uefau17.com

Apple bakal Rilis Aplikasi Password di iOS 18, Login ke Situs Jadi Makin Gampang - Tekno

, Jakarta - Apple diperkirakan akan secara resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi barunya, iOS 18, di konferensi pengembang WWDC 2024. WWDC sendiri rencananya digelar minggu depan.

Namun, jelang digelarnya konferensi pengembang tahunan ini, sebuah laporan baru mengklaim kalau Apple berencana meluncurkan aplikasi bernama Password.

Aplikasi Password ini, sebagaimana dikutip dari Mint, Jumat (7/6/2024), hadir untuk memudahkan pengguna masuk ke situs web dan software favorit mereka.

Laporan Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan, aplikasi baru ini akan membantu pengguna menghasilkan dan melacak kata sandi mereka.

Hal ini kemungkinan bakal didukung oleh layanan iCloud Keychain Apple dan bisa tersedia pada versi berikutnya dari iPadOS, MacOS, iOS, dan VisionOS.

Cara kerja aplikasi Password

Dikatakan oleh Gurman, aplikasi baru ini akan mirip dengan pengelola kata sandi (password manager) populer seperti 1Password dan LastPass. Apple juga memberikan pengguna kemampuan untuk mengimpor kata sandi mereka dari aplikasi serupa milik pesaing.

Aplikasi Password ini mungkin termasuk daftar login pengguna yang dikelompokkan ke dalam kategori berbeda, seperti akun, jaringan WiFi, dan kunci sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudahkan Pengguna Login

Apple bisa membuat seluruh proses menjadi sangat mulus dengan memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang kata sandi yang disimpan ke situs web dan aplikasi.

Dalam hal ini, kata sandi juga bisa bertindak sebagai aplikasi authenticator, mendukung verifikasi yang mirip dengan aplikasi Google Authenticator.

Kemungkinan, aplikasi Password akan menjadi fokus utama pada konferensi pengembang WWDC pada 10 Juni mendatang.

3 dari 4 halaman

Fitur AI Generatif di iOS 18

Selain aplikasi Password, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini kemungkinan akan mengungkap lebih lanjut tentang fitur AI generatif baru mereka yang hadir ke iOS 18.

Laporan sebelumnya, tim internal di Apple memandang iOS 18 sebagai salah satu peningkatan software paling revolusioner yang pernah diperkenalkan oleh Apple.

Deretan fitur AI yang akan diperkenalkan Apple via iOS 18 mencakup ringkasan notifikasi, pengeditan foto instan, emoji AI, transkripsi memo suara, rekap pintar, peningkatan Siri, dan lainnya.

Upaya Apple dalam pengembangan kecerdasan buatan semakin menarik setelah Apple dikabarkan menandatangani kesepakatan dengan OpenAI untuk memberi daya pada banyak fitur AI di iOS 18.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Kemampuan Siri Berkat AI

Sebelumnya, rumor menyebutkan iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini akan dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap informasi baru tentang fitur baru apa saja yang akan hadir di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple akan merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan kehadiran iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna seharusnya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berarti ikon tersebut ditempatkan di luar grid biasa.

Walau fitur AI ini membuat banyak iPhone dan iPad tergiur, Gurman mengatakan jangan berharap iOS 18 menyertakan jumlah perubahan desain seperti di iOS 7.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat