uefau17.com

8 Pengumuman Penting Apple di Peluncuran iPhone 13 Series, Apa Saja? - Tekno

, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan perangkat andalannya iPhone 13 series dalam gelaran Apple Event yang ditayangkan live streaming, 15 September 2021 dini hari.

Kalau kamu tidak sempat menonton hajatan akbar perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, AS ini, Tekno berikan inti sari dari peluncuran iPhone 13. Informasi ini dikutip dari The Verge, Rabu (15/9/2021).

1. iPhone 13 Hadir dengan Desain Mirip, Beda di Kamera dan Notch

Apple iPhone 13 Mini dan iPhone 13 memiliki desain yang sama dengan dengan iPhone 12 tahun lalu. Namun iPhone 13 ini hadir dengan ukuran notch yang lebih kecil dan kedua kamera ditempatkan dalam posisi diagonal.

Kedua iPhone 13 sama-sama dibekali chipset A15 Bionic dan peningkatan di sistem kamera. Apple juga menjanjikan iPhone 13 Mini dan iPhone 13 memiliki daya tahan baterai lebih lama dibanding pendahulunya.

iPhone 13 Mini dan iPhone 13 tidak lagi menyajikan memori internal 64GB. Kini versi memorinya mulai dari 128GB, 256GB, dan 512GB.

Soal harga, iPhone 13 mini dibanderol mulai dari USD 699 atau setara Rp 10 jutaan. Sementara iPhone 13 dijual dengan harga mulai dari USD 799 atau setara Rp 11,3 jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max Dibekali Refresh Rate 120Hz

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung desain yang familiar dengan pendahulunya. Sisi perangkat berbahan stainless steel dan punya tampilan matte di bodi belakang.

Upgrade utama dari iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah pada bagian layar. Di sektor ini, Apple membenamkan refresh rate hingga 120Hz, dengan fitur bernama ProMotion.

Fitur ini merupakan teknologi adaptive refresh rate yang sudah diaplikasikan pada smartphone Android, misalnya merek Samsung. Dengan fitur ProMotion, iPhone 13 Pro series menyesuaikan refresh rate dengan konten atau aplikasi yang dibuka pengguna, antara 10-120Hz.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung chipset A15 Bionic. Dengan chipset ini, Apple menjanjikan daya tahan baterai lebih lama dibandingkan pendahulu.

iPhone 13 Pro dibanderol mulai USD 999 atau setara Rp 14,2 jutaan. Sementara iPhone 13 Pro Max dilepas mulai dari USD 1.099 atau setara Rp 15,6 jutaan. Sebagai kejutan, iPhone 13 Pro series menghadirkan opsi memori tertinggi 1TB.

3 dari 8 halaman

3. iPhone 13 Series Hadirkan Cinematic Video dan Photograph Styles

Dua fitur utama di kamera iPhone 13 series adalah Cinematic Video. Fitur ini menerapkan gaya buram pada mode portrait ke background video.

Sementara untuk hasil foto, Apple menyuguhkan fitur Photograph Styles, memungkinkan pengguna memilih gaya berbeda sebelum mengambil foto. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan tertentu.

 

4 dari 8 halaman

4. Apple Watch 7 Punya Desain Baru, Layar Lebih Lega

Apple Watch Series 7 didukung dua opsi layar yakni 41mm dan 45mm. Desainnya pun agak dimodifikasi termasuk ukuran layar yang lebih lega.

Beberapa elemen UI juga di update untuk mengakomodasi layar yang lebih besar. Salah satunya adalah Watch 7 kini bisa menampilkan keyboard lengkap.

Apple Watch 7 dibanderol mulai dari USD 399 atau setara Rp 5,6 jutaan. Namun tak seperti iPhone yang langsung bisa dipesan, Apple Watch 7 baru akan hadir musim gugur nanti.

5 dari 8 halaman

5. Mode Workout Baru di Fitness Plus

Apple mengumumkan beberapa pembaruan pada layanan kebugarannya, Fitness Plus. Apple menambahkan latihan Pilates, meditasi terpandu, dan latihan yang terinspirasi olahraga musim dingin ke layanan kebugaran ini.

Ke depan, group workout juga akan hadir pada musim gugur. Group workout memungkinkan pengguna berolahraga bersama teman-teman.

Tidak hanya itu, Fitness Plus juga bakal dihadirkan ke lebih banyak negara pada musim gugur ini.

 

6 dari 8 halaman

6. iPad Mini Punya Layar Lebih Lega

iPad Mini baru Apple hadir dengan desain baru, mirip dengan iPad Air yang rilis tahun 2020.

iPad Mini didukung layar 8,3 inci dengan sensor Touch ID ditempatkan pada tombol daya. iPad Mini juga didukung port USB Type C.

Apple membenamkan kamera depan ultra wide 12MP yang didukung teknologi Center Stage. Center Stage memungkinkan kamera mengenali gerakan pengguna, sehingga di saat virtual meeting pengguna bergerak, kamera menyesuaikan agar si pengguna tetap terlihat di frame.

iPad Mini juga didukung konektivitas 5G. Selain itu juga bisa terhubung dengan Apple Pencil generasi kedua yang dapat terhubung secara magnetis ke sisi tablet.

Tablet baru Apple ini dibanderol mulai dari USD 499 atau Rp 7 jutaan . iPad Mini bakal tersedia mulai 24 September 2021 di AS.

7 dari 8 halaman

7. iPad 9 dengan Chipset A13 Bionic

Pada awal acara, CEO Apple Tim Cook memperkenalkan iPad 9 dengan chip A13 Bionic. iPad 9 ini didukung kamera depan ultrawide 12MP yang mendukung Center Stage, seperti pada iPad Mini.

iPad 9 diibanderol mulai dari USD 329 atau setara Rp 4,6 jutaan dengan opsi memori internal 64GB.

 

8 dari 8 halaman

8. Jadwal Rilis iOS 15

Agak berbeda dengan Apple Event tahun sebelumnya, Apple hanya mengumumkan berbagai perangkat barunya. Sementara update software iOS bakal diumumkan pada 20 September 2021 atau sekitar lima hari ke depan.

Dalam waktu yang dijadwalkan, Apple akan kembali mengungkap software untuk berbagai perangkatnya, yakni iOS 15, iPadOS 15, dan WatchOS 8.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat