uefau17.com

Kemeriahan Sambut 1 Muharram, Ribuan Siswa Situbondo Pawai Lampion - Surabaya

 

, Situbondo - Ribuan siswa SD hingga SMA di Situbondo menggelar pawai lampion memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah, Selasa malam.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan, peringatan 1 Muharram diambil dari sejarah Nabi Muhammad SAW yang hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Hijrah mempunyai arti perjuangan dari hal yang tidak baik menjadi lebih baik.

"Sekarang waktunya introspeksi diri agar pada tahun ini kita semua menjadi lebih baik," kata Bung Karna, sapaan Bupati Karna Suswandi, dikutip dari Antara.

Ia berkomitmen terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat Situbondo dengan berbagai macam pembangunan, seperti membangun infrastruktur jalan dan memasang lampu penerangan jalan.

"Kami sudah tiga tahun menjabat, tapi baru saja bisa membangun kabupaten tercinta ini, seiring dicabutnya status pandemi COVID-19 menjadi endemi," katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar mengajak umat Muslim pada peringatan Tahun Baru Islam menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Tasyakur kita malam ini dengan mengadakan pawai lentera ini sebagai wujud kegembiraan kita, untuk menatap masa depan dan yang akan datang memohon kepada Allah menurunkan rahmat-Nya, khususnya Kabupaten Situbondo diberi hidayah oleh Allah dan ke depan semakin jaya," katanya.

Dalam kegiatan itu, ribuan siswa membawa lampion yang dihias dengan beragam bentuk, seperti bunga, keris, burung garuda, dan bebek.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khofifah Gelar Jalan Sehat

Guberrnur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah mengajak warga Jatim untuk menyambut 1 Muharram 1445 H atau 1 Suro dengan jalan sehat pada 19 Juli 2023. Jalan sehat akan diawali dan finis di Masjid Al Akbar Surabaya.

"Selain badan kita bisa sehat dengan mengikuti jalan sehat, siapa tahu ini menjadi kesempatan untuk bisa berangkat ke Tanah Suci," ujar Khofifah dikutip dari akun Instagramnya, Selasa (18/7/2023).

Jalan sehat sambut 1 Muharram ala Khofifah menjanjikan hadiah sangat menarik. Mulai dari 9 unit kulkas, 9 sepeda gunung, 9 laptop, 9 Sepeda Motor, hingga 9 paket Umrah.

Selain hadiah utama, Pemprov Jatim juga menyiapkan hadiah menarik bagi para peserta dengan dresscode tematik dan terunik.

"Ayo segera mendaftar. Pendaftaran tinggal hari ini, Monggo masyarakat Jawa Timur ikut bergabung," ajak Khofifah.

Pemprov Jatim rutin menggelar acara melibatkan masyarakat menyambut datangnya 1 Muharram. Tahun lalu, Khofifah mengajak gowes bareng warga Jatim dan menyediakan beragam hadiah menarik, mulai dari paket umrah, sepeda motor, sepeda, kulkas, hingga televisi.

"Monggo seluruh masyarakat Jawa Timur yang ingin bergabung dan bersepeda bersama dalam peringatan Tahun Baru Islam. Semuanya gratis, dan Insya Allah banyak hadiah menarik dan bermanfaat," ajak Khofifah, Rabu (27/72022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat