uefau17.com

iOS 18 Bakal Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iPhone - Tekno

, Jakarta - Pengguna iPhone yang pernah kehilangan foto atau video penting, ada kabar baik. Sebab, iOS 18 dikabarkan akan memiliki fitur untuk mengembalikan foto atau video yang hilang atau rusak.

Bocoran ini pertama kali diketahui laporan MacRumors. Mengutip Mashable, Kamis (18/7/2024), fitur baru untuk mengembalikan foto yang hilang ini terintegrasi langsung di aplikasi Photos pada iOS 18.

Dikabarkan, untuk memakai fitur ini, pengguna nantinya tinggal membuka aplikasi Photos. Selanjutnya, pengguna masuk ke menu Album dan geser ke bawah hingga menemukan submenu Utilities.

Kemudian, pengguna dapat meilihat opsi untuk memulihkan foto maupun video yang hilang atau rusak di aplikasi Photos.

Adapun fitur pemulihan ini hanya bisa dilakukan jika foto atau video tersebut masih tersimpan di perangkat, tapi mengalami kerusakan pada data sehingga tidak bisa ditampilkan.

Dengan kata lain, foto atau video yang sudah terhapus permanen di iPhone tidak dapat dipulihkan lewat fitur ini. Adapun faktor kerusakan foto atau video yang tersimpan ada beberapa macam.

Salah satunya adalah kesalahan penyimpanan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak menyimpan data dengan benar. Selain itu, kerusakan pada database juga bisa menyebabkan foto dan video tidak bisa dibaca.

Kendati demikian, perlu diingat, fitur tersebut masih dalam tahap beta. Karenanya, belum semua pengguna iPhone yang bisa menjajal, melainkan mereka yang sudah memasang iOS 18 versi beta.

Kehadiran fitur pemulihan foto dan video di iOS 18 ini pun diprediksi menjadi peningkatan paling signifikan dari Apple untuk aplikasi Photos. Sebab, pengguna iPhone kini dimungkinkan memiliki kontrol lebih besar pada koleksi foto dan video mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Install dan Download iOS 18, iPadOS 18, & macOS Sequoia Public Beta di Perangkat Apple

Apple baru saja merilis iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, watchOS 11, dan tvOS 18 versi Public Beta untuk penggunanya di seluruh negara.

OS versi Public Beta untuk iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, watchOS 11, dan tvOS 18.

Dengan pembaruan ini, pengguna iPhone, iPad, dan Macbook dapat menjajal berbagai fitur baru iOS 18 yang ditawarkan.

Namun, sebelum memulai proses instalasi, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan.

Persiapan Sebelum Instal iOS 18 Public Beta

Sebelum mengunduh dan menginstal iOS 18 Public Beta, pastikan diri kamu telah bergabung terlebih dahulu dengan beta program Apple.

Selain itu, perlu diingat bahwa versi public beta iOS 18 ini mungkin kurang stabil dan dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan potensi masalah ini, disarankan untuk menunggu rilis versi final yang lebih stabil.

Cara Mendaftar Apple Beta Software Program

  1. Kunjungi situs Apple Beta Software Program dan masukkan Apple ID Anda.
  2. Pilih perangkat yang ingin Anda daftarkan.

Langkah Menginstal iOS 18 Public Beta

Setelah berhasil mendaftar, ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal iOS 18 Public Beta di iPhone Anda:

  1. Buka menu Settings > General > Software Update > Beta Update.
  2. Pilih iOS 18 Public Beta.
  3. Klik Back, dan Anda akan melihat opsi untuk mulai update ke iOS 18 Beta.

Tunggu hingga proses download dan instalasi selesai, dan iPhone Anda akan reboot secara otomatis.

Setelah iPhone menyala kembali, Anda bisa langsung mencoba berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh iOS 18. Selamat menikmati!

3 dari 4 halaman

Fitur Baru di iOS 18, Apa Saja?

1. Home Screen Lebih Personal

Akhirnya, kini tampilan iPhone kamu tidak akan sama lagi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja yang menggunakan perangkat milik Apple tersebut.

Setelah 17 tahun, perusahaan akhirnya mengizinkan pengguna iPhone untuk mengubah tata letak dan warna ikon aplikasi.

Agar tetap tertata rapih, ikon aplikasi di HP Apple akan tetap terkunci pada kisi tidak terlihat. Namun, pengguna memiliki kebebasan untuk membuat spasi, kolom, dan baris kosong di antara ikon aplikasi.

Hal baru lainnya di Home Screen iOS 18 adalah ikon aplikasi kini dapat memiliki tampilan gelap atau berwarna.

Yup, Anda dapat mengatur ikon aplikasi agar muncul dalam mode gelap atau terang, atau ikon tersebut juga dapat secara otomatis beralih berdasarkan apakah Anda telah mengaktifkan Dark Mode di HP iPhone.

2. Ubah Kendali Lock Screen

Pengguna iOS 18 kini dapat mengubah ikon di lock screen iPhone dengan hal lain, seperti Shortcuts, pemindai kode QR, Calculator, atau Dark Mode.

Sebagai tambahan, pengguna juga bisa menghilangkan ikon Senter di lock screen.

3. Kunci dan Sembunyikan Aplikasi

Salah satu pembaruan besar-besaran yang Apple perkenalkan di iOS 18 adalah fitur untuk mengunci aplikasi di iPhone.

Kini, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut menawarkan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika ada orang yang ingin pakai iPhone.

Pengguna bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dan dikunci dengan menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode.

Saat mengaktifkan fitur baru ini, tidak ada informasi apa pun dari aplikasi muncul di tempat lainnya, termasuk Search, Siri, dan Notifikasi.

Dengan ini, pengguna dapat dengan tenang data atau informasi pribadi mereka akan bocor secara tidak sengaja.

4 dari 4 halaman

4. Control Center Didesain Ulang

Update iOS 18 lainnya memperkenalkan pembaruan Control Center dengan grup kontrol baru, dan bisa swipe ke bawah untuk mengakses Control Center Screen berbeda.

Nanti akan muncul Control Gallery yang menampilkan semua opsi di satu tempat, termasuk kontrol baru Music, Home, dan aplikasi favorit.

Anda juga bisa memilih untuk mengatur ulang, mengubah ukuran kontrol, atau membuat kontrol grup Anda sendiri sehingga semua dibutuhkan dengan sekali usap.

5. Aplikasi Passwords Baru

Apple akhirnya merombak fitur keychain password ke aplikasi Passwords. Dengan aplikasi bawaan baru ini, pengguna iPhone dapat dengan mudah menyimpan passcode, password, passkeys, password Wi-Fi, dan lainnya di satu tempat.

Agar lebih aman, Apple mengklaim aplikasi ini sudah mendukung end-to-end encryption dan tersinkronisasi ke perangkat Apple lainnya.

Jadi, bila Anda mengubah passcode Netflix, X Twitter, atau Facebook di iPhone diubah, maka akan ter-update ke seluruh perangkat Apple, seperti iPad dan Mac.

6. Aplikasi Photos Dirombak

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

Aplikasi baru Photos juga akan memperkenalkan fitur Collections, yang secara otomatis mengelompokkan foto berdasarkan Recent Days, Trips, dan People & Pets.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat