uefau17.com

Museum SBY-Ani Jadi Bukti Cinta Abadi SBY untuk Istri Tercinta: Semoga Almarhum Tersenyum dan Turut Bahagia dengan Peresmian Ini - Surabaya

 

, Pacitan - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Museum dan Galeri SBY*ANI yang dibangun menyerupai istana gedung putih, di Pacitan, Jawa Timur, Kamis 17 Agustus 2023 malam.

"Museum dan Galeri ini bentuk rasa cinta saya kepada rakyat, TNI dan istri saya tercinta Ani Yudhoyono," ucap SBY.

Diakui SBY, Ani lah yang mendorongnya untuk segera membangun Museum dan Galeri SBY*ANI di tanah kelahiran SBY di Pacitan.

Cita-cita itu menguat tatkala Ani sedang berjuang melawan sakit pada 2019. Asa untuk membangun museum bersama SBY belum sempat terwujud hingga ibu negara Presiden ke-6 RI itu berpulang.

Namun mimpi itu tidak pernah padam. Cinta tulus SBY menguatkannya untuk membangun museum dan galeri SBY*ANI di Kota 1001 Goa, Pacitan.

"Merasa bersyukur amanah almarhum telah ditunaikan. Semoga tersenyum dan turut bahagia dengan peresmian ini," lanjut dia.

SBY mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir malam itu, yang datang dari Jakarta, dan daerah-daerah lain di Indonesia.

"Semoga ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua, masyarakat Pacitan, masyarakat Jawa Timur, dan masyarakat Indonesia," kata SBY.

Ia mengatakan, peresmian museum dan galeri SBY*ANI sengaja dipilih pada tanggal 17 Agustus 2023, bertepatan dengan HUT RI karena dinilai sebagai hari yang bersejarah.

"Hari ini baik karena berbarengan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga museum ini bisa menjadi bagian dari perjalanan bangsa kita ke arah yang lebih baik," SBY menjelaskan.

Museum dan galeri ini menurut SBY, bisa menembus dimensi waktu, masa lalu, masa kini, dan masa depan.

"Belajar dari masa lalu, hidup di masa kini, dan membangun harapan untuk masa depan," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Inspirasi Generasi Muda

SBY berharap dengan hadirnya museum ini bisa menginspirasi generasi muda. "Untuk meraih cita cita besar, tidak ada jalan yang lunak, tidak ada resep ajaib. Tapi dengan pilihan prinsip dan jalan yang benar, selalu ada jalan dan solusi," jelas SBY.

Selain menampilkan cerita masa muda SBY di Pacitan dan pengabdiannya sebagai abdi negara, museum ini juga memiliki Galeri Seni Ani Yudhoyono yang memajang koleksi seni SBY dan Ani.

"Sebagian besar adalah karya seniman-seniman Indonesia. Ada juga lukisan saya, serta fotografi karya Ibu Ani. Kami punya cita-cita menjadi bagian dari seni budaya agar Indonesia semakin indah dan teduh. Hadirnya seni akan mendatangkan kedamaian, ketentraman, dan kerukunan antar sesama," lanjut dia.

Acara peresmian ditutup dengan tur keliling museum dua lantai ini.

Setelah resmi dibuka malam ini, Museum dan Galeri SBY*ANI resmi dibuka untuk umum mulai Jumat, 18 Agustus 2023, terhitung mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuk (HTM) museum SBY*ANI dijual bervariasi. Untuk warga Pacitan cukup hanya membayar Rp25 ribu sekali masuk, sedangkan untuk wisatawan lokal luar Pacitan dikenakan harga Rp50 ribu, dan HTM untuk wisatawan mancanegara adalah Rp100 ribu per orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat