uefau17.com

Ini Kesiapan XL Axiata untuk Rilis Layanan VoLTE - Tekno

, Jakarta - Pada paruh kedua tahun 2020 ini operator seluler XL Axiata bersiap untuk meluncurkan VoLTE (Voice over LTE).

Dalam salah satu sesi di virtual media update pada Selasa (18/8/2020), Rahmadi Mulyohartono selaku Group Head, VP - Commercial GTM - ‎PT XL Axiata Tbk menyampaikan perkembangan kesiapan perusahaan untuk merilis layanan VoLTE.

"Saat pengguna melakukan panggilan suara, biasanya jaringan pindah ke 3G atau H+. Jadi, saat streaming atau browsing, koneksi langsung putus karena jaringan berpindah," ujar Rahmadi.

Berbeda dengan panggilan suara konvensional, panggilan VoLTE berjalan di jaringan yang sama untuk internetan, yakni LTE. Dengan demikian, kata Rahmadi, layanan data XL Axiata di jaringan LTE akan tetap aktif meski pengguna sedang melakukan panggilan VoLTE.

"Kelebihan dari VoLTE ini antar lain kualitas suara lebih baik. Selain itu, VoLTE juga tersambung lebih cepat daripada panggilan suara biasa," ujar Rahmadi.

Perusahaan mengklaim lebih dari 90 persen perangkat milik pelanggan XL saat ini sudah mendukung jaringan LTE.

"Dari situ, 90 persen di antaranya juga sudah VoLTE-capable. Artinya, secara keseluruhan sudah sekitar 80 persen pelanggan XL mendukung VoLTE," tutur Rahmadi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan lebih dari setahun

Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan layanan VoLTE telah dilakukan sejak setahun lalu dan itu termasuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan karena secara teknis persyaratan VoLTE lebih tinggi daripada layanan LTE biasa yang biasa dipakai untuk internetan.

"Jadi, ini perjalanan tidak singkat, melainkan bertahap. VoLTE ini perlu kualitas jaringan lebih baik daripada layanan LTE biasa," kata Gede.

Misalnya, kata Gede, pengguna tidak akan terlalu merasakan perbedaan kontras, ketika LTE yang dipakai untuk browsing mengalami penurunan kualitas. Namun untuk VoLTE, penurunan kualitas sangat berdampak langsung saat itu juga dan boleh jadi menyebabkan drop-call (panggilan terputus).

3 dari 3 halaman

Demo di Dua Kota

Meski beberapa tahun lalu pernah diprediksi bahwa layanan suara akan mengalami penurunan signifikan, ternyata selama enam bulan terakhir di masa pandemi layanan suara di XL Axiata cenderung mendatar, bahkan sempat agak naik.

"Kemudian dari segi infrastruktur, VoLTE ini juga lebih efisien," tutur Gede.

Untuk saat ini, XL Axiata menyiapkan layanan VoLTE ini untuk dua kota, yakni Medan dan Jakarta. Namun secara paralel, XL Axiata juga melakukan persiapan untuk beberapa kota besar lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat