uefau17.com

Jutaan Bakteri Menempel di Keyboard, Ini Cara Mudah Bersihkan Keyboard Laptop - Tekno

, Jakarta Kebersihan keyboard laptop patut menjadi perhatian setiap orang. Pasalnya, debu dan kotoran yang menempel di keyboard laptop dapat masuk ke tubuh melalui jari-jari. Tanpa sengaja, ketika sedang mengetik, jari itu kamu gunakan untuk makan atau memegang wajah dan mulut. Hal tersebut tentu berbahaya dan memudahkan bakteri masuk ke tubuh, bahkan bisa membuat muka kamu jadi jerawatan.

Dalam riset CBT Nuggets, menyebutkan keyboard menduduki tempat kedua dengan jumlah bakteri sebanyak 3,5 juta. Angka ini membuat keyboard bahkan lebih kotor daripada dudukan toilet. Mengetahui begitu banyaknya risiko bakteri, maka kamu harus rutin membersihkan keyboard untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu.

Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membersihkan laptop yang aman, yuk simak cara di bawah ini.

Matikan Laptop

Pertama-tama, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan serta menghindari kerusakan saat proses pembersihan. Karena mungkin saja kamu akan menekan tombol tertentu saat membersihkannya. Kamu bisa menyalakan kembali laptop setelah proses pembersihan sudah selesai.

Balik dan Tepuk Keyboard Secara Perlahan 

Setelah laptop sudah dalam keadaan mati, balik keyboard dan tepuk bagian belakang laptop dengan perlahan. Cara satu ini mudah dilakukan untuk membersihkan sisa remahan yang mungkin masuk dalam celah tombol.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Kuas Lembut

Untuk hasil yang lebih optimal kamu bisa membersihkannya dengan kuas lembut atau bisa gunakan kuas makeup. Bersihkan sisa debu atau remahan makanan pada sela-sela keyboard dari arah dalam keluar. Kuas yang berukuran kecil lebih mudah untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Pastikan setiap celah keyboard sudah bersih. 

Bersihkan dengan alcohol swab

Cara yang satu ini juga sekaligus untuk sterilisasi dari kuman yang menempel pada keyboard. Caranya cukup mudah, lap area tombol dan sisi samping keyboard dengan alcohol swab secara merata. 

Pastikan alcohol swab tidak terlalu basah agar tetesan air tidak masuk dan berujung merusak keyboard. Setelah itu diamkan sampai mengeringkan atau bisa keringkan dengan hair dryer.

Gunakan kain microfiber

Lap microfiber terbuat dari bahan serat yang halus sehingga cocok untuk membersihkan permukaan keyboard. Lap ini sangat efektif untuk mengangkat sisa debu dan kotoran. Caranya cukup basahkan kain lap dengan air, pastikan tidak ada tetesan air. Lalu lap permukaan keyboard secara lembut dan merata. Setelah itu biarkan sampai kering atau bisa keringkan dengan hair dryer. 

Itu dia cara mudah dan aman untuk membersihkan keyboard laptop. Jangan malas untuk rutin membersihkan keyboard laptop kamu demi menjaga kesehatan dan kenyamanan dalam bekerja.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat