uefau17.com

Pengguna iPhone Kini Bisa Akses dan Hubungkan iMessage di PC Windows 11 - Tekno

, Jakarta - Aplikasi Phone Link yang diperbarui Microsoft akhirnya memberikan dukungan untuk perangkat iOS. Kini, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna iPhone terhubung ke PC Windows 11, termasuk melakukan aktivitas obrolan via iMessage secara langsung di komputer.

Pengguna juga dapat melakukan dan menerima panggilan, serta melihat notifikasi telepon di PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Melalui blog resminya, Microsoft menyatakan bahwa perusahaan menghadirkan pembaruan ini untuk menghapus penghalang antara ponsel iOS dan PC sehingga memudahkan pengguna terhubung dengan orang kesayangan.

“Kini, dengan kemampuan untuk menghubungkan telepon PC/iOS ini, kami berharap pelanggan Windows 11 tidak perlu khawatir kehilangan panggilan telepon atau teks penting saat berfokus pada PC Windows mereka,” tulis Microsoft yang dikutip, Rabu (17/5/2023).

Saat ini, pembaruan aplikasi Phone Link telah tersedia di 85 negara. PC dan iPhone akan terhubung melalui konektivitas bluetooth untuk aktivitas panggilan, pesan, dan notifikasi. 

Meskipun begitu, Microsoft tidak menyebutkan secara pasti negara mana saja yang telah menerima pembaruan ini. Namun, perusahaan mengklaim aplikasi ini telah mendukung 39 bahasa berbagai negara. 

Update aplikasi ini umumnya akan tersedia secara otomatis, tetapi apabila pengguna Windows 11 belum melihat opsi iPhone di aplikasi, pastikan Phone Link sudah menjalankan versi terbarunya. 

Sayangnya, fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 masih terbatas. Daftar pesan yang muncul di iMessage pada PC hanya pesan yang baru diterima atau dikirim via aplikasi Phone Link.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Hubungkan iPhone dengan Aplikasi Phone Link di PC Windows 11

Berdasarkan blog resmi Microsoft, cara untuk menghubungkan Phone Link dengan iPhone terbilang mudah dilakukan.

Untuk mulai memakai Phone Link atau memeriksa apakah fitur sudah aktif, pengguna perlu mencari aplikasi di kolom Search pada Taskbar PC.

Setelah membuka aplikasi, pilih opsi iPhone dan selesaikan pengaturan dengan memindai kode QR. 

Selanjutnya, atur preferensi notifikasi yang akan muncul di PC sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Microsoft menyatakan, perusahaan akan terus memperluas dukungan Phone Link dan menghubungkan penggunanya dengan pesan serta panggilan yang penting, terlepas dari jenis ponsel yang dimiliki pengguna. 

3 dari 4 halaman

Belum Tersedia untuk iPad

Meski Microsoft terus berusaha untuk memperluas jangkauan Phone Link, saat ini aplikasi tersebut hanya kompatibel dengan iPhone yang menjalankan iOS 14 ke atas. Artinya, Phone Link belum dapat dihubungkan dengan iPad.

Namun, Microsoft mengklaim Phone Link dapat memberikan pengguna keserbagunaan tambahan untuk melakukan aktivitas obrolan dari perangkat tambahan, baik pesan teks maupun panggilan telepon.

“Alih-alih memalingkan wajah dari layar Anda dan mengeluarkan iPhone untuk melihat notifikasi, Anda bisa melihatnya di PC. Ini meningkatkan kemungkinan perhatian Anda tetap terfokus pada apa yang perlu Anda lakukan,” tulis Microsoft di blog resminya. 

4 dari 4 halaman

Malware BlackLotus Ancam Keamanan Windows 11

Di sisi lain, Windows 11 tengah menghadapi masalah serius terkait serangan malware BlackLotus yang mampu menghindari mekanisme sistem keamanan Secure Boot.

Dengan melewati mekanisme ini, BlackLotus dapat mengeksekusi kode berbahaya, bahkan sebelum sistem operasi Windows 11 mulai dimuat setelah PC Windows dihidupkan.

Microsoft menyatakan, kerentanan ini dapat dieksploitasi pihak tidak bertanggung jawab yang memiliki akses fisik ke komputer Windows atau yang memiliki izin administrator di sistem. 

Dikutip dari TechRadar, Selasa (16/5/2023), Microsoft menginformasi kepada ArsTechnica bahwa penanganan tidak akan selesai hingga setidaknya kuartal pertama tahun 2024.

Hal ini karena solusi yang disiapkan perusahaan perlu disebar dalam tiga tahap yang dipisah selama beberapa bulan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat