uefau17.com

Tahun Baru 2023, Trafik Internet Naik Hingga 50 Persen Dipicu Akses Medsos dan Streaming - Tekno

, Jakarta - Momen pergantian tahun 2022 ke 2023 menjadi berkah tersendiri bagi operator seluler. Pasalnya pada waktu tersebut, sejumlah operator seluler melaporkan terjadinya kenaikan trafik internet.

Operator XL Axiata misalnya, menyebut pada periode Natal dan Tahun Baru, antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik meningkat 8 persen dibandingkan hari normal. Puncak kenaikan trafik terjadi pada malam tahun baru mencapai 50 persen dibandingkan kondiri hari normal.

Sementara Indosat Ooredoo Hutchison dengan produk IM3 dan Tri mencatat kenaikan trafik layanan hingga 16 persen pada 1 Januari 2023, dibandingkan hari normal.

Serupa, Telkomsel menyebut ada peningkatan lalu lintas internet hingga 11,6 persen selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Telkomsel mencatat, total payload mencapai 49,8 persen pada periode Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan data masing-masing operator, lonjakan trafik tersebut dipicu oleh meningkatnya akses ke layanan berbasis video, termasuk streaming hingga media sosial.

Untuk operator XL Axiata, peningkatan trafik didominasi aktivitas streaming pengguna, lalu file access, game, hingga web browsing. Peningkatan streaming sendiri 25 persen dibandingkan hari normal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game, Video, hingga Medsos Mendominasi

Trafik game meningkat 35 persen dan web browsing naik 30 persen dibanding hari normal. Medsos-medsos populer juga banyak diakses pengguna, mulai dari Facebook, Twitter, serta Instagram.

Layanan berbagi video YouTube hingga TikTok juga mencatatkan kenaikan trafik hingga 22 persen dibanding hari normal.

Tak lupa, trafik WhatsApp hingga Telegram juga mengalami peningkatan. Di mana, trafik Telegram naik paling drastis, yakni 737 persen.

Layanan streaming musik seperti Spotify dan Joox pun turut mengalami peningkatan trafik. Begitu juga dari sisi game. Mobile Legends hingga Free Fire ternyata paling mendominasi trafik dari sisi game.

3 dari 4 halaman

Aplikasi Streaming Apa Saja yang Banyak Diakses?

Untuk aplikasi streaming video, Disney Plus Hotstar, Vidio, WeTV, dan Amazon Prime Video mencatatkan trafik yang tinggi selama periode Natal dan Tahun Baru.

Begitu pula dengan trafik ke layanan navigasi yang juga naik seiring dengan masa libur panjang. Misalnya penggunaan Google Maps, Waze, hingga Apple Map.

Di Indosat Ooredoo Hutchison, peningkatan trafik data dipicu penggunaan aplikasi berbasis video hingga pesan. Mulai dari WhatsApp, YouTube, Instagram, TikTok, hingga Facebook.

4 dari 4 halaman

Di Telkomsel

Lalu di Telkomsel, trafik disumbang oleh meningkatnya akses ke medsos, layanan pesan dan video conference, streaming, hingga mobile gaming. Layanan browsing juga mengalami peningkatan trafik, sementara penggunaan e-commerce di kalangan pelanggan Telkomsel justru turun meski angkanya kecil.

Serupa, aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, dan Instagram mengalami peningkatan penggunaan. Lain halnya dengan YouTube yang trafiknya turun sedikit dibanding hari normal.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat