uefau17.com

iOS 18 Bakal Tambah Dua Fitur Baru, Siri Makin Pintar dengan AI Generatif - Tekno

, Jakarta - iOS 18 belum akan diluncurkan dalam waktu dekat. Namun, sudah ada beberapa rumor tentang kehadiran sistem operasi generasi selanjutnya untuk perangkat iPhone.

MacRumors mencatat, setidaknya akan ada dua fitur baru yang digulirkan ke sistem operasi yang digadang-gadang akan diumumkan bersamaan peluncuran iPhone 16, tahun ini.

Kedua fitur yang dimaksud, sebagaimana dikutip dari MacRumors, Selasa (16/1/2024) adalah dukungan RCS dalam Messages dan Siri yang makin pintar, karena didukung AI Generatif.

Pertama, dalam hal Messages atau pesan. Pada November lalu, Apple mengumumkan mereka akan mendukung perpesanan standar antar-platform dengan RCS di aplikasi Messages.

Bahkan, Apple menyebut dukungan RCS Messaging iPhone akan dimulai tahun depan. Jadi, bisa dikatakan kalau fitur iOS 18 salah satunya adalah dukungan RCS terhadap Messages.

Sekadar informasi, RCS alias Rich Communication Services kerap diposisikan sebagai pengganti SMS dan MMS generasi berikutnya.

RCS memungkinkan pengguna memanfaatkan banyak fitur yang sebelumnya tersedia ekslusif hanya untuk platform perpesanan terkemuka seperti WhatsApp.

Pesan RCS Messaging dirutekan melalui koneksi data seluler atau tautan WiFi dan SMS berfungsi sebagai cadangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Aplikasi Pesan Berkat Dukungan RCS

Dengan dukungan RCS, Messages iPhone bisa mendapatkan peningkatan. Terutama untuk pengiriman pesan antara iPhone dan Android. Peningkatan yang dimaksud antara lain:

  • Resolusi foto dan video yang lebih tinggi
  • Pesan suara
  • Indikator pengetikan
  • Tanda pesan telah dibaca
  • Perpesanan berbasis WiFi antara perangkat iPhone dan Android
  • Peningkatan obrolan grup, termasuk kemampuan bagi pengguna iPhone untuk meninggalkan pesan kepada pengguna AndroidPeningkatan dari sisi enkripsi pesan, dibandingkan pada SMS.

Sekadar informasi, saat ini fitur-fitur modern seperti di atas hanya tersedia pada chat antara iPhone dan iPhone via aplikasi Messages dengan gelembung biru.

Ada banyak fitur tersedia pada aplikasi chatting pihak ketiga seperti WhatsApp dan Telegram. Dukungan RCS pada iPhone akan memperluas fitur ke pesan gelembung hijau pada aplikasi Messages.

3 dari 4 halaman

Siri Lebih Pintar Berkat AI Generatif

Kedua, Siri yang lebih cerdas.

Analis Bloomberg Mark Gurman mengungkap, iOS 18 akan dibekali dengan teknologi AI Generatif. Hal ini pun akan meningkatkan bagaimana Siri dan Messages bisa lebih pandai dan mampu melengkapi kalimat dengan lebih baik.

The Information sebelumnya melaporkan, Apple berencana untuk bekerja sama dengan model bahasa besar untuk Siri.

Hal ini adalah agar pengguna bisa meng-automasi tugas-tugas kompleks. Fitur ini akan meningkatkan integrasi yang lebih dalam antara Siri dengan Shortcut di iPhone.

Laporan tersebut menyebutkan, fitur ini diharapkan akan rilis pada update software iPhone yang rilis tahun 2024, yang tak lain kemungkinan adalah iOS 18.

 

4 dari 4 halaman

Popularitas AI Generatif

Sekadar informasi, saat ini AI Generatif mendapatkan popularitas yang begitu luas, tepatnya setelah OpenAI merilis ChatGPT. ChatGPT adalah sebuah chatbot yang bisa merespon pertanyaan dan perintah-perintah lainnya.

Menanggapi hal itu, Google dan Microsoft merilis chatbot serupa awal tahun ini, begitu juga dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

Chatbot AI itu bisa dilatih melalui model bahasa yang lebih luas, sehingga memungkinkan mereka bisa merespon layaknya manusia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat