uefau17.com

Hands-on Oppo A98 5G: Hadirkan Desain Cantik dan Kamera 64MP - Tekno

, Jakarta - Oppo A98 5G jadi smartphone kelas menengah terbaru Oppo yang beberapa waktu rilis di Indonesia.

Kali ini, Oppo A98 5G diposisikan sebagai ponsel yang cukup untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari, namun awet secara perangkat, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tekno berkesempatan untuk merasakan kesan pertama dan menjajal Oppo A98 5G ini.

Mulai dari paket penjualan, Oppo masih memberikan aksesoris standar buat konsumen yang membeli smartphone ini yaitu case, pin ejector, panduan, kartu garansi, kabel USB-C, dan kepala charger 67W.

Kehadiran adapter 67W dan kabel USB-C ini, didukung pengisian daya SuperVOOV di Oppo A98 5G itu sendiri, sangat berguna buat para pengguna yang perlu melakukan charging HP dengan cepat.

Oppo A98 5G yang saya jajal memiliki warna Dreamy Blue, di mana desain bodinya berwarna biru namun memancarkan kilauan pelangi jika terkena cahaya, memberikan nuansa khas Oppo yang cantik dan segar.

Dalam genggaman, ponsel ini masih terasa cukup tipis namun build quality-nya lumayan solid. Tepiannya yang membulat juga tidak terasa terlalu tajam di tangan, dan perangkat ini juga tidak terlalu licin.

HP Oppo ini juga menghadirkan penampang besar untuk kamera dan lampu flash di bagian belakang ponsel ini, serta menyematkan tulisan "Innovative AI Camera."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lihat Lebih Dekat Oppo A98 5G

Desain bodi belakang dari Oppo A98 5G sendiri mengingatkan saya ke seri Reno8 T yang juga sempat hadir di Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Ke sisi depan atau bagian layarnya, terdapat kamera dengan desain punch-hole, sementara di sisi kanan hanya terdapat tombol power yang juga bisa difungsikan untuk Google Assistant.

Di sisi lainnya, terdapat tombol volume dan slot SIM card dan microSD. Sementara di bagian atas hanya ada microphone, di mana tersemat satu speaker di bagian earpiece ponsel.

Di bagian bawah perangkat terdapat port USB-C, speaker, microphone, dan masih tersedia port audio 3,5 mm buat pengguna yang masih suka memakai headset dengan kabel.

Mengulas singkat untuk pemakaian. Ponsel ini terbilang nyaman buat pengguna yang harus bergerak cepat karena bobotnya yang ringan dan desainnya yang tipis, jadi mudah masuk kantung.

Layarnya masih enak buat dipakai sehari-hari dengan tingkat kecerahan masih terbilang terang buat dipakai di luar ruangan.

3 dari 5 halaman

Memotret Burung dan Ular dengan Oppo A98 5G

Dipakai untuk aktivitas foto-foto seharian juga masih oke. Beberapa waktu lalu, saya juga sudah mencobanya untuk mengambil gambar berbagai satwa di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Pengaturan kamera pada Oppo A98 5G sendiri terdiri dari kamera AI 64MP, Selfie 32MP, Depth 2MP, dan Lensa Mikro 2MP.

HP ini sudah diisi penuh malam hari dan masih 100 persen di pagi hari, kemudian dipakai mengambil gambar seharian, saat pukul 7 atau 8 malam saat tiba di rumah, baterainya berkurang sekitar 53 persen.

Di Taman Burung, pencahayaan alami terbilang cukup dengan banyak pepohonan yang berada di lokasi tersebut, serta sinar matahari yang hari itu tampak malu-malu menunjukkan teriknya.

Dengan kondisi ini, hasil foto yang didapatkan terbilang cukup oke, bahkan ada beberapa yang bisa dibilang bagus.

Sementara di Museum Komodo, tempat banyak hewan-hewan seperti komodo, ular dan kura-kura di dalam kaca dengan lingkungan bercahaya minim, memotret dengan Oppo A98 5G jadi lebih menantang.

Untungnya, ketika mengambil gambar dari luar kaca, di mana terdapat pencahayaan dan lingkungan yang baik di dalamnya, hasil foto masih terlihat oke, tanpa menunjukkan hewan-hewan itu berada dalam akuarium.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo A98 5G

Oppo A98 5G hadir di Indonesia dengan opsi warna Dreamy Blue dan Cool Black, serta membawa desain dengan proses Oppo Glow untuk menciptakan efek kristal berkilauan dan finishing tahan sidik jari.

Smartphone ini memiliki berat sekitar 192 g dengan ketebalan sekitar 8,2 mm. Perangkat ini juga dilengkapi penutup belakang lengkung 3 dimensi untuk memberikan genggaman meski perangkatnya lebih tipis.

Untuk baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya 67W SuperVOOC. Fitur ini diklaim dapat membuat baterai Oppo A98 dapat terisi 100 persen dalam waktu 44 menit.

Oppo A98 juga dilengkapi Battery Health Engine yang memungkinkan baterai mempertahankan 80 persen dari kapasitasnya setelah 1.600 siklus pengisian dan pengosongan.

Fitur Battery Health Engine ini menjaga performa baterai hingga empat tahun pemakaian dengan asumsi pengisian rata-rata sekali sehari.

Untuk layar, smartphone ini berukuran 6,72 inci dengan Refresh Rate 120Hz. Refresh rate tinggi akan memberikan pengalaman yang jauh lebih mulus dan responsif saat menjelajahi aplikasi media sosial atau memainkan game.

Prosesor dari smartphone ini memakai Snapdragon 695 5G, sehingga memberikan performa yang bertenaga dan andal, serta lebih irit daya.

 

5 dari 5 halaman

Harga Oppo A98 5G

Oppo A98 5G dibekali RAM 8 GB dan penyimpanan besar ROM 256 GB, dengan didukung ekspansi kartu SD hingga 1 TB.

Oppo juga menghadirkan fitur RAM Expansion, untuk mengubah penyimpanan ROM yang tidak terpakai menjadi RAM sementara hingga maksimal 8 GB.

A98 5G telah lulus uji 48 Bulan Fluency Protection yang dilakukan di lab Oppo, dengan hasil telah mencatat tingkat penurunan performa rata-rata kurang dari 10 persen setelah penggunaan sehari-hari selama empat tahun.

Ketahanan pemakaian Oppo A98 5G ini juga dibuktikan setelah ponsel tersebut melewati enam proses pengujian, yang dirancang untuk mengukur ketahanan terhadap tes jatuh, air, radiasi, perubahan iklim, dan stabilitas sinyal.

Oppo A98 dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.899.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat