uefau17.com

Masih Terbungkus dalam Boks, iPhone Generasi Pertama Terjual Rp 339 Juta - Tekno

, Jakarta - iPhone generasi pertama milik seorang artis tato bernama Karen Green tengah dilelang di rumah lelang LCG Auctions. iPhone ini berhasil menarik perhatian karena dianggap menawarkan nilai historis yang tinggi.

Bagaimana tidak, iPhone yang rilis pertama kali pada 2007 tersebut masih terbungkus rapih dalam boks penjualannya. Bahkan, plastik yang menyelimuti boks tersebut belum dilepas.

Mengutip informasi dari The Guardian, Senin (20/2/202), Karen mengaku mendapatkan iPhone generasi pertama tersebut sebagai hadiah atas pekerjaan barunya. Namun, karena ia sudah memiliki ponsel baru, ia tidak membuka produk tersebut.

Karen juga mengaku iPhone tersebut tidak kompatibel dengan jaringan selulernya saat itu. Karenanya, ia tidak pernah membuka produk tersebut selama bertahun-tahun.

Baru di Oktober tahun lalu, ia mendengar informasi mengenai iPhone rilisan 2007 yang berhasil terjual USD 39.339,60 atau sekitar Rp 593 juta. Lalu, ia mengontak LCG Auctions untuk melelang perangkat besutan Apple miliknya tersebut.

Saat ini, lelang iPhone generasi pertama tersebut masih berlangsung dan berakhir pada 19 Februari waktu setempat. Berdasarkan informasi, ada 19 penawaran yang telah diajukan untuk bisa mendapatkan iPhone tersebut.

Adapun untuk nilai terakhir penawaran yang diajukan untuk perangkat tersebut adalah USD 22.392 atau sekitar Rp 339 juta. Sebelumnya, LCG Auctions sendiri menaksir iPhone ini bisa terjual dengan harga USD 50.000 atau sekitar Rp 754 juta.

Mengingat waktu lelang akan berakhir sebentar lagi, menarik untuk mengetahui penawaran terakhir atau harga iPhone berusia 16 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Desain iPhone 15 Pro dengan Port USB C Beredar di Internet

Di sisi lain, sebuah gambar yang dianggap sebagai iPhone 15 Pro beredar di media sosial Twitter pada Jumat (17/02/2023) sore. Menariknya, gambar yang dibagikan oleh akun @URedditor ini memperlihatkan port USB C alih-alih port Lightning pada iPhone generasi mendatang.

Sejak tahun 2012, Apple telah menggunakan port Lightning pada sebagian besar produknya. Maka, peralihan ke USB C ini menjadi salah satu perubahan signifikan bagi generasi terbaru iPhone yang akan rilis di tahun 2023 ini. 

Meskipun Apple telah menggunakan USB C pada berbagai produknya seperti iPad dan Mac, bocoran gambar tersebut tetap menarik perhatian pengguna karena iPhone belum mengikuti jejak produk lainnya dengan port USB C.

3 dari 4 halaman

Bocoran Soal iPhone dengan USB C

Sementara itu, iPhone merupakan produk Apple yang memiliki kontribusi paling tinggi pada total pendapatan Apple di tahun 2022.     

Sebelumnya, berbagai model computer-aided design (CAD) untuk iPhone 15 Pro juga telah bermunculan. Umumnya, Apple memberikan bocoran desain kepada pabrik-pabrik di Asia guna mempersiapkan casing sebelum peluncuran resmi produk berikutnya. 

Pada render yang diterbitkan oleh 9to5Mac berdasarkan render CAD sebelumnya, visualisasi pertama dari desain bezel yang lebih tipis dan tepi melengkung juga cukup akurat dengan bocoran foto iPhone 15 Pro yang beredar.

4 dari 4 halaman

USB C Gantikan Port Lightning

Dilansir dari 9to5Mac, perubahan port Lightning ke USB-C bisa jadi merupakan dampak dari adanya tekanan dari Uni Eropa yang mendorong produsen untuk mengikuti standar pengisian daya umum pada semua jenis smartphone dan perangkat. Regulasi ini juga berlaku pada kamera digital, konsol video games, dan tablet yang mendukung teknologi pengisian baterai.

Pada aturan ini juga disebutkan bahwa setelah tanggal 28 Desember 2024, setiap produk yang dipasarkan di Uni Eropa wajib menggunakan port USB-C. Hal ini telah diresmikan dan dicatat dalam jurnal Europian Union Law 2022. 

Meskipun foto tersebut hanya menunjukkan bocoran untuk iPhone 15 Pro, pembaruan port akan hadir pada seluruh jajaran iPhone 15, termasuk iPhone 15 Plus dan Pro Max. Sementara itu, penyempurnaan desain pada seri ini akan mengikuti masing-masing model iPhone 15. 

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat