uefau17.com

Jaringan 4G XL Axiata Selimuti 100 Persen Desa dan Kelurahan di Bali - Tekno

, Jakarta - XL Axiata memastikan jaringan Bali dalam kondisi prima dan siap menyambut pembukaan kembali pariwisata Bali setelah dua tahun terdampak pandemi.

Dalam keterangan yang diterima Jumat (15/10/2021), jaringan 4G XL Axiata di Bali terus mengalami peningkatan. Selama pandemi, XL Axiata tak pernah absen membangun jaringan di seluruh Bali, termasuk di area yang sebelumnya belum dijangkau layanan XL Axiata.

Disebutkan, kini sudah 716 desa di 57 kecamatan dan 9 kabupaten/kota di Bali yang terlayani layanan 4G XL Axiata. Dalam kesempatan yang sama, perusahaan juga mulai memperkenalkan jaringan 5G ke masyarakat Bali.

Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, XL Axiata antusias dengan rencana pembukaan kembali pariwisata.

"Jaringan XL Axiata sudah kami siapkan untuk menyambut segala keperluan mendukung kembalinya wisatawan domestik maupun mancanegara ke Bali," kata Gede.

Ia mengatakan, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 6.600 BTS di Bali yang 2.400 di antaranya adalah BTS 4G. Gede mengatakan, jumlah BTS 4G bakal terus ditambah seiring perluasan jaringan di seluruh Bali.

Tak hanya untuk menyokong pariwisata, kehadiran jaringan 4G XL di seluruh Bali juga merupakan langkah perusahaan mendorong peningkatan literasi digital, terutama untuk masyarakat di pelosok perdesaan.

Gede mengatakan, dengan tersedianya internet berkualitas dan literasi digital yang meningkat, pada gilirannya akan mendorong produktivitas dan membantu ekonomi digital masyarakat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambah Kapasitas 4G 

Tak hanya menambah BTS dan memperluas jaringan, XL Axiata juga menambah kapasitas jaringan 4G dari sisi radio, transmisi, dan fiberisasi.

Gede mengungkap, kini sebagian besar BTS di Bali sudah terfiberisasi dan jumlahnya akan terus ditingkatkan. Sejak awal tahun 2021 hingga saat ini, ada 497 BTS yang kapasitasnya ditingkatkan.

Trafik Internet XL Meningkat di Bali

Gede juga mengungkap, selama setahun dalam pandemi, trafik intrenet XL Axiata di Bali mengalami peningkatan 16 persen. Kenaikan trafik tinggi terjadi di Singaraja dan Denpasar yang merupakan ibu kota provinsi.

Sejak Bali dibuka untuk wisawatan domestik Agustus 2021, trafik layanan data jaringan 4G juga mengalami peningkatan.

XL Axiata pun memastikan kualitas jaringan 4G di tempat wisata tetap terjaga. Antara lain dengan menyiapkan jaringan 4G di Sanur melalui 22 BTS, Kuta 13 BTS, Nusa Dua 39 BTS, Ubud 13 BTS, Kintamani 12 BTS, Seminyak 18 BTS, Jimbaran 19 BTS, Canggu 15 BTS, dan Nusa Penida sebanyak 9 BTS.

Untuk menopang kebutuhan Denpasar sebagai kota teramai di Bali, XL Axiata mengoperasikan 331 BTS. Khusus di Bandara Ngurah Rai, XL Axiata menyiapkan 11 BTS 4G, Pelabuhan Tanjung Benoa 4 BTS 4G, dan Pelabuhan Gilimanuk 3 BTS 4G. Semua desa tujuan wisata juga telah terlayani jaringan 4G XL Axiata.

 

3 dari 4 halaman

Demo 5G di Bali

XL Axiata juga menempatkan Bali sebagai salah satu lokasi prioritas untuk implementasi jaringan 5G. Untuk itu, XL Axiata juga mulai mengenalkan jaringan dan layanan 5G kepada warga masyarakat Pulau Dewata pada Rabu (13/10).

Gede mangatakan, acara pengenalan 5G ini adalah salah satu tahap persiapan XL Axiata untuk menggelar layanan 5G secara komersial dan masif nantinya.

"Bersama kota-kota penting lainnya, Bali menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi prioritas implementasi jaringan 5G XL Axiata karena Bali adalah salah satu etalase Indonesia," katanya.

Gede menambahkan, tiap tahunnya jutaan wisatawan domestik dan manca negara datang ke Bali. Mereka akan menilai kenyamanan Bali antara lain dari keberadaan layanan data dan internet yang tersedia.

Di lokasi demo, pelanggan yang sudah memiliki smartphone yang mendukung 5G XL Axiata bisa mencoba langsung layanan 5G XL Axiata dari handset masing-masing.

Sementara, mereka yang belum memiliki perangkat 5G pendukung bisa merasakan 5G XL Axiata melalui beragam demo layanan 5G yang ditampilkan, serta edukasi terkait jaringan 5G.

Untuk demo 5G dilakukan di XL Center Sunset Road Jalan Sunset Road No. 818, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, pelanggan bisa mencoba demo cloud gaming, 4K video streaming, 360 degree camera untuk live video streaming dan juga VR glass.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat