uefau17.com

Cara Main Game Android di PC Windows via Google Play Games - Tekno

, Jakarta - Google Play Games kini sudah dapat dinikmati oleh gamer di Indonesia, dimana player dapat main game Android di perangkat PC atau laptop Windows 11 mereka.

Walau masih sebatas versi beta, gamer yang ingin menikmati bermain gim Android di PC atau laptop pun kini tidak perlu lagi mengandalkan emulator.

Cukup dengan men-download software milik Google tersebut, dan instal ke perangkat PC atau laptop Windows 11, kamu sudah bisa langsung main beragam judul game Android.

Hingga berita ini diturunkan, ada sekitar lebih dari 40 judul game Android yang sudah bisa dimainkan menggunakan Google Play Games versi beta ini.

Beberapa judul game tersebut adalah Mobile Legends, 1945 Ari Force, Blade Idle, Cookie Run: Kingdom, dan masih banyak lagi.

Menariknya, kamu dapat memainkan gim-gim tersebut menggunakan keyboard dan mouse.

Nah, bagaimana cara main game Android di PC atau laptop dengan Windows 11 via Google Play Games? Simak langkahnya berikut ini.

1. Cek Spesifikasi rekomendasi dan minimum PC

Sebelum instal Google Play Games PC, pastikan perangkat kamu sudah memenuhi syarat minimum spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Windows 10 (v2004)
  • Solid State Drive (SSD) dengan ruang penyimpanan kosong 10 GB
  • GPU Intel UHD Graphics 630 atau yang sebanding CPU dengan 4 core fisik
  • RAM 8 GB
  • Akun admin Windows
  • Virtualisasi hardware harus diaktifkan

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Download Google Play Games

Situs Google Play Games PC

Kamu dapat menuju ke situs resminya dengan menyalin tautan atau link download berikut di browser-mu: https://play.google.com/googleplaygames

Setelah itu, klik "Download beta" dan lanjutkan proses instalasi software pada umumnya.

3. Login di Google Play Games

Setelah proses instal selesai, login menggunakan akun Google kamu. Ingat, proses ini sekaligus mensinkronisasi game yang terpasang di HP Android.

4. Main Game Android di PC atau Laptop Windows 11

Setelah login, maka kamu dapat langsung mencari judul game Android apa yang ingin dimainkan pakai Google Play Games.

Setelah itu, klik "Install on Windows". Gimana sangat mudah bukan? Selamat bermain sahabat .

 

 

3 dari 4 halaman

Masih Versi Beta

Google Play Games versi beta untuk PC kini sudah menjangkau pemain di Indonesia. (Dok: Google)

Mengingat masih berada dalam versi beta, Google mengaku akan berupaya untuk bisa menghadirkan akses bermain game Android di perangkat Windows ini dalam versi penuh.

Untuk itu, Google akan menambahkan fitur baru sekaligus melakukan evaluasi berdasarkan masukan dari developer maupun pemain.

Google Play Games PC sendiri pertama kali meluncur di Australia, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan.

Cakupan platform ini lalu diperluas ke beberapa negara. Selain di Indonesia, layanan ini dapat diakses di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brasil, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Karena menggunakan akun Google, maka gamer dapat mensinkronisasi gim yang sedang dimainkan ke perangkat pendukung lainnya. 

4 dari 4 halaman

Main Game Android di PC

Google Play Store. (Istimewa)

Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan pengguna memainkan game Android melalui laptop, PC, atau tablet dengan sistem operasi Windows.

"Tujuan utama kami adalah menjangkau para pemain game di mana pun mereka berada dan memberi mereka akses ke berbagai macam game di sebanyak mungkin perangkat," tulis Google dalam keterangan resminya.

Selain memperluas cakupannya, Google juga menambah daftar koleksi game yang bisa dimainkan.

Google juga menuturkan telah membuat langkah signifikan agar layanan ini bisa menjangkau lebih banyak pemain. Hal itu dilakukan dengan mengurangi persyaratan spesifikasi minimum PC yang bisa mengkases layanan Google Play Games.

"Kami senang dapat memperluas platform kami ke lebih banyak pasar, sehingga para pemain dapat menikmati game favorit mereka di Google Play," tulis perusahaan.

(Ysl/Dam)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat