uefau17.com

XL Axiata Minta Pemerintah Lindungi Industri Telko, Terapkan Aturan yang Setara Buat Starlink - Tekno

, Jakarta - XL Axiata meminta pemerintah untuk memberlakukan aturan yang setara jika Starlink menggelar layanan langsung ke konsumen (B2C).

Pasalnya, saat ini Starlink mulai menjajaki layanan direct to cell atau menjual langsung layanan internet ke smartphone, alih-alih hanya menyediakan infrastruktur ke pelanggan business to business (B2B) dan pelanggan rumah. 

Group Head Corporate Communications & Sustainability XL Axiata, Reza Mirza mengatakan, layanan direct-to-cell sama seperti penjualan langsung ke konsumen (B2C).

Untuk itu, XL mengharapkan pemerintah menerapkan aturan dan kewajiban yang setara bagi Starlink dengan kewajiban yang dijalankan perusahaan telekomunikasi Indonesia.

"Untuk direct-to-cell (Starlink), kami berharap pemerintah juga menerapkan level playing field yang sama. Kami mendorong, memohon ke pemerintah agar Starlink setidaknya melakukan kerja sama dengan penyelenggara seluler atau operator, jadi tidak (jualan layanan) direct ke end user," kata Reza, ditemui di Jakarta, Rabu (5/4/2024).

Reza mengatakan, pihaknya melihat teknologi internet berbasis satelit low-earth-orbit seperti Starlink merupakan teknologi baru yang seharusnya bisa dikolaborasikan dengan perusahaan telkomunikasi eksisting.

"Karena kalau direct ke end user itu dampaknya besar ke industri (telekomunikasi)," katanya.

XL Axiata sendiri telah aktif menyuarakan pandangannya tentang layanan Starlink ke pelanggan melalui Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Saat ini, ATSI yang beranggotakan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia tengah menunggu arahan dari pemerintah mengenai hal ini.

Meski memiliki keberatan tentang kehadiran layanan langsung Starlink ke pelanggan, XL Axiata terbuka untuk kerja sama business to business dengan Starlink sebagai penyedia layanan internet berbasis satelit.

"Kami terbuka untuk kolaborasi dengan Starlink tetapi konkretnya seperti apa, masih belum. Kami terbuka untuk kolaborasi B2B," ia menuturkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

XL Rilis Paket Internet Bebas Puas Mulai Rp 2000, Pelanggan Bisa Atur Kuota Sesuai Kantong

<p>Peluncuran Paket Internet Bebas Puas XL Axiata di Jakarta, Rabu (5/4/2024). (/ Yuslianson)</p>

XL Axiata merilis paket internet Bebas Puas. Paket internet ini hadirkan kuota harian dan masa aktif yang bisa terus terakumulasi.

Kehadiran paket Bebas Puas merupakan upaya XL Axiata untuk menjembatani kebutuhan pelanggan yang melakukan pembelian kuota harian.

Hal ini tidak lepas dari hasil survei XL Axiata yang menyebut kalau ada cukup banyak pelanggan yang memilih membeli kuota harian karena lebih terjangkau dari sisi ekonomis ketimbang jika membeli kuota bulanan.

Apalagi, pelanggan XL Axiata terdiri dari berbagai lapisan ekonomi. Kuota internet sendiri dimanfaatkan secara beragam oleh pelanggan, untuk bekerja, belajar, kebutuhan hiburan, terhubung dengan keluarga, hingga untuk mendukung usaha produktif mereka.

 

3 dari 4 halaman

Paket Bebas Puas XL Axiata

<p>Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata David Arcelus Oses meluncurkan paket Bebas Puas, kuota internet yang bisa dibeli pelanggan sesuai kebutuhan dan isi kantong, di Jakarta, Rabu (5/4/2024). (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Dengan begitu, kehadiran Paket Bebas Puas ini seolah memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi pelanggan untuk memilih paket sesuai dengan kemampuan ekonomi dan kebutuhan mereka.

Adapun paket Bebas Puas XL Axiata ini dibanderol mulai dari Rp 2.000 untuk kuota 0,4GB dengan masa aktif 1 hari, Rp 3.000 untuk kuota 1GB per hari, Rp 6.000 dengan kuota 3GB, Rp 8.000 dengan kuota 5GB, Rp 15 ribu per lima hari, Rp 30 ribu per 10 hari, dan lain-lain.

Paket Bebas Puas ini bisa didapatkan mulai 30 Mei 2024 melalui aplikasi MyXL, toko pulsa, dan toko online.

Dikatakan oleh Direktur sekaligus Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, XL Axiata memahami akses digital merupakan hal yang penting bagi masyarakat di semua lapisan ekonomi. XL juga paham kalau kebutuhan pelanggan satu dengan lainnya masing-masing berbeda.

4 dari 4 halaman

XL Axiata Rilis Produk Baru

<p>Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata David Arcelus Oses meluncurkan paket Bebas Puas, kuota internet yang bisa dibeli pelanggan sesuai kebutuhan dan isi kantong, di Jakarta, Rabu (5/4/2024). (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Oleh karenanya, XL Axiata berupaya mengembangkan penawaran produk baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kebutuhan yang berbeda itu yang mendasari kami merancang paket baru 'Bebas Puas'. Paket internet Bebas Puas ini menawarkan fleksibilitas tinggi bagi pelanggan memilih paket sesuai kemampuan dan kebutuhan mereka," kata David, dalam peluncuran paket internet Bebas Puas di Jakarta, Rabu (5/4/2024).

Paket ini disebut Bebas Puas karena menawarkan keunggulan berupa kuota dan masa aktif yang bisa diakumulasi. Kelebihan untuk akumulasi kuota dan masa aktif ini adalah satu-satunya di pasaran.

Artinya, ketika pelanggan membeli paket Bebas Puas, masa aktif akan ditambah. Hal ini membuat pelanggan punya masa aktif yang panjang. Jika diakumulasikan, pembelian kuota harian bahkan bisa memiliki masa aktif seperti saat membeli kuota bulanan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat