uefau17.com

Anda Bekerja di Malam Hari? Simak 6 Tips Ini Agar Tetap Fit dan Sehat - Surabaya

, Banyuwangi - Banyak profesi pekerjaan yang digeluti saat ini, mulai dari profesi tukang sapu hingga menjadi seorang pejabat, bahkan menjadi pengusaha sukses. Itu semua merupakan pilihan.

Umumnya pekerjaan dilakukan pada pagi hingga sore hari. Namun, ada juga orang yang baru mulai bekerja di malam hari atau biasa dikenal dengan shift malam. Tentunya bekerja pada malam hari akan memberi sedikit pengaruh terhadap tubuh kita.

Sebab tubuh Sudah terbiasa untuk aktifitas di siang hari dan beristirahat pada malam hari. Bahkan pekerja malam juga beresiko mengalami terkena sejumlah penyakit serius akibat pola hidup yang disebut kurang sehat.

Pekerja malam cendrung memiliki pola hidup yang tidak sehat, semisal mengkonsumsi banyak minuman berkafein seperti kopi. Agar tidak mengantuk hingga pagi hari, makan, makanan yang serba isntan di tengah malam, dan beberapa kebiasan buruk yang lainnya

Akiabtanya, pekerja malam beresiko terkena penyakit yang serius. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering terjaga semalam akan lebih beresiko mengidap penyakit kanker jenis tertentu, diabetes, penyakit jantung, obsesitas dan gangguan koknitif.

Selain itu, tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga pada malam hari yang seharusnya menjadi waktu beritirahat, menyebabkan kebanyakan pekerja malam mengalami insomnia.

Nah bagi anda yang bekerja di malam hari, simak 6 tips berikut ini agar tetap fit dan sehat yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Jaga Pola Makan Tetap sehat

Dilansir dari Hellodoc, sebelum pergi bekerja, pastikan anda mengonsumsi makan malam agar anda memiliki energi dan bisa fokus bekerja di malam hari.

Jika anda baru makan ketika sampai di Kantor dan mengkonsumsi makanan dalam porsi besar pada malam hari, anda akan beresiko mengalami heartburn perut bergas dan sembelit.

2. Bawa Cemilan Yang Sehat

Selain pola makan sehat, anda juga disarankan membawa cemilan sehat untuk dibawa ke kantor. Seperti buah- buahan, kacang- kacangan, atau hevermut agar ketika anda lapar di malam hari, anda tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti mie instan atau gorengan.

3. Minum Kafein dengan Bijak

Minuman berkafein memang dapat membuat anda merasa berenergi dan membantu tetap fokus selama bekerja di malam hari. Tapi perhatikan asupan kafein agar jangan sampai lebih dari 400 miligram per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi biasa.

Anda juga disarankan untuk minum kopi hitam tanpa gula agar anda terhindar dari diabetes. Selain itu, perhatikan juga waktu minum kopi, karena pengaruh kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 8 jam. Jadi hindari minuman berkafein 4 jam sebelum tidur agar pola tidur tetap terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Olahraga Pagi

Setelah bekerja sepanjang malam, olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin anda lakukan di pagi hari. Tapi Chelsea Caracciola, seorang pendidik klinis di sebuah rumah sakit di Boston, mengungkapkan bahwa olahraga pagi bermanfaat untuk membuat anda tidur lebih nyenyak dan lama.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, dengan berjalan kaki atau berlari kecil saja sudah bisa membuat tubuh terasa segar.

5. Usahakan Untuk Tetap Makan Sehat

Pulang bekerja dalam keadaan Lelah dan ngantuk pasti membuat anda merasa sangat malas jika harus memasak makanan lagi untuk sarapan. Kebanyakan pekerja malam pun memilih untuk mengonsumsi makanan yang praktis seperti junk food dan makanan instan setelah mereka selesai bekerja.

 Tapi bagaimana pun, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika anda malas memasak setelah pulang bekerja, anda bisa memasak makanan pada malam hari sebelum bekerja. Jadi sepulang bekerja anda tinggal menghangatkan makanan tersebut seja untuk sarapan.

6. Jaga Waktu Tidur

Avani Desai, dokter gawat darurat di Loyola University Health System mengatakan, bahwa tidur pada jam yang sama setiap hari adalah sesuatu yang sangat penting, terutama pada 4 jam pertama waktu tidur anda.

Jadi, jika anda sampai rumah jam 6 pagi, usahakan untuk tidur jam 8 pagi setelah berolahraga ringan,makan dan mandi. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Tapi jika tidak bisa tidur minimal 4 jam, kemudian anda bisa  melanjutkan tidur pada siang hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat