uefau17.com

Solusi Digital Indosat Business Berteknologi AI Dorong Akselerasi Dunia Pendidikan - Tekno

, Jakarta Transformasi digital membawa perubahan di seluruh aspek kehidupan masyarakat, utamanya dalam melakukan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien, hal ini termasuk juga pada sektor pendidikan.

Indonesia di masa mendatang membutuhkan para lulusan dengan kemampuan beradaptasi cepat, menguasai digital secara mendalam, memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan, serta pola pikir yang inovatif. Oleh karena itu, lingkungan belajar yang didukung teknologi modern memegang peranan penting dalam menggali potensi siswa, terutama di jenjang pendidikan tinggi.

Dunia saat ini telah bergerak menuju era kecerdasan buatan, atau artificial intelligence — AI, dalam menciptakan automasi pekerjaan dan meningkatkan produktivitas secara maksimal. Kesiapan Indonesia untuk menghadapi era yang serba AI harus menjadi perhatian utama.

Melalui Indosat Business, Indosat Ooredoo Hutchison sebagai Leading Digital Telecommunications Company di Indonesia, memiliki solusi digital kelas dunia berteknologi AI lengkap untuk menunjang mewujudkan SMART CAMPUS dengan konsep one-stop service bagi dunia pendidikan.

Salah satu yang ditawarkan adalah Tablet dengan Mobile Device Management yang dapat mendukung mengelola tugas kuliah melalui LMS (Learning Management System), berpartisipasi dalam pembelajaran interaktif, melakukan penelitian, hingga menyelesaikan tugas kuliah.

Ada juga Managed Laptop, untuk memudahkan dalam pengelolaan perangkat yang digunakan oleh staf TI dan fakultas, serta mendukung pembelajaran jarak jauh dengan aman.

Lebih lanjut, Google Cloud yang menunjang penemuan penelitian dengan Gen AI untuk menghasilkan kutipan, meringkas artikel, serta mengubah cara mahasiswa, peneliti, dan fakultas di institusi pendidikan tinggi dalam menemukan dan menggunakan jurnal, makalah, ataupun penelitian internal. Google Workspace untuk pendidikan dengan Duet AI juga dapat menganalisis kurva belajar siswa dan memberikan rekomendasi kepada para dosen, memantau kemajuan siswa, memberikan umpan balik yang lebih efektif, pembelajaran secara kolaboratif, serta memungkinkan penelitian materi yang lebih efektif.

Keamanan siber di dunia pendidikan sudah tentu menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, penyedia layanan, maupun pengguna, Indosat Business menyediakan Secured Internet dengan koneksi berkecepatan tinggi yang stabil guna mendukung produktivitas sesuai kebutuhan. Dilengkapi juga dengan sistem keamanan terpercaya seperti advanced firewall, intrusion detection, dan encryption protocols, untuk melindungi IT perusahaan dari serangan siber.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digitalisasi dalam sektor pendidikan menjadi tuntutan

Indosat Business juga mendukung transformasi digital secara menyeluruh dengan berbagai solusi IoT berbasis AI yang fleksibel mengikuti kebutuhan pengelolaan gedung dan lingkungan kampus, seperti Smart Building, Smart Classroom yang dilengkapi dengan CCTV Analytic & Smart Digital Board yang dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi para siswa.

Digitalisasi pendidikan menjadi tuntutan untuk mengatasi berbagai kendala yang menghalangi capaian pendidikan berkualitas dengan aksesibilitas luas, pembelajaran interaktif, dan pembelajaran adaptif. Teknologi digital memungkinkan peserta didik mengakses sumber belajar lebih mudah. Dengan memanfaatkan teknologi digital secara efektif, pendidikan dapat menjadi lebih inklusif, berkualitas, dan relevan dengan tuntutan masa depan.

Generasi mendatang di Indonesia harus berkembang secara pesat, pendidikan berkualitas dan berbasis teknologi  harus terwujud secara  luas dalam waktu dekat. Kolaborasi dengan Indosat Business menciptakan peluang belajar yang lebih baik di seluruh negeri, dan memastikan sektor pendidikan dapat berjalan dengan lebih efisien, transparan, dan inklusif secara nasional.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat