uefau17.com

4 Rekomendasi Aplikasi Password Manager untuk Simpan Informasi Akun Online Milikmu - Tekno

, Jakarta - Password manager merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna menyimpan password dari akun digital mereka. Meskipun bukan cara yang 100 persen aman untuk mengamankan data, password manager berfungsi lebih baik daripada menyimpan kata sandi secara langsung di komputer. 

Selain itu, layanan ini juga mencegah kesalahan paling umum pengguna saat membuat password baru. Sebab, aplikasi ini bisa memberikan rekomendasi password yang kuat.

Tidak hanya itu, dengan mengelola kata sandi lewat aplikasi password manager, pengguna bisa menghindari penggunaan password yang sama untuk beberapa akun.

Secara umum, password manager bekerja dengan menyimpan dan menghasilkan kredensial login untuk akun online pengguna. Dengan kata lain, mereka akan menyimpan username dan password, lalu mengingatnya. 

Saat ini, banyak layanan pengelola kata sandi yang mudah ditemukan dengan pilihan yang beragam. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi password manager yang bisa kamu manfaatkan seperti yang dikutip dari Gizchina, Selasa (14/03/2023).

1Password

1Password merupakan salah satu password manager terbaik untuk membantu pengguna menyimpan dan mengelola kata sandi. Layanan ini memungkinkan pengguna membuat kata sandi yang kuat dan unik, serta menyimpannya di file terenkripsi dengan password utama atau autentikasi biometrik.

Menariknya, 1Password mampu menyinkronkan data di banyak perangkat dan platform, sehingga dapat diakses dari perangkat apa pun. Aplikasi ini juga bisa diakses melalui browser dan dapat menghemat waktu karena bisa mengisi kredensial login secara otomatis.  

Fitur lain yang juga ditawarkan 1Password adalah password maupun data yang disimpan dapat dibagikan dengan anggota kelompok terpercaya, termasuk mengamankan penyimpanan dokumen dan catatan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keeper

Untuk mengakses kata sandi dan data lainnya yang tersimpan di Keeper, pengguna dapat memakai password utama atau memilih salah satu dari banyak cara lain, seperti sidik jari dan sejenisnya. 

Tak jauh berbeda dengan password manager lainnya, Keeper terintegrasi dengan browser dan dapat mengisi informasi login secara otomatis. Tampilan antarmuka Keeper pun cenderung mudah dinavigasi.

Keeper menawarkan fitur keamanan lebih lanjut, seperti otentikasi dua faktor, login biometrik, dan penyimpanan file yang aman. Alat ini juga memiliki fitur Keeper DNA untuk mencegah peretas mengakses data pengguna.

3 dari 4 halaman

Bitwarden

Sama seperti password manager lainnya, Bitwarden berfungsi untuk mengelola password dan menyimpannya di brankas terenkripsi. Alat ini mendukung otentikasi dua faktor yang dapat menambah keamanan. 

Tampilan antarmuka Bitwarden cenderung sederhana dan mudah digunakan. Salah satu yang membedakannya dengan pengelola kata sandi lainnya adalah kemampuannya untuk menyimpan data dalam folder dan tag untuk memudahkan pengguna menemukan hal yang dibutuhkan.

Bitwarden pun dapat bekerja di berbagai platform, termasuk sistem operasi desktop dan seluler serta browser web. 

4 dari 4 halaman

Dashlane

Dashlane merupakan pengelola kata sandi dan aplikasi dompet digital. Jadi, aplikasi ini dapat berfungsi sekaligus untuk menyimpan informasi pembayaran dan data sensitif lainnya.

Layanan ini dapat membantu pengguna membuat password yang kuat, mendeteksi pelanggaran kata sandi, dan sebagainya. Dashlane juga menyertakan pengubah password yang memungkinkan pengguna memperbarui kata sandinya melalui situs web.

Selain itu, berbeda dari aplikasi sejenis, Dashlane menawarkan dompet digital yang dapat menyimpan dokumen identitas pribadi, info kartu kredit dan debit, serta mengisi pembayaran dalam pembelian secara online.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat