uefau17.com

Meta Buka Program Centang Biru untuk Pengguna Facebook dan Instagram, Harga Mulai Rp 184 Ribu - Tekno

, Jakarta - Meta resmi mengumumkan program verifikasi berbayar untuk para pengguna Instagram dan Facebook di Amerika Serikat. Informasi ini dungkap langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Instagramnya.

Mengutip informasi dari Engadget, Senin (20/3/2023), program ini memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan centang biru sebagai tanda akun mereka telah terverifikasi.

Selain mendapatkan centang biru, pengguna yang bergabung dalam program ini akan mendapatkan sejumlah keuntungan lain, mulai dari fitur eksklusif, proteksi akun secara proaktif, hingga akses langsung ke layanan pelanggan.

Sebagai informasi, program centang biru Meta Verified di Instagram dan Facebook ini memiliki banderol harga berbeda tergantung platform pendaftaran. Untuk pendaftaran lewat situs, biaya yang dibebankan adalah USD 12 per bulan atau sekitar Rp 184 ribu.

Sementara untuk pendaftaran melalui iOS atau Android, pengguna harus merogoh kocek USD 15 per bulan atau sekitar Rp 230 ribu. Sebelum menyambangi Amerika Serikat, program ini sudah rilis di Australia dan Selandia Baru.

Kendati demikian, ada perbedaan antara program yang dibuka untuk pengguna Instagram dan Facebook di Amerika Serikat dan dua negara sebelumnya.

Bagi pengguna di Amerika Serikat yang mendaftar program ini, Meta menuturkan, mereka tidak akan memperoleh peningkatan visibilitas.

Menurut Meta, pihaknya masih terus mempelajari fitur verifikasi akun Instagram dan Facebook tersebut tersebut menghadirkannya ke pasar di luar Australia dan Selandia Baru. Perusahaan juga mengatakan masih terus berupaya menambahkan fitur baru di program ini sekaligus melanjutkan uji cobanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serupa tapi Tak Sama dengan Twitter Blue

Perlu diketahui, program Meta Verified ini pertama kali diluncurkan di Australia dan Selandia Baru bulan lalu. Meski menawarkan layanan serupa Twitter Blue, program ini berbeda dari layanan milik Twitter tersebut.

Alasannya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan centang biru di Instagram atau Facebook. Pertama, mereka harus menyertakan identitas diri yang sesuai dengan nama dan foto dalam akunnya.

Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang diterapkan Meta sebelum pengguna mendapatkan centang biru ini, seperti sudah berusia 18 tahun ke atas dan mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor.

Meski sudah mulai diperluas, Meta belum mengungkapkan kapan program ini akan diperluas kehadirannya ke negara lain. Saat ini, program Meta Verifiied baru hadir untuk pengguna di Australia, Selandia, dan Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Ini Cara Dapat Centang Biru Instagram, Enggak Perlu Punya Banyak Followers!

Jika pengguna ingin tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan centang biru di akun Instagram, kamu dapat memperhatikan penjelasan yang dirangkum dari Sprout Social, Selasa (28/2/2023), berikut ini.

Syarat Mengajukan Verifikasi di Instagram

Pada situs resminya, Instagram memberikan beberapa pedoman untuk mengetahui apakah pengguna sesuai dengan kriteria.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah pengguna yang ingin mendapat centang biru Instagram harus mematuhi Terms of Use and Community Guidelines. Selain itu, akun pengguna juga harus:

  • Authentic (Asli): Akun kamu harus dimiliki oleh seseorang, bisnis, merek, atau entitas nyata.
  • Unique (Unik): Menjadi satu-satunya yang mewakili diri atau bisnis pengguna.
  • Complete (Lengkap): Profil harus memiliki biodata, foto, dan aktif menggunakan platform.
  • Notable (Terkemuka): Akun harus mewakili seseorang atau bisnis yang dikenal publik dan telah ditampilkan dalam berbagai sumber otentik, buka sumber media bersponsor.
  • Public (Publik): Akun tidak boleh dalam keadaan privat.
4 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Verifikasi Centang Biru di Instagram

Pengajuan verifikasi untuk mendapatkan centang biru di samping nama akun pengguna, dapat dilakukan di aplikasi Instagram. 

Caranya, pengguna perlu masuk ke akun masing-masing dan pilih Settings pada menu kanan atas. Selanjutnya, klik Request Verification dan lengkapi sejumlah kolom yang wajib diisi. Setelah selesai, klik kirim untuk dapat ditinjau Instagram.

Saat ini, tidak ada jumlah minimal pengikut yang pasti untuk dapat mengajukan verifikasi (tak perlu memiliki banyak followers). Jika memenuhi kriteria di atas, pengguna dapat mencoba mengirimkan ajuan.

Menurut Instagram, meskipun akun pengguna memenuhi kriteria untuk diverifikasi tetapi belum pasti akan mendapatkan centang biru. Sayangnya, tidak ada batas waktu yang pasti kapan Instagram akan memberi tahu hasil keputusannya. 

Namun jika ditolak, pengguna harus menunggu 30 hari sebelum dapat mencoba mengajukan lagi.

(Dam/Tin)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat