uefau17.com

TikTok Bongkar Cara Kerja FYP, Ini Rahasianya Agar Video Kamu Tembus Ribuan Views - Tekno

, Jakarta - Sebagai pengguna TikTok, kamu mungkin pernah merasa bingung dan terkejut ketika sejumlah video yang kamu unggah tak pernah dilihat banyak orang, tiba-tiba bisa mendapatkan ribuan views dan masuk halaman For You Page (FYP).

FYP sendiri adalah halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap pengguna membuka aplikasi besutan ByteDance ini.

Algoritma FYP TikTok adalah sistem kompleks yang dirancang untuk merekomendasikan konten dengan memberi peringkat pada video berdasarkan kombinasi beberapa faktor.

Antara lain mulai dari interests yang kamu pilih sebagai pengguna baru dan sejumlah topik yang tidak kamu sukai.

Algoritme ini mempertimbangkan video yang kamu suka, akun dan tagar yang kamu ikuti, lokasi dan preferensi bahasa, serta jenis konten yang kamu buat.

Jadi, alih-alih FYP berisi video dari orang yang kamu ikuti, halaman FYP kamu mungkin akan diisi dengan video yang menurut algoritma TikTok akan kamu nikmati--sebagian besar dari pembuat konten yang belum kamu kenal.

Head of Communication TikTok Indonesia, Anggini Setiawan, menjelaskan algoritma TikTok berbeda dengan media sosial pada umumnya.

"Video yang telah diunggah pengguna tak hanya disebar ke follower-nya, tetapi juga pengguna lain yang menyukai konten video tersebut, sehingga views-nya bisa lebih banyak dan meluas. TikTok bukan media sosial, TikTok adalah platform video pendek," ujar Anggini di Kantor TikTok Transparency and Accountability Center di Singapura, belum lama ini.

Ia menambahkan, maka tak heran bila ada pengguna dengan follower sedikit, videonya bisa mendapatkan views hingga ribuan, karena views tak berdasarkan dari seberapa banyak jumlah follower , tetapi bergantung pada apa yang disukai rakyat TikTok.

"Pengguna dengan akun verified pun belum tentu videonya selalu bisa masuk FYP, karena mungkin video yang mereka unggah pada saat itu tidak disukai oleh rakyat TikTok," Anggini memungkaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal FYP TikTok Terbaik untuk Upload Video Agar Viral

Bagi seorang konten kreator maupun pengguna yang suka membagikan video di platform TikTok, mengetahui waktu terbaik untuk memposting video agar dapat masuk For You Page (FYP) merupakan hal penting.

Dengan masuk FYP, konten pengguna akan mendapatkan lebih banyak views (penonton), bahkan, likes dan comments.

Mengingat bahwa TikTok memiliki audiens global, video dapat ditemukan di wilayah mana pun dan kapan pun melalui algoritma TikTok.

Waktu posting video TikTok juga penting untuk memicu algoritma sehingga video pengguna lebih banyak dilihat.

Algoritma ini bekerja untuk mendorong video untuk mendapatkan lebih banyak penonton dan keterlibatan audiens pada video, sehingga video perlu diunggah pada waktu di mana orang-orang aktif menggunakan aplikasi.

Dirangkum dari Dexerto, Selasa (28/2/2023), terdapat beberapa waktu paling efektif untuk memposting konten pengguna.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tagar yang digunakan dan kualitas konten juga berpengaruh pada ketertarikan audiens untuk berinteraksi dengan konten tersebut.

3 dari 5 halaman

Jadwal FYP Terbaik untuk Upload Video TikTok

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub, terdapat beberapa waktu terbaik untuk mengunggah video TikTok. Semua waktu dibawah ini telah dikonversikan dari EST ke WIB yang memiliki perbedaan dua belas jam. 

Senin: Pukul 10.00, 18.00, dan 22.00 WIB.

Selasa: Pukul 14.00, 16.00, dan 21.00 WIB.

Rabu: Pukul 11.00, 19.00, dan 20.00 WIB.

Kamis: Pukul 00.00, 07.00, dan 21.00 WIB.

Jumat: Pukul 01.00, 3.00, dan 17.00 WIB.

Sabtu: Pukul 07.00, 8.00, dan 23.00 WIB.

Minggu: Pukul 04.00, 19.00, dan 20.00 WIB.

Tiga waktu terbaik yang direkomendasikan untuk mengunggah video TikTok adalah Selasa pukul 21.00, Kamis pukul 00.00, dan Jumat pukul 17.00 WIB.

Studi ini menganalisis lebih dari 100.000 postingan untuk menemukan tingkat keterlibatan tertinggi antara audiens dengan konten video. Maka, waktu untuk mengunggah video perlu dipertimbangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengakses Analisis Audiens Akun TikTok

Untuk mengetahui waktu yang tepat dalam mengunggah konten video, kamu dapat menggunakan fitur TikTok Analytics.

Fitur ini akan membantu pengguna memahami karakteristik audiens dengan lebih baik sehingga mampu membuat perencanaan konten yang tepat. Berikut cara mengaksesnya,

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke Profil
  • Masuk ke menu Settings dan Privasi pada tiga garis di kanan atas
  • Pilih Creator Tools
  • Klik Analytics untuk melihat statistik data statistik terkait akun pengguna
  • Selanjutnya, lihat bagian Follower Insights untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengikut pada akun pengguna

Selain itu, pengguna juga dapat membuat perencanaan konten dengan melihat Top Territories yang menginformasikan audiens di wilayah mana yang paling banyak terlibat dengan konten pengguna.

Kemudian, informasi Followers Activities memungkinkan pengguna mengetahui kapan pengikut pengguna paling aktif menggunakan aplikasi.

5 dari 5 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Larangan TikTok Shop Cs Jualan dan Transaksi di Indonesia. (/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat