uefau17.com

FORWAT dan Telkomsel Gelar Donasi Covid-19 untuk Jurnalis Senilai Rp 260 Juta, Begini Mekanismenya - Tekno

, Jakarta - Guna meringankan beban para jurnalis yang terpapar Covid-19, Forum Wartawan Teknologi (FORWAT) bersama Telkomsel menggelar program donasi senilai Rp 260 juta.

Penyaluran bantuan ini dilakukan Tim Satgas Covid-19 FORWAT. Bentuknya berupa uang tunai yang bisa digunakan untuk biaya pengobatan, biaya akomodasi, biaya kebutuhan pangan selama masa perawatan, dan penggantian biaya hidup keluarga yang perlu ditanggung selama pasien menjalani isolasi atau pun rawat inap.

Bantuan ini akan diberikan kepada jurnalis, terutama yang meliput di sektor teknologi dan telekomunikasi. Meski demikian, Forwat dan Telkomsel tetap membuka peluang bagi jurnalis secara umum.

Wakil Ketua Umum Forwat, Insaf Albert Tarigan, mengatakan selama ini pihaknya bersama rekan-rekan jurnalis telah beberapa kali melakukan penggalangan dana untuk membantu rekan sesama profesi yang terdampak Covid-19.

Kolaborasi antara Forwat dengan Telkomsel dimaksudkan agar bantuan bisa menjangkau lebih banyak jurnalis, terutama di sektor teknologi dan telekomunikasi.

"Forwat mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel yang sejak awal menjadi satu-satunya operator yang menunjukkan kepedulian dan empati terhadap teman-teman jurnalis yang terdampak Covid-19," kata Albert melalui keterangannya, Jumat (9/7/2021).

Albert berharap bantuan ini bisa meringankan beban teman-teman yang terdampak Covid-19. Tak lupa pihaknya mengingatkan kepada seluruh jurnalis dan stakeholders supaya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Program penyaluran donasi tersebut akan dikelola Forwat, dan dimulai pada bulan Juli 2021. Jurnalis yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan dirinya sendiri dan atau keluarga inti (istri/suami, dan anak).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut ini Mekanismenya

Langkah-langkah pemberian donasi kepada jurnalis terdampak Covid-19 adalah sebagai berikut:

- FORWAT membentuk tim Satgas Covid yang bertugas untuk menangani distribusi donasi

- FORWAT menyiapkan formulir pendaftaran donasi Covid-19 yang bisa diakses melalui laman forwat.id

- Pasien atau keluarga dari jurnalis yang terinfeksi Covid-19 mengisi formulir dengan menyertakan bukti hasil test PCR daN Kartu Keluarga (formulir bisa diperoleh di laman https://www.forwat.id/p/donasi.html)

- Tim Satgas Covid FORWAT melakukan verifikasi data

- Menyerahkan bantuan ke jurnalis yang terpapar Covid-19

 

3 dari 3 halaman

Besaran Donasi yang Diterima

Sedangkan untuk besaran donasi yang akan diberikan:

- Untuk jurnalis yang terdampak Covid-19, baik dalam proses rawat inap atau isolasi mandiri berhak menerima biaya perawatan maksimal Rp 2.000.000 per pasien

- Untuk keluarga inti jurnalis, berhak mendapatkan Rp 1.000.000 per pasien.

Sebagai catatan, laporan distribusi donasi akan di-update secara berkala yang bisa diakses di laman forwat.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat