D&AD) Inggris. 

Ini merupakan kali kedua produk Apple mendapatkan penghargaan dari D&D. Sebelumnya, iPad pernah mendapatkan penghargaan Black Pencil pada 2011, dan pertama kalinya selama masa jabatan Tim Cook sebagai CEO. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat